Latihan Soal dan Pembahasan UASBN IPA Terpadu Kelas 6 SD



latihan soal






Artikel ini membahas soal-soal latihan untuk

persiapan UASBN

IPA kelas 6 SD






Hai, siapa

nih

di antara kamu yang suka memerhatikan lingkungan sekitar? Pernah

‘kan

kamu melihat kupu-kupu terbang dan hinggap di bunga yang sedang mekar? Terus melihat ayam dan unggas-unggas yang berkeliaran di pekarangan, juga melihat berbagai bentuk benda di dalam rumah kamu.



Asy kik ya ngeliatin hal-hal yang ada di sekitar kita. Kadang, kamu suka penasaran

nggak sih

kenapa kok kalau ibu masak air, eh malah keluar asap

kayak

asap jin. Terus kalau kamu letakkan air di dalem

freezer

, airnya berubah jadi es batu. Begitu juga dengan hal-hal lainnya.



Banyak banget hal menarik sebenernya Squad. Nah, semua itu bisa kita cari tau lewat ilmu pengetahuan. Kalau contohnya kaya tadi, itu banyak pembahasannya di mata pelajaran IPA.



Karena berhubung kamu sebentar lagi akan ujian, biar kamu makin jago dan paham menjawab pertanyaan-pertanyaan yang akan diujikan, yuk kita latihan soal UASBN IPA kelas 6 lewat artikel ini.



separator IPA




1. Topik


:

Benda dan sifatnya




Subtopik


:

Sifat bahan dengan kegunaannya




Indikator


:

Menyebutkan perbedaan sifat dari dua buah benda berdasarkan nama benda yang disebutkan.




Level kognitif


:

C2 MOTS




Perhatikan data berikut.




  1. Buku tulis                    3. Jus buah


  2. Payung                         4. Kopi



Perbedaan sifat dari benda-benda di atas adalah ….



a.
latihan soal



b.
latihan soal



c.
latihan soal



d.
latihan soal




Kunci jawaban: B




Pembahasan:



Buku tulis dan payung merupakan contoh benda padat, sedangkan jus buah dan kopi merupakan contoh benda cair. Maka jawaban yang paling tepat mengenai perbedaan sifat benda adalah pada tabel B.




separator IPA




2. Topik


:

Benda dan sifatnya




Subtopik


:

Perubahan wujud benda




Indikator


:

Memasangkan kegiatan yang dilakukan dengan perubahan wujud yang terjadi berdasarkan tabel




Level kognitif


:

C2 MOTS



Pasangan perubahan wujud benda dan kegiatannya yang tepat ditunjukkan oleh ….



















https://lh6.googleusercontent.com/hlMC1hCS-6waGr39lnplUkS1FnqXcpxFXV6LuWsXriN_TBy_qHJ9UjtumkvFPXP8W3tC2qcDZXFXW7zqBoCph_DQGLzSCCw8NNT1gifaTHtZ9BBPicLeeOY1TVUQgYUY0NFfw5MUvgmtpdSHcA



Kunci jawaban : C




Pembahasan:



Perubahan wujud benda cair menjadi benda gas. Contohnya ialah pada saat kita memasak air. Uap air mudah dilihat saat air panas dituang. Benda cair dapat berubah menjadi benda gas jika dipanaskan. Perubahan benda cair menjadi benda gas disebut menguap.




separator IPA




3. Topik


:

Energi dan perubahannya




Subtopik


:

Bentuk energi dan perubahannya




Indikator


:

Menyebutkan benda-benda yang mengalami perubahan energi yang sama




Level kognitif


:

C1 LOTS




Perhatikan benda berikut!




  1. baterai           3. bola lampu         5.

    rice cooker



  2. generator     4. setrika listrik      6. oven



Contoh-contoh benda yang mengalami perubahan energi yang sama ditunjukkan oleh nomor …



a. 1, 2, dan 3                                c. 1, 3, dan 6



b. 2, 4, dan 5                                d. 4, 5, dan 6




Kunci jawaban: D




Pembahasan:



Baterai contoh benda perpindahan energi kimia menjadi energi listrik. Generator contoh benda perpindahan energi gerak menjadi energi listrik. Bola lampu contoh perpindahan energi listrik menjadi energi cahaya. Setrika listrik, oven, dan

rice cooker

contoh perpindahan energi listrik menjadi energi panas. Jadi, jawaban yang paling tepat adalah D




separator IPA




4. Topik


:

Energi dan perubahannya




Subtopik


:

Jenis-jenis gaya




Indikator


:

Menganalisis gaya-gaya yang bekerja pada suatu kejadian




Level kognitif


:

C4 HOTS




Perhatikan gambar berikut!



Image result for crane magnet


Paman ingin menarik logam dan memisahkan dari barang rongsokan lainnya menggunakan alat seperti pada di gambar. Gaya yang digunakan pada alat tersebut adalah…



a. gravitasi                          c. gesek



b. pegas                               d. magnet




Kunci jawaban: D




Pembahasan:



Gaya yang dapat menarik benda-benda logam adalah gaya magnet. Alat seperti pada gambar menggunakan elektromagnet, yaitu gaya magnet yang timbul saat dialiri aliran listrik.




separator IPA




5. Topik


:

Energi dan perubahannya




Subtopik


:

Bunyi




Indikator


:

Menganalisis proses perubahan bentuk energi pada sebuah alat musik hingga menghasilkan bunyi




Level kognitif


:

C4 HOTS




Perhatikan gambar berikut!



Related image


Alat musik seperti pada di gambar dapat mengubah energi …. menjadi energi bunyi



a. gerak                           c. listrik



b. panas                          d. kimia




Kunci jawaban: A




Pembahasan:



Bunyi yang kita dengar dari sumber bunyi sebenarnya dapat didengar karena adanya getaran dari sumber bunyi tersebut. Pada saat angklung kita gerakkan maka akan diperoleh bunyi. Tetapi, jika angklung tersebut didiamkan maka angklung tidak dapat mengeluarkan bunyi.




separator IPA




6. Topik


:

Energi dan perubahannya




Subtopik


:

Listrik dan magnet




Indikator


:

Memprediksi hal yang akan terjadi pada nyala beberapa lampu dalam suatu rangkaian listrik campuran (Seri-paralel) saat saklar ditutup atau dibuka




Level kognitif


:

C4 HOTS




Perhatikan gambar berikut!



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9WJAi-SBmnjZBId08-HX6q4STGY8q2agAK0ICnhhJZ4F1FC9HJEgCIwUJ694h_zkqkG2tR1vBkwaeMh59lUluUoZDgeVtas67HmkBc-Yzq6Ail5UlPASppb97gqpzsxKLU5a_ojI3cf5F/s200/listrik+paralel.jpg


Jika saklar E dan G disambung, maka lampu yang menyala adalah ….



a. lampu A, B, dan C                         c. lampu A, B, dan D



b. lampu B, C, dan D                        d. lampu A, C, dan D




Kunci jawaban: D




Pembahasan:



Lampu A, C, dan D akan menyala karena rangkaian listrik tertutup. Arus listrik akan mengalir jika rangkaian listrik dipasang tertutup




separator IPA




7. Topik


:

Bumi dan alam semesta




Subtopik


:

Gerhana bulan dan gerhana matahari




Indikator


:

Menunjukkan posisi bulan saat gerhana bulan sebagian




Level kognitif


:

C2 MOTS




Perhatikan gambar berikut!



Related image


Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, maka gerhana yang terjadi adalah gerhana…



a. bulan total                                 c. matahari total



b. bulan sebagian                       d. matahari sebagian




Kunci jawaban: B




Pembahasan:



Jika bulan berada pada posisi 2 dan 4, matahari akan terhalang sebagian oleh bumi. Hal ini mengakibatkan hanya sebagian dari cahaya matahari yang dipantulkan bulan, sehingga yang terjadi adalah gerhana bulan sebagian




separator IPA




8. Topik


:

Bumi dan alam semesta




Subtopi


:

Siklus air




Indikator


:

Menganalisis dampak dari siklus air yang terjadi terhadap makhluk hidup di bumi




Level kognitif


:

C4 HOTS



Kegiatan manusia yang dapat mengganggu daur air berupa penyerapan air adalah …



a. pelapisan jalan dengan aspal                         c. pembuatan biopori



b. pelapisan tanah dengan pasir                       d. pembuatan hutan lindung




Kunci jawaban: A




Pembahasan:



Melapisi jalan dengan aspal dapat menganggu penyerapan air. Aspal yang menutupi jalan mengurangi kemampuan tanah untuk menyerap air. Air hujan akan langsung menuju selokan.




separator IPA




9. Topik


:

Makhluk hidup dan lingkungannya




Subtopik


:

Hubungan antara makhluk hidup dengan lingkungannya




Indikator


:

Menganalisis jenis simbiosis/hubungan yang terjadi antara 2 makhluk hidup berdasarkan gambar yang diberikan




Level kognitif


:

C4 HOTS




Perhatikan gambar berikut!



latihan soal


Hubungan yang terdapat seperti pada gambar merupakan simbiosis…



a. komensalisme                                      c. mutualisme



b. parasitisme                                           d. habitat




Kunci jawaban: C




Pembahasan:



Simbiosis adalah hubungan saling ketergantungan antara dua makhluk hidup. Simbiosis ada tiga, yaitu:




  • Simbiosis mutualisme: kedua belah pihak diuntungkan, seperti: kerbau dengan burung jalak, dan kupu-kupu dengan bunga


  • Simbiosis komensalisme: satu pihak diuntungkan sedangkan pihak lain tidak berpengaruh, seperti: paku sarang burung dengan pohon yang ditumpanginya


  • Simbiosis parasitisme: satu pihak diuntungkan, sedangkan pihak lain dirugikan, seperti kutu dengan manusia



Pada gambar di atas termasuk dari simbiosis mutualisme




separator IPA




10. Topik


:

Makhluk hidup dan lingkungannya




Subtopik


:

Penyesuaian diri makhluk hidup




Indikator


:

Menyebutkan tujuan atau fungsi dari jenis adaptasi yang dilakukan oleh hewan atau tumbuhan tertentu




Level kognitif


:

C1 LOTS




Perhatikan gambar berikut!



https://lh3.googleusercontent.com/7P-Q01iDzgz9YH2TFAxpR27yV0OmCQuml9ZQySp5YQo9AFhlWIBAgrzr27MYmPhT709eOBNsRbyl-iCz94CdW4xK321wC-DBDxYCDMFWSvhhy6q5yC5sS61RFYQC7PND2Lo6ccze_ePAfA2Tkw


Fungsi bagian yang diberi tanda panah pada hewan di samping adalah untuk….



a. mengeluarkan tinta hitam                                 c. mengelabuhi musuh



b. mengeluarkan bisa                                               d. mengeluarkan duri tubuhnya




Kunci jawaban: C




Pembahasan:



Hewan di atas adalah cicak. Tubuh cicak terdiri atas kepala, badan, kaki, dan ekor. Ketika dalam keadaan bahaya, cicak dapat memutuskan ekornya untuk mengelabuhi musuh.




separator IPA




11. Topik


:

Makhluk hidup dan lingkungannya




Subtopik


:

Penyesuaian diri makhluk hidup




Indikator


:

Menganalisis jenis adaptasi hewan atau tumbuhan tertentu berdasarkan tipe adaptasi yakni morfologi, fungsional, atau tingkah laku




Level kognitif


:

C4 HOTS



Pasangan jenis dan bentuk kaki burung yang tepat adalah…



https://lh4.googleusercontent.com/z4mzOidGSoKA6efkTbfcdJcCGF4MnGksX3DAoNEoGqL0rYZFk3OMKmQMPA06Nl7R3y2_IxExhhpvGZPnhkysA6UDh_xCEFJJNErfxUqRyuqL7ArMqKo0eYPynxlfGms-tUVAxgZBELa1j9iwnA



Kunci jawaban : C




Pembahasan :



Jenis dan bentuk kaki burung dipengaruhi oleh lingkungannya. Maka dari itu, setiap jenis kaki memiliki fungsi yang berbeda-beda, seperti yang dijelaskan pada tabel



https://lh5.googleusercontent.com/ou1cDn1un5eX56HuDNKdgxMIexx-2_WKNon9FdeV3YIv5vpMetDHICjKg01rXQuvtOZoHzfNbKKvvKqzYm4jxPiVQk4AwLsU2CcbgJLthYoCJLFnLAqTWiKgY6EHZJdXbmESnkYcyPcYb7s6Sw


Jadi, jawaban yang paling tepat adalah pilihan C




separator IPA




12. Topik


:

Struktur dan fungsi makhluk hidup




Subtopik


:

Sistem pernapasan pada manusia dan mekanismenya




Indikator


:

Menyebutkan fungsi bagian dari sistem pernapasan manusia yang ditunjukkan oleh anak panah pada ilustrasi/gambar




Level kognitif


:

C1 LOTS




Perhatikan gambar berikut!



https://lh4.googleusercontent.com/izV9r1Ds3k83KiKZsTuU7w47SdWJKOwv9-_22UZDR_tAemegtY7AdasoiiZAWuLAz1bUB8S8XkgPziV0Qh_4IjEDNa-wppd3c55ulrPHgK9-8oR2CL4M5qKEnoZOLaUuqCaBVqbURB-LqlpfxA


Fungsi alat pernapasan yang ditunjuk oleh tanda panah adalah…



a. cabang tenggorokan



b. tempat bertukarnya oksigen dan karbon dioksida



c. penghubung antara hidung dan paru-paru



d. tempat masuknya udara




Kunci jawaban: D




Pembahasan:



Bagian yang ditunjuk adalah organ hidung. Dalam sistem pernapasan manusia, hidung berfungsi untuk tempat masuknya udara pernapasan. Selain itu, rongga hidung berfungsi untuk penyaringan serta penyesuaian suhu dan kelembapan udara yang masuk ke dalam tubuh manusia.




separator IPA




13. Topik


:

Makhluk Hidup dan Lingkungannya




Subtopik


:

Hubungan antar Makhluk Hidup dan Lingkungannya




Indikator


:

Mengidentifikasi ciri khusus tumbuhan yang hidup di lingkungan tertentu




Perhatikan ciri-ciri tumbuhan berikut ini!



1. akar tidak menancap di dasar perairan



2. akar lebat untuk menjaga keseimbangan



3. seluruh batangnya terdapat rongga udara



Ciri-ciri tumbuhan tersebut dimiliki oleh….



a. eceng gondok



b. teratai



c. kaktus



d. pohon mahoni




Kunci

:

A




Pembahasan

:



Ciri-ciri tersebut dimiliki oleh tumbuhan air yaitu eceng gondok. Eceng gondok memiliki struktur tubuh yang mendukung untuk mengapung di air. sedangkan teratai meskipun tumbuhan air namun memiliki ciri yang berbeda yaitu akarnya berada di dasar perairan, batangnya terdapat di dalam air, daunnya menyembul di permukaan, dan daunnya lebar serta tipis.




separator IPA




14. Topik

: Bumi dan Alam Semesta




Subtopik

: Sistem Tata Surya




Indikator

: Peserta Didik mampu menjelaskan dasar perhitungan kalender Masehi



atau Hijriah



Dasar perhitungan kalender Masehi/Hijriah adalah….



a. revolusi bulan



b. rotasi bulan



c. revolusi bumi



d. rotasi bumi




Kunci

: C




Pembahasan

: Perhitungan kalender Masehi/Hijrian berdasarkan peredaran bumi bumi mengelilingi matahari (revolusi bumi) lamanya 365 ¼ hari, sehingga dalam empat tahun sekali dalam satu tahun ada 366 atau disebut dengan tahun kabisat




separator IPA




15. Topik

: Energi dan Perubahannya




Subtopik

: Listrik dan Magnet




Indikator

: Peserta didik mampu menentukan cara membuat magnet berdasarkan gambar



Perhatikan gambar di bawah ini!



Hasil gambar untuk membuat magnet secara induksi


Sumber: izzah0112.blogspot.co.id



Cara membuat magnet pada gambar adalah dengan cara….



a. gosok



b. induksi



c. aliran listrik



d. elektromagnetik




Kunci

: B




Pembahasan

: Berdasarkan gambar pembuatan magnet tersebut secara induksi. Caranya dengan menempelkan benda-benda yang terbuat dari logam dengan magnet, cara ini bersifat sementara.




separator IPA




16. Topik


:

Makhluk Hidup dan Lingkungannya




Subtopik


:

Pelestarian Lingkungan




Indikator


:

Peserta didik mampu menjelaskan cara melestarikan lingkungan



berdasarkan kasus tentang kondisi lingkungan di suatu daerah



Banjir di ibu kota sudah menjadi hal yang biasa, hal ini dikarenakan sungai, dan penampungan air sudah terpenuhi oleh sampah. Hal yang dapat dilakukan untuk mencegah hal tersebut adalah….



a. melestarikan hutan mangrove



b. membuang sampah pada tempatnya



c. penanaman hutan kembali



d. mematikan kran air jika tidak digunakan




Kunci

:

B




Pembahasan

:



Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya banjir sebagian besar dipicu oleh aktivitas manusia. Aktivitas manusia tersebut diantaranya adalah membuag sampah ke kali, sungai, dan penampungan air yang mengakibatkan aliran air menjadi tersendat dan meluapnya air sehingga terjadilah banjir. Hal tersebut dapat kita cegah dengan cara membuang sampah pada tempatnya serta dapat mengelola sampah tersebut agar dapat digunakan kembali.




separator IPA




17. Topik


:

Makhluk Hidup dan Lingkungannya




Subtopik


:

Pelestarian Lingkungan




Indikator


:

Peserta didik mampu menjelaskan akibat dari kegitan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan lingkungan berdasarkan ilustrasi yang disajikan




Perhatikan gambar di bawah ini!



latihan soal ipa uasbn



Berdasarkan gambar di atas dampak negatif terhadap lingkungan yang terjadi adalah….



a. meluasnya resapan air



b. tempat tinggal makhluk hidup semakin luas



c. tanah kehilangan kesuburannya



d. pohon mudah ditanam




Kunci

:

C




Pembahasan

:



Pada gambar terlihat areal bekas pertambangan. Dampak negatif yang terjadi dari aktivitas pertambangan tersebuat adalah tanah kehilangan kesuburannya, terganggungnya habitat hewan, berkurangnya resapan air, serta pencemaran sungai karena limbah yang dihasilkan.




separator IPA




18. Topik


:

Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup




Subtopik


:

Sistem Organ




Indikator


:

Peserta didik mampu mengidentifikasi sistem peredaran darah pada manusia



Fungsi dari pembuluh nadi adalah…..



a. sari-sari makanan



b. air



c. karbondioksida



d. oksigen




Kunci

:

D




Pembahasan

:



Pembuluh nadi disebut juga pembuluh arteri yang membawa darah kaya akan oksigen keluar dari jantung, kecuali arteri pulmonalis yang membawa darah kaya karbondioksida dari jantung menuju paru-paru.




separator IPA




19. Topik


:

Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup




Subtopik


:

Perkembangbiakan Makhluk Hidup




Indikator


:

Peserta didik mampu menentukan cara perkembangbiakan tumbuhan tertentu yang disajikan dalam gambar



Perhatikan gambar di bawah ini!



Gambar terkait


Perkembangbiakan tumbuhan tersebut dilakukan dengan cara….



a. cangkok



b. okulasi



c. merunduk



d. stek




Kunci

:

C




Pembahasan

:



Merunduk atau layering merupakan salah satu proses perkembangbiakan vegetatif yang dapat dilakukan oleh tanaman berbatang panjang yang merunduk ke tanah. Bagian batang yang meruduk ke tanah dan tertutup oleh tanah akan tumbuh akar dan menjadi tanaman baru.




separator IPA




20. Topik


:

Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup




Subtopik


:

Perkembangbiakan Makhluk Hidup




Indikator


:

Peserta didik mampu menentukan cara perkembangbiakan hewan
tertentu yang disajikan dalam gambar




Perhatikan gambar di bawah ini!



Hasil gambar untuk ikan pari ovovivipar


Perkembangbiakan hewan tersebut dilakukan dengan cara….



a. konjugasi



b. ovipar



c. vivipara



d. ovovivipar




Kunci

:

D




Pembahasan

:



Hewan pada gambar adalah ikan pari, hewan ini berkembangbiak dengan cara ovovivipar telur yang ada dalam kandungan tidak langsung dikeluarkan dan dibiarkan menetas begitu saja. Akan tetapi, telur tersebut akan disimpan didalam tubuh ikan pari betina sampai embrionya tumbuh dan berkembang dalam kandungan hingga mencapai titik yang optimal.



separator IPA



Gimana? Asik kan soal-soal latihannya? Memang benar kan, hampir setiap apa yang kita perhatikan di sekeliling kita, ternyata bisa dipelajari lewat ilmu pengetahuan alam. Nah, beruntunglah kamu yang suka bertanya, suka menanyakan hal-hal yang menarik perhatian kamu. Dengan kamu banyak bertanya, maka keingintahuan kamu semakin bertambah.



Ketika kamu sudah banyak tau berbagai macam hal, kalau dikasih soal-soal ujian kaya begini mah jadi gampaaang ngerjainnya. Soalnya kamu udah tau hehe. Nah caranya supaya kamu tau, ya tinggal banyak belajar. Bisa baca buku, ngobrol sama orang tua, saudara, dan teman yang paham. Ataaau kamu juga bisa belajar lewat video pelajaran yang ada di
ruangbelajar
.



LihatTutupKomentar