Membuat formal letter atau surat formal dalam Bahasa Inggris ada caranya tersendiri, lho! Yuk, pelajari langkah-langkah dan tipsnya berikut ini!
—
Pernah nggak sih, waktu lagi nulis
surat formal
, terus tiba-tiba kebingungan sendiri mau nulis apa di suratnya?
“Hmm.. nulisnya gimana, ya?”
“Kalimatnya yang betul gimana, ya?”
“Kalau kayak gini kira-kira udah cukup formal belum, ya?”
Baca Juga:
Macam-Macam Surat Resmi dalam Bahasa Inggris
Pikiran-pikiran semacam itu pasti pernah mengganggu benakmu, kan?
Menulis
surat formal tentu saja berbeda ya, dengan membuat
surat personal
atau nonformal. Menulis surat formal cenderung lebih
risky,
karena surat formal memiliki struktur yang lebih
strict
dan harus kamu ikuti agar surat yang kamu buat tampak profesional. Selain itu, kosakata yang digunakan pun juga harus kosakata yang bersifat formal atau resmi.
Baca Juga:
Contoh Personal Letter Bahasa Inggris dan Cara Membuatnya
Formal letter
sendiri memiliki berbagai jenis, antara lain
i
nvitation letter, job application letter, rejection letter, sales letter, order letter, inquiry letter,
dan
collection letter
. Dari contoh-contoh tersebut, ada yang pernah kamu tulis, belum? Atau ada yang lagi mau kamu tulis sekarang?
Nah, kalau kamu lagi nulis surat formal terus malah jadi bingung sendiri, sebaiknya kamu baca artikel ini dulu, deh! Kita belajar cara membuat
formal letter
yang baik dan benar. Langsung aja, perhatikan langkah-langkah berikut ini, ya!