RG Squad, Kenneth R. Andrew pernah menjelaskan dalam buku Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa tentang definisi strategi target pasar.
Menurutnya adalah tentang keputusan di perusahaan untuk menentukan sasaran dan perencanaan
supaya tujuan jangkauan bisnis yang diinginkan perusahaan dapat tercapai. Lebih jelasnya lagi, kita simak di bawah ini ya!
Pada dasarnya perusahaan diperbolehkan memilih tiga alternatif untuk melaksanakan strategi target pasar, yaitu sebagai berikut:
1.
Differentiated Marketing
Merupakan bentuk usaha yang dilakukan perusahaan ketika mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu. Untuk melakukannya, perusahaan perlu membuat produk yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing
segmen pasar
yang tersedia. Dengan begitu, jumlah penjualan barang dan jasa bisa lebih meningkat dan bisa mendapat posisi yang kuat di setiap segmen pasar.
2.
Undifferentiated
Marketing
Bentuk upaya perusahaan yang dilakukan dengan cara meninjau pasar secara keseluruhan dan fokus pada bentuk pengemasan barang. Tujuannya, agar bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen. Strategi pasar jenis ini bisa dilakukan untuk upaya penghematan ongkos-ongkos produksi.
3.
Concentrated
Marketing
Dilakukan dengan cara memfokuskan pemasaran produk-produk perusahaan pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial. Tujuannya agar pemasaran akan berjalan sesuai segmen pasarnya. Perusahaan bisa lebih hemat dalam operasi pemasarannya karena telah melakukan spesialisasi produk, harga, promosi, dan distribusi.
Pemilihan Strategi Target Pasar
Melihat persaingan di dalam dunia usaha, sudah sewajarnya jika setiap perusahaan ingin memenangkan ranah bisnis yang dikelolanya. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai faktor yaitu:
1. Sumber-sumber yang dimiliki perusahaan
Salah satu faktor penentu yang cukup penting dalam menentukan strategi adalah sumber-sumbernya. Apabila sumber terbatas, seharusnya perusahaan memilih strategi
concentrated marketing
sebagai strategi yang paling tepat.
2. Homogenitas produk
Perusahaan yang memproduksi produk yang bersifat homogen (sama) akan lebih cocok jika memilih strategi target pasar
undifferentiated marketing
.
3. Homogenitas pasar
Ketika sejumlah pembeli mempunyai selera yang sama, maka akan terjadi homogenitas pasar. Ciri-ciri pasar jenis ini yaitu, jumlah produk yang terjual pada setiap periode hampir sama dan reaksi terhadap pemasaran produk pun sama. Perusahaan yang menghadapi homogenitas pasar, perlu memilih strategi
differentiated marketing
.
4. Tahap-tahap siklus kehidupan produk
Jika produk yang akan dipasarkan adalah barang berjenis baru dengan hanya sedikit macamnya, maka strategi target pasar yang paling tepat untuk dilakukan adalah
undifferentiated marketing
dengan sasaran hanya untuk memenuhi permintaan primer saja.
Bagaimana penjelasannya, RG Squad? Apa kamu sudah paham? Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan ya. Belajar ekonomi pakai
video animasi
yuk untuk lebih mudah memahami materi dan buatlah
#BelajarJadiMudah
Referensi:
Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.
Artikel ini terakhir diperbarui pada 30 November 2020.