Pengertian Administrasi Transaksi Beserta Fungsi, Manfaat & Unsurnya | SMK Kelas 11



Pengertian Administrasi Transaksi





Melakukan transaksi adalah kegiatan yang kita alami setiap harinya. Dalam artikel
SMK kelas 11
ini, kita akan membahas tentang pengertian administrasi transaksi beserta fungsi, manfaat, dan unsur-unsurnya.









Kamu sadar

nggak

sih, kalau hidup itu

nggak

pernah jauh-jauh dari yang namanya struk. Tiap habis belanja di minimarket, pasti dapat struk. Ambil uang di ATM, dapat struk. Beli tiket bioskop pun, juga dapat struk. Saking banyaknya struk, sampai-sampai dompet kamu

tebel

isinya struk

doang

,

nggak

ada duitnya. Iya, kan?



Terus, kamu sadar juga

nggak

, setiap kamu bertransaksi, struk yang tercetak dari mesin kasir itu selalu

double

,

lho

! Satu untuk kamu (pembeli), satu lagi untuk disimpan sendiri oleh kasir (penjual).



Nah, bagi pembeli atau penerima jasa, struk itu berguna sebagai bukti bahwa mereka telah melakukan suatu transaksi tertentu. Tapi bagi penjual atau penyedia jasa, kamu tahu

nggak

gunanya untuk apa?




“Sebagai bukti transaksi juga nggak, sih?”



Betul. Tapi jawaban kamu kurang lengkap, nih. Bagi penjual atau penyedia jasa, struk berguna sebagai bukti transaksi yang dapat dijadikan pendukung dalam melakukan kegiatan

administrasi transaksi

.



Administrasi transaksi? Apa itu? Yuk, kita bahas!




Pengertian Administrasi Transaksi



Administrasi transaksi adalah

kegiatan pencatatan perusahaan pada setiap terjadinya perubahan posisi keuangan (transaksi) yang dilakukan secara terstruktur dengan metode tertentu

. Perubahan posisi keuangan (transaksi) yang dimaksud bisa berupa pengurangan atau penambahan. Seperti penjualan, pembelian, membayar gaji karyawan, dan hal lainnya yang berhubungan dengan operasional perusahaan.




Baca juga:

Bagaimana Analisis Transaksi dan Pencatatannya dalam Persamaan Dasar Akuntansi?



Pencatatannya pun bisa dilakukan dengan

berbagai metode,


tergantung kebutuhan perusahaan

. Kalau perusahaannya berskala kecil dengan jumlah transaksi harian yang sedikit, pencatatannya bisa dilakukan secara manual di buku atau menggunakan Excel. Tapi kalau perusahaannya berskala besar dengan jumlah transaksi harian yang banyak, pencatatannya lebih baik dilakukan secara otomatis menggunakan sistem.



Pengertian Administrasi Transaksi



Nah, bagi perusahaan (penjual atau penyedia jasa), struk yang tadi kita bahas dapat berperan sebagai pendukung dalam melakukan kegiatan administrasi transaksi.



Misalnya, lagi asik merekap hasil penjualan harian, nih.

Eh

, ternyata ada transaksi yang kurang lengkap data-datanya. Nah, struk ini bisa digunakan sebagai pedoman untuk mencatat ulang transaksi yang datanya kurang lengkap itu. Selain itu, struk juga bisa digunakan sebagai pedoman untuk mengecek ulang seluruh transaksi yang sudah dicatat.




Fungsi Administrasi Transaksi



Apa saja fungsi dari administrasi transaksi? Dengan adanya administrasi transaksi, perusahaan bisa mendapat hal-hal positif yang hasilnya

tuh

, bisa dirasakan secara

instan

.

Kayak

misalnya, perusahaan jadi punya catatan transaksi sehari-hari yang rapi dan terstruktur dengan baik.



Fungsi Administrasi Transaksi



Terus kalau udah ada catatan transaksi yang rapi, perusahaan bisa

ngebandingin

deh, kira-kira penjualan hari ini lebih tinggi atau lebih rendah ya, dari kemarin? Kira-kira bulan ini lebih banyak pemasukan atau pengeluaran, ya?

Kayak

gitu, teman.



Baca Juga:
Konsep Dasar  Administrasi Kepegawaian Beserta Fungsi & Prinsipnya




Manfaat Administrasi Transaksi



Manfaat administrasi transaksi sebenarnya

nggak

beda jauh sama fungsi administrasi transaksi, tapi kalau manfaat lebih merujuk kepada hal-hal positif yang hasilnya baru bisa dirasakan

seiring berjalannya waktu

.



Misalnya, setelah rutin melakukan administrasi transaksi selama berbulan-bulan, perusahaan jadi punya dokumen transaksi bulanan yang rapi dan terstruktur. Nah, dengan adanya dokumen ini, perusahaan jadi lebih mudah untuk mempresentasikan hasil penjualan kepada rekan-rekan yang bermitra dengan perusahaan itu.



Selain itu, manfaat administrasi transaksi adalah membuat perusahaan jadi lebih mudah melakukan pelayanan kepada konsumen kalau tiba-tiba ada konsumen yang menyampaikan komplain.



Nah, jika disimpulkan, fungsi dan manfaat dari administrasi transaksi adalah sebagai berikut:



Fungsi dan Manfaat Administrasi Transaksi



Sampai sini kamu sudah paham kan, apa bedanya? Ingat-ingat lagi ya, kalau fungsi itu lebih condong ke hal-hal positif yang bisa dirasakan secara

instan

. Sedangkan manfaat lebih condong ke hal-hal positif yang baru bisa dirasakan

seiring berjalannya waktu

.




Unsur-Unsur Administrasi Transaksi



Unsur-unsur administrasi transaksi terdiri dari

3M

, yaitu

Manusia

,

Material

, dan

Metode

. Yuk, kita bahas satu per satu!




1. Manusia



Manusia yang terlibat dalam kegiatan administrasi transaksi
harus mempunyai keterampilan administrasi yang baik
. Mereka juga harus teliti dan terbiasa dengan proses hitung-menghitung, supaya buku atau dokumen administrasi transaksi yang dihasilkan bisa rapi dan tidak terdapat kesalahan pada data-datanya.




2. Material



Unsur selanjutnya yaitu material atau bisa dibilang
harta kekayaan perusahaan
.  Harta kekayaan di sini maksudnya adalah seluruh sarana dan prasarana yang dimiliki oleh perusahaan, yang dapat menunjang berlangsungnya kegiatan administrasi transaksi. Misalnya seperti alat tulis, buku, map, komputer, dan lain sebagainya.




3. Metode



Unsur yang terakhir yaitu metode. Metode administrasi transaksi adalah
cara tertentu
yang dilakukan oleh perusahaan
dalam melaksanakan kegiatan administrasi transaksi
agar lebih terstruktur. Metode yang digunakan berbeda-beda tergantung kebutuhan dan skala perusahaan.



Baca Juga:
Mengenal Piutang, Ciri, Jenis, dan Prosedur Pencatatannya



Unsur-Unsur Administrasi Transaksi



Nah, sekarang kamu jadi tahu kan, kalau struk transaksi adalah hal yang penting. Walaupun struk-struk itu bikin dompet kamu tebel, ternyata juga bermanfaat untuk penjual atau penyedia jasa.

Eh

, tapi,
sebagai pembeli atau penerima jasa, kamu juga boleh

lho

, melakukan administrasi transaksi
. Biar struk-struk yang kamu simpan

nggak

cuma

nganggur

di dompet aja, tuh!



Kalau untuk kamu (pembeli atau penerima jasa), administrasi transaksi bisa membantu untuk melacak mana transaksi yang memang penting, mana transaksi yang

nggak

penting-penting

amat

. Jadi, untuk selanjutnya, kamu bisa mengurangi transaksi yang

nggak

penting, supaya keuangan kamu bisa terkelola dengan lebih baik.



Sudah paham kan tentang administrasi transaksi? Kalau masih bingung dan pengen tau lebih banyak lagi tentang topik materi lainnya, kamu bisa langsung meluncur ke
ruangbelajar
. Di sana, banyak banget video pembelajaran yang bikin kamu cepet paham!








Referensi:



Soerjandari, E. (2014). Administrasi Transaksi untuk SMK/MAK Kelas Xl. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.



LihatTutupKomentar