Pengertian Strategi Target Pasar | Ekonomi Kelas 10



Ekonomi_10.jpg



RG Squad, Kenneth R. Andrew pernah menjelaskan dalam buku Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa tentang definisi strategi target pasar.

Menurutnya adalah tentang keputusan di perusahaan untuk menentukan sasaran dan perencanaan

supaya tujuan jangkauan bisnis yang diinginkan perusahaan dapat tercapai. Lebih jelasnya lagi, kita simak di bawah ini ya!





Pada dasarnya perusahaan diperbolehkan memilih tiga alternatif untuk melaksanakan strategi target pasar, yaitu sebagai berikut:




1.

Differentiated Marketing




Merupakan bentuk usaha yang dilakukan perusahaan ketika mengidentifikasi kelompok-kelompok pembeli tertentu. Untuk melakukannya, perusahaan perlu membuat produk yang berbeda-beda sesuai dengan masing-masing

segmen pasar

yang tersedia. Dengan begitu, jumlah penjualan barang dan jasa bisa lebih meningkat dan bisa mendapat posisi yang kuat di setiap segmen pasar.




2.

Undifferentiated


Marketing




Bentuk upaya perusahaan yang dilakukan dengan cara meninjau pasar secara keseluruhan dan fokus pada bentuk pengemasan barang. Tujuannya, agar bisa menyesuaikan kebutuhan konsumen. Strategi pasar jenis ini bisa dilakukan untuk upaya penghematan ongkos-ongkos produksi.




3.

Concentrated


Marketing




Dilakukan dengan cara memfokuskan pemasaran produk-produk perusahaan pada satu atau beberapa kelompok pembeli yang dianggap potensial. Tujuannya agar pemasaran akan berjalan sesuai segmen pasarnya. Perusahaan bisa lebih hemat dalam operasi pemasarannya karena telah melakukan spesialisasi produk, harga, promosi, dan distribusi.




Pemilihan Strategi Target Pasar



Melihat persaingan di dalam dunia usaha, sudah sewajarnya jika setiap perusahaan ingin memenangkan ranah bisnis yang dikelolanya. Untuk itu, diperlukan strategi yang tepat dengan mempertimbangkan berbagai faktor yaitu:




1. Sumber-sumber yang dimiliki perusahaan



Salah satu faktor penentu yang cukup penting dalam menentukan strategi adalah sumber-sumbernya. Apabila sumber terbatas, seharusnya perusahaan memilih strategi

concentrated marketing

sebagai strategi yang paling tepat.




2. Homogenitas produk



Perusahaan yang memproduksi produk yang bersifat homogen (sama) akan lebih cocok jika memilih strategi target pasar

undifferentiated marketing

.




3. Homogenitas pasar



Ketika sejumlah pembeli mempunyai selera yang sama, maka akan terjadi homogenitas pasar. Ciri-ciri pasar jenis ini yaitu, jumlah produk yang terjual pada setiap periode hampir sama dan reaksi terhadap pemasaran produk pun sama. Perusahaan yang menghadapi homogenitas pasar, perlu memilih strategi

differentiated marketing

.




4. Tahap-tahap siklus kehidupan produk



Jika produk yang akan dipasarkan adalah barang berjenis baru dengan hanya sedikit macamnya, maka strategi target pasar yang paling tepat untuk dilakukan adalah

undifferentiated marketing

dengan sasaran hanya untuk memenuhi permintaan primer saja.



Bagaimana penjelasannya, RG Squad? Apa kamu sudah paham? Semoga bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan ya. Belajar ekonomi pakai

video animasi

yuk untuk lebih mudah memahami materi dan buatlah

#BelajarJadiMudah








Referensi:



Alam S. Ekonomi untuk SMA dan MA Kelas X Kurikulum 2013. Jakarta: Erlangga.




Artikel ini terakhir diperbarui pada 30 November 2020.



LihatTutupKomentar