Saat bermain di bukit belakang sekolah, Dira dan Cika membahas tentang materi yang ada di sekitar mereka. Memangnya materi itu apa, ya? Yuk, kita simak ceritanya di artikel
IPA Terpadu kelas 4
ini!
—
Murid kelas 4 SD Nusantara sedang menuju puncak bukit yang terletak di belakang sekolah. Saat di perjalanan, Cika terlihat kelelahan sementara Dira sangat antusias.
“Cika, coba perhatikan sekitar kita! Di alam semesta tempat kita tinggal ini terdapat banyak materi,
loh!
”
“Materi itu, apa? Materi pembelajaran?” tanya Cika.
“Bukan.” Dira menggelengkan kepalanya. “
Materi
yang aku maksud itu,
biasa disebut
dengan
zat
.
Definisi
dari
materi
adalah
segala sesuatu
yang
memiliki massa
dan
menempati ruang
.
Terus
, materi itu
bisa diindra,
lho
! Artinya, materi bisa dilihat, dirasa, maupun diraba,” jelas Dira.
“Ada juga benda yang tidak bisa dilihat ataupun diraba, tapi tetap merupakan materi, seperti udara. Udara itu juga termasuk materi karena memiliki massa dan menempati ruang.”
“Contoh lain materi selain udara apa, Dira?”
“Materi itu dibagi menjadi dua, yaitu
makhluk hidup
dan
makhluk tak hidup
. Materi yang berupa
makhluk hidup
adalah manusia, hewan, tumbuhan, jamur, dan bakteri,” kata Dira.
“Sedangkan,
makhluk tak hidup
atau sering kita sebut
benda
, contohnya seperti tas, sepatu, awan, langit, tanah, dan sebagainya,” lanjut Dira sambil menunjuk materi yang ada di sekitarnya.
Baca Juga:
Perkembangbiakan Tumbuhan secara Buatan
Setelah mendengar penjelasan Dira, Cika yang awalnya kelelahan pun beralih fokus ke botol minum Dira.
Cika menunjuk botol tersebut. “Berarti, apakah botol minum dan air milikmu itu juga termasuk materi?”
“Betul, Cik.
Nih,
biar kamu
makin
paham, aku
jelasin
ciri-ciri materi,
ya
!”
Cika mengangguk sambil tetap fokus pada botol minum milik Dira.
“
Ciri utama materi
itu ada dua, yaitu
memiliki massa
dan
menempati ruang
. Pertama, materi
memiliki massa
.
Terus
, massa setiap benda itu berbeda-beda. Misalnya, massa satu gelas air berbeda dengan satu gelas udara. Perbedaan ini disebabkan oleh
banyaknya jumlah materi
pada benda-benda tersebut. Begitu juga kalau memiliki jumlah materi yang banyak, berarti benda memiliki massa yang besar juga atau sebaliknya,” jelas Dira, “Tapi ingat, ya! Benda yang ukurannya lebih besar
tidak selalu
memiliki massa yang lebih besar.”
“Terus, ciri yang kedua seperti apa?”
“Ciri materi yang kedua adalah
menempati ruang
. Artinya, materi
mengisi atau memenuhi tempat
nya berada seperti air dalam botol dan udara dalam balon.
Nah,
karena materi menempati ruangan tertentu, materi disebut juga memiliki
volume
.”
“
Oh,
jadi botol minum dan airmu itu juga materi,
ya
. Aku paham sekarang,” jawab Cika dengan lemas.
Mendengar jawaban Cika, Dira pun menyadari bahwa Cika sedang kelelahan. Dira memberikan botol minumnya kepada Cika. Cika pun tersenyum.
Beberapa saat kemudian, mereka melanjutkan perjalanan hingga menuju puncak bukit.
Gimana
? Seru
ya
cerita Dira dan Cika yang membahas tentang materi atau yang biasa disebut zat. Kamu pasti sudah paham juga apa itu materi,
kan?
Sekarang coba jawab pertanyaan ini dan tulis jawabannya di kolom komentar,
ya
!
Baca Juga:
Kenali Bagian Tubuh Tumbuhan & Fungsinya, Yuk!
Selesai
deh
pembahasan kali ini. Kamu sudah paham kan tentang materi beserta ciri dan jenisnya? Nah, kalau kamu mau belajar tentang pembahasan lainnya, kamu bisa ikutin petualangan Dira, Cika, dan teman-temannya hanya di aplikasi Ruangguru! Jadi, buruan
download
dan berlangganan
ruangbelajar
,
ya
!
Materi oleh:
Nunuk Ika Lestari
Disunting oleh:
Usu Sri Malati