Latihan Soal dan Pembahasan UASBN Matematika SD Kelas 6



Latihan soal UASBN SD kelas 6




Artikel ini menyajikan latihan-latihan soal USBN Matematika Kelas 6 SD. Melatih siswa-siswi untuk memahami soal melalui pembahasan yang disajikan.






Ciyeee sebentar lagi kamu mau UASBN ya? Wah degdegan nggak sih kalau udah deket-deket hari ujian gini? Hmm kayaknya kalau anak kaya kamu

enggak

akan

deg-degan

deh, soalnya kamu pasti udah dari jauh-jauh hari memelajari materi yang diajarin guru. Ditambah lagiii materi yang kamu pelajarin pasti bukan cuma kamu hapal, tapi kamu pahami dan pamu praktekin di kehidupan sehari-hari. Benar begitu

nggak nih

Squad?



Nah, biar makin siap dan percaya diri, yuk kita latihan soal USBN matematika kelas 6 bareng. Biar asik, latihannya sambil makan biskuit, atau buah, atau sayur juga boleeh. Jumlah soalnya ada 20 nih, simak baik-baik ya.



uasbn matematika




1. Topik

: Bilangan




Subtopik

: Operasi Hitung Bilangan




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi perkalian dan pembagian pada bilangan cacah atau sebaliknya



Hasil dari 15 x 50 ÷ 30 adalah….



a. 25                                   c. 45



b. 35                                  d. 55




Kunci

:

A




Pembahasan

:



15 x 50 ÷ 30 =
No. 1.1
=
No. 1.2
= 25




separator UASBN SD Kelas 6




2. Topik

: Bilangan




Subtopik

: Pangkat dan Akar Bilangan




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan operasi hitung bilangan pangkat dan bilangan akar



Hasil dari 17

2

– 15

2

adalah….



a. 4                               c. 64



b. 16                            d. 128




Kunci: C




Pembahasan

:



17

2

– 15

2

= (17 x 17) – (15 x 15)



= 289 – 225



= 64




separator UASBN SD Kelas 6



3.

Topik

: Bilangan




Subtopik

: Pecahan




Indikator

: Peserta didik mampu mengubah pecahan menjadi bentuk persen atau desimal atau sebaliknya



No. 3.1
diubah ke persen menjadi….



a. 125%                                              c. 165%



b. 145%                                             d. 175%




Kunci: D




Pembahasan

:



Ubah pecahan campurannya ke percahan biasa



No. 3.1
= 74→kalikan dengan 100%



= 74×100% = 175%



separator UASBN SD Kelas 6



4.

Topik

: Bilangan




Subtopik

: Operasi Hitung Bilangan




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan hasil operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat (positif dan negatif)



Hasil dari 70 – (–25) adalah….



a. –95                                      c. 45



b. –45                                     d. 95




Kunci: D




Pembahasan

:



Ketika tanda negatif (–) bertemu dengan negatif (–), maka operasi bilangannya akan berubah menjadi positif (+), sehingga:



70 – (–25) = 70 + 25



= 95



separator UASBN SD Kelas 6
5.

Topik

: Bilangan




Subtopik

: FPB dan KPK




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan FPB atau KPK dari tiga bilangan dua angka dalam bentuk faktorisasi



FPB dari 48, 72 dan 96 adalah….



a. 2

5

x 3                                       c. 2

3

x 3



b. 2

4

x 3                                      d. 2

2

x 3




Kunci: C




Pembahasan

:



null


Maka FPB nya adalah = 2

3

×3



separator UASBN SD Kelas 6



6.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Satuan Ukuran




Indikator

: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan panjang yang berbeda.



Kebun Pak Warno berbentuk persegi panjang dengan ukuran panjang 4,2 dam dan lebar 370 dm. Keliling kebun Pak Warno adalah…meter



a. 82,4                                                    c. 158



b. 124                                                     d. 225




Kunci


: C




Pembahasan

:



Karena hasil yang ditanya dalam bentuk meter, maka ubah terlebih dahulu satuan panjang dan lebarnya ke dalam meter



Panjang = 4,2 dam = 4,2 x 10 m = 42 m



Lebar     = 370 dm = 370 : 10 m = 37 m



Keliling = 2 x (panjang + lebar)



= 2 x (42 m + 37 m)



= 2 x 79 m



= 158 meter



Jadi, keliling kebun Pak Warno adalah 158 meter



separator UASBN SD Kelas 6



7.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Satuan Ukuran




Indikator

: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan kuantitas yang berbeda.



Di sebuah tempat penyewaan peralatan pesta terdapat 6 gros piring. Sebanyak 4 lusin dipinjam oleh Bu Tuti dan sebanyak 2 gros dipinjam oleh Bu Ayu. Piring yang tersisa di tempat tersebut sebanyak…buah



a. 528                                      c. 628



b. 588                                     d. 688




Kunci

:

A




Pembahasan

:



1 gross = 144 buah



1 lusin = 12 buah



Jumlah semua piring = 6 x 144 = 864 buah



Dipinjam Bu Tuti = 4 x 12 = 48 buah



Dipinjam Bu Ayu = 2 x 144 = 288 buah



Sisa piring = Jumlah semua piring – dipinjam Bu Tuti – dipinjam Bu Ayu



= 864 – 48 – 288



= 528 buah



separator UASBN SD Kelas 6



8.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Sifat dan unsur bangun datar (segitiga, segiempat, lingkaran)




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan bangun datar berdasarkan sifatnya



Perhatikan sifat-sifat bangun datar di bawah ini!



1. Memiliki 4 sisi yang sama panjang



2. Sudut-sudut yang berhadapan sama besar



3. Diagonalnya saling berpotongan tegak lurus dan saling membagi dua sama panjang



Bangun datar yang mempunyai sifat-sifat di atas adalah….



a. persegi panjang                                               c. trapesium



b. layang-layang                                                  d. belah ketupat




Kunci: D




Pembahasan:



Bangun yang memenuhi semua sifat-sifat di atas adalah belah ketupat, karena:




  • pada persegi panjang semua sudutnya sama besar dan kedua diagonal berpotongan tidak tegak lurus


  • pada layang-layang kedua diagonalnya berpotongan tegak lurus, tetapi tidak sama panjang


  • pada trapesium hanya terdapat dua pasang sudut yang sama besar dan diagonalnya sama panjang



separator UASBN SD Kelas 6



9.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Satuan Ukuran




Indikator

: Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan volume yang berbeda.



Tiga buah tangki masing-masing berisi minyak tanah 4,25 m

3

, 2.500 liter, dan 5.500 dm

3

. Jumlah minyak tanah seluruhnya ada…liter



a. 10.700                                                   c. 12.250



b. 11.425                                                  d. 13.396




Kunci

:

C




Pembahasan

:



Ubah semua satuannya menjadi liter, maka



4,25 m

3

= 4,25 x 1.000 liter = 4.250 liter



5.500 dm

3

= 5.500 x 1 liter = 5.500 liter



Jumlah seluruh minyak tanah



= 4,25 m

3

+ 2.500 liter + 5.500 dm

3



= 4.250 liter + 2.500 liter + 5.500 liter



= 12.250 liter



separator UASBN SD Kelas 6



10.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan bangun ruang berdasarkan sifatnya



Perhatikan sifat-sifat bangun ruang di bawah ini!




  1. Memiliki 6 sisi, di mana sisi-sisi yang sehadap sejajar dan sama luas


  2. Memiliki 8 titik sudut


  3. Memiliki 12 rusuk, di mana rusuk-rusuk yang sejajar sama panjang



Bangun ruang yang memiliki sifat-sifat tersebut adalah….



a. balok                                                c. tabung



b. kubus                                              d. kerucut




Kunci: A




Pembahasan

:



Bangun yang memiliki sifat-sifat di atas adalah balok, karena:




  • pada kubus terdapat 6 sisi yang berbentuk persegi sama luas


  • pada tabung tidak terdapat titik sudut


  • pada kerucut memiliki 1 titik puncak



separator UASBN SD Kelas 6



11.

Topik


:

Geometri dan Pengukuran




Subtopik


:

Satuan Ukuran




Indikator


:

Peserta didik mampu menyelesaikan soal yang berkaitan dengan operasi hitung konversi satuan luas yang berbeda



Pak Imam mempunyai tiga kebun yang luasnya 3 ha, 1.900 m

2

, dan 1,75 are. Jika kebunnya dijual 2,5 ha, maka luas kebun Pak Imam sekarang…m

2



a. 5.075                                           c. 7.075



b. 6.075                                          d. 8.075




Kunci: C




Pembahasan:



Karena hasil yang diminta dalam satuan m2, maka ubah semua satuannya menjadi m2



3 ha = 3 x 10.000 m

2

= 30.000 m

2



1,75 are = 1,75 x 100 m

2

= 175 m

2



2,5 ha = 2,5 x 10.000 m

2

= 25.000 m

2



Maka, luas kebun Pak Imam sekarang



= 30.000 m

2

+ 1.900 m

2

+ 175 m

2

– 25.000 m

2

= 7.075 m

2



separator UASBN SD Kelas 6
12.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Sifat dan unsur bangun ruang (kubus, balok, tabung)




Indikator

: Peserta didik mampu menyelesaikan soal cerita yang berkaitan dengan bangun ruang



Sebuah kaleng berbentuk balok dengan ukuran panjang 25 cm, lebar 20 cm, dan tinggi 18 cm diisi minyak goreng sampai penuh. Volume minyak goreng di dalam kaleng adalah…cm

3



a. 7.700                                             c. 9.000



b. 8.200                                            d. 10.100




Kunci: C




Pembahasan

:



Volume minyak goreng dalam kaleng = volume balok



Volume balok = p x l x t



V= p x l x t



V= 25 cm x 20 cm x 18 cm



V = 9.000 cm

3



separator UASBN SD Kelas 6



13.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Bidang Letak dan Koordinat




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat



Koordinat titik P pada gambar berikut adalah….



a. (-2, -4)                                      c. (2, -4)



b. (-2, 4)                                       d. (2, 4)




Kunci: D




Pembahasan

:



null


Titik P berada di kuadran I, di mana nilai X positif dan nilai Y positif. Dari gambar terlihat P (2, 4)



separator UASBN SD Kelas 6



14.

Topik

: Bilangan




Subtopik

: Operasi Hitung Bilangan




Indikator

: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah penalaran yang melibatkan



operasi hitung bilangan bulat



Banyak siswa di sekolah Mekar Sari 210 orang, yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah



perkelas sama. Di kelas tiga bertambah 2 siswa pindahan. Maka jumlah siswa di kelas tiga adalah….



a. 37



b. 38



c. 39



d. 40




Kunci

: A




Pembahasan

:



Diketahui:



Total siswa = 210



Jumlah kelas = 6



Siswa tambahan kelas tiga = 2



Ditanya: Jumlah siswa kelas 3 = … ?



Jawab:



210 : 6 + 2 = 35 + 2 = 37 siswa



separator UASBN SD Kelas 6



15.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Satuan Ukur




Indikator

: Peserta didik mampu menyelsaikan soal yang berkaitan dengan operasi



hitung konversi satuan panjang yang berbeda



Hasil dari 200 km + 15 hm – 21.000 m adalah…m



a. 180.500



b. 181.680



c. 182.366



d. 183.658




Kunci:

A




Pembahasan:



null


200 km x 1000 m = 200.000 m



15 hm x 100 m = 1500 m



Maka 200.000 m + 1500 m – 21.000 m = 180.500 m



separator UASBN SD Kelas 6



16.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Sifat dan unsur bangun datar (Segitiga, Segiempat, Lingkaran)




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan luas segiempat



Perhatikan gambar di bawah ini!



Luas bangun datar di atas adalah….



a. 121



b. 169



c. 225



d. 625




Kunci:

C




Pembahasan:



Luas persegi = sisi x sisi



Luas persegi = 15 x 15 = 225 cm

2



separator UASBN SD Kelas 6



17.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Bidang dan Letak Koordinat




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan letak titik koordinat



Perhatikan gambar di bawah ini!



Titik koordinat A dan C pada gambar adalah….



a. (5,-2) dan (-4, 2)



b. (5,-2) dan (-5, -3)



c. (7,4) dan (-4, -2)



d. (7,4) dan (-5, -3)




Kunci

: D




Pembahasan

:



Titik koordinat dimulai dari sumbu x lalu ke sumbu y



A = (7, 4)



B = (-4, 2)



C = (-5, -3)



D = (5,-2)



separator UASBN SD Kelas 6



18.

Topik

: Geometri dan Pengukuran




Subtopik

: Simetri dan Pencerminan




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan hasil pencerminan bangun datar



Gambar yang merupakan hasil pencerminan suatu bangun datar adalah….





a.
No. 18






b.
null


c.
null


d.
null



Kunci: C




Pembahasan

:



Gambar suatu pencerminan harus memiliki ciri-ciri: jarak benda dengan jarak bayangan sama, tinggi benda dan bayangan sama, besar benda sama, dan posisi bayangan berlawanan. Gambar yang memenuhi ciri tersebut adalah yang C.



null




separator UASBN SD Kelas 6



19.

Topik

: Pengolahan Data




Subtopik

: Mengumpulkan dan Mengolah Data




Indikator

: Peserta didik mampu membaca data dalam bentuk tabel atau data



acak/random



Perhatikan tabel persediaan buah di rumah Dimas!



No. 19



Persediaan buah dengan jumlah yang sama adalah….



a. manga dan manggis



b. pisang dan alpukat



c. apel dan pisang



d. jeruk dan alpukat




Kunci: C




Pembahasan

:



Berdasarkan tabel persediaan buah Dimas dengan jumlah yang sama adalah apel dan pisang



20.

Topik

: Pengolahan Data




Subtopik

: Menyelesaikan Masalah yang Berkaitan dengan Data




Indikator

: Peserta didik mampu menyelsaikan masalah bertema kegiatan ekonomi



yang berkaitan dengan rata-rata



Perhatikan tabel uang jajan di bawah ini!




















Nama





Uang Jajan




Andi



Budi



Cici



Dani



Emil




Rp5.000



Rp7.000



Rp6.000



Rp5.500



Rp6.500





Jumlah





Rp30.000






Rata-rata uang jajan pada tabel tersebut adalah….



a. Rp5.000



b. Rp6.000



c. Rp7.000



d. Rp8.500




Kunci


: B




Pembahasan

:



Mencari rata-rata adalah jumlah keseluruhan dibagi banyaknya data



Jumlah uang jajan = Rp30.000



Banyaknya data = 5



Maka Rp30.000,00 : 5 = Rp6.000



separator UASBN SD Kelas 6



Naaaah gimana Squad? Paham kan sama penjelasannya? Ngomong-ngomong, kamu latihan soalnya bareng siapa nih? Sendiri, ditemenin orang tua, atau sama temen-temen? Sama siapapun itu, yang penting tetep fokus yaa.



Kalau kamu masih ada beberapa yang dibingungin, tenang aja. Kamu bisa mendapatkan penjelasannya dengan cara mendownload aplikasi ruangguru, kemudian kamu berlangganan

ruangbelajar

.
Di sana kamu akan ketemu sama guru-guru yang keren, dan mereka akan menjelaskan materi pelajaran dengan menggunakan beragam animasi. Seru

deh

pokoknyaaa.



LihatTutupKomentar