Artikel Bahasa Indonesia kelas 12
kali ini membahas tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan efektif, disertai dengan contohnya.
—
Teman-teman, setelah lulus sekolah atau kuliah nanti, sebagian besar di antara kamu pasti memutuskan untuk bekerja. Kamu akan melamar pekerjaan sesuai dengan
passion
-mu di perusahaan yang kamu inginkan.
Nah
, ketika kamu akan melamar pekerjaan, tentu kamu butuh yang namanya Surat Lamaran Pekerjaan. Surat ini berisi
permohonan untuk bekerja
di perusahaan yang kamu lamar. Kamu tahu
nggak
, surat lamaran pekerjaan merupakan salah satu poin penting yang bisa menentukan lolos tidaknya kamu ke tahap berikutnya,
loh!
Oleh sebab itu, cara membuat surat lamaran kerja
nggak
boleh
asal
. Kamu harus menulis surat lamaran pekerjaan dengan benar dan efektif supaya peluang diterima di perusahaan yang kamu inginkan semakin besar.
Baca juga:
Pengertian Artikel, Ciri, Struktur, dan Jenisnya
Dalam membuat surat lamaran kerja, kamu harus memperhatikan beberapa unsur berikut ini,
nih
!
Selain itu, kamu juga harus memperhatikan penggunaan bahasanya. Mulai dari struktur surat, pemilihan kata (diksi), kejelasan kalimat, hubungan antarkalimat, sampai EYD-nya. Jangan lupa untuk menggunakan bahasa yang baku dan sopan ya, teman-teman.
Oke, dari unsur-unsur dalam surat lamaran kerja di atas, kita coba bedah satu per satu agar tahu penulisan surat lamaran pekerjaan yang benar dan efektif. Simak baik-baik, yaaa…
1. Tempat dan tanggal pembuatan surat
Tempat dan tanggal surat lamaran bisa kamu tulis di bagian pojok kanan atas.
Tangerang Selatan, 14 Oktober 2020
Perhatikan ya, nama tempat dan bulan selalu diawali dengan huruf kapital. Penulisan antara tempat dan tanggal surat juga dipisahkan oleh koma (,).
2. Alamat Perusahaan yang Dituju
Lalu, di bagian bawah sebelah kirinya, kamu tulis nama penerima dan alamat lengkap perusahaan yang akan kamu tuju.
Nah
, untuk nama penerima kalau kamu
nggak
tahu nama HRD-nya, kamu bisa tulis dengan “Bapak/Ibu”
aja
, ya. Contohnya begini,
Yth. Bapak/Ibu HRD PT Ruang Raya Indonesia
Jalan Tebet Barat Dalam Raya No.22, Jakarta Selatan
Kamu harus tahu,
nih
, jika surat ini ditujukan ke subjek tertentu, maka kamu bisa gunakan “Yth.”. Tapi, jika ditujukan untuk perusahaan tanpa subjek tertentu, maka gunakan “Kepada”. Jadi, jangan gunakan kedua-duanya, ya. Kemudian, untuk “PT”,
nggak
perlu diikuti dengan tanda titik (.).
3. Salam dan pembuka surat
Salam pembuka biasanya ditulis dengan kalimat, “Dengan hormat”. Sementara itu, pembuka surat bisa kamu isi dengan kata pengantar. Umumnya, kamu bisa jelaskan dari mana kamu mendapat informasi terkait lowongan pekerjaan tersebut dan posisi yang kamu pilih. Contohnya,
Dengan hormat,
Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk menempati posisi Public Relations.
Baca Juga:
Contoh Surat Lamaran Kerja untuk Fresh Graduate dan Berpengalaman
4. Isi surat
Kemudian, di bagian isi surat lamaran pekerjaan, kamu bisa isi dengan data diri. Tuliskan nama lengkapmu, tempat dan tanggal lahir, alamat, nomor telepon/HP, e-mail, serta pendidikan terakhir. Di bagian ini, kamu bisa jelaskan juga kemampuan yang kamu miliki, baik itu
softskill
maupun
hardskill
.
Nah
, kalau kamu punya pengalaman magang, PKL, atau lainnya, bisa kamu tulis juga, ya. Namun, kalau kamu belum punya pengalaman, kamu bisa tulis pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti di sekolah maupun kuliah. Misalnya seperti ini,
nih
!
Saya yang bertanda tangan di bawah ini
nama : Putri Aprilia
tempat dan tanggal lahir : Jakarta, 15 Februari 1999
alamat : Jalan Puskesmas No. 60, Tangerang Selatan
e-mail : putriaprilia@gmail.com
no. HP : 081345678901
Saya merupakan
fresh graduate
Sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Jenderal Soedirman. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi di Himpunan Mahasiswa Ilmu Komunikasi dan menjabat sebagai ketua Divisi Media Komunikasi dan Informasi. Saya memiliki kemampuan komunikasi yang baik, kreatif, dan dapat bekerja sama dalam tim.
Perlu kamu perhatikan ya, di penulisan data diri karena bentuknya daftar yang menggunakan titik dua (:), semua awal baris ditulis dengan huruf kecil. Penulisan titik dua (:) juga sebaiknya dibuat rata sebaris agar terlihat rapi. Selain itu, kalimat yang kamu gunakan juga harus singkat dan jelas. Jadi, jangan bertele-tele supaya
nggak
memberikan kesan jenuh ketika dibaca oleh tim HRD.
5. Lampiran/syarat lamaran
Di bagian lampiran atau syarat lamaran, kamu bisa tulis dokumen-dokumen apa
aja
yang kamu lampirkan sebagai pendukung atau persyaratan pelamar. Biasanya
sih
, dokumen-dokumen ini berupa daftar riwayat hidup (CV), fotocopy ijazah, pas foto, dan portofolio. Bahkan, kalau kamu pernah mengikuti lomba, seminar, atau pelatihan yang mendapat sertifikat, kamu bisa lampirkan fotocopy sertifikatnya juga. Itu bisa menjadi nilai plus
loh
buat kamu. Contoh penulisannya biasanya seperti ini.
Sebagai bahan pertimbangan, berikut saya lampirkan
1. pas foto,
2. fotocopy KTP,
3. daftar riwayat hidup,
4. fotocopy ijazah terakhir,
5. fotocopy transkrip nilai,
6. sertifikat keikutsertaan organisasi.
Nah
, di bagian ini juga harus diperhatikan. Setiap awal baris ditulis dengan huruf kecil dan di akhir barisnya gunakan koma, kecuali baris terakhir.
6. Penutup surat
Di bagian penutup surat, kamu bisa jelaskan bahwa kamu memiliki harapan yang besar agar diterima di perusahaan tersebut. Jangan lupa juga untuk mengucapkan terima kasih, ya. Contohnya,
Demikian surat lamaran pekerjaan ini saya buat. Saya harap, Bapak/Ibu dapat mempertimbangkannya dan memberi kesempatan agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci di tahapan berikutnya. Atas perhatian Bapak/Ibu, saya mengucapkan terima kasih.
7. Tanda tangan dan nama pelamar
Terakhir, untuk tanda tangan dan nama pelamar bisa kamu tulis di pojok kanan surat. Contohnya,
Hormat saya,
(tanda tangan)
Putri Aprilia
Oke,
gimana nih
, teman-teman? Sudah jelas ya tentang cara membuat surat lamaran pekerjaan yang benar dan efektif. Sekarang, untuk bahan latihan, coba
deh
iseng-iseng kamu cari lowongan pekerjaan di internet, lalu kamu buat surat lamaran pekerjaannya.
Sebenarnya, selain surat lamaran pekerjaan, daftar riwayat hidup yang kamu buat juga berpengaruh terhadap peluang kamu diterima di suatu perusahaan,
loh
!
Nah
, kamu bisa mempelajari cara membuat surat lamaran pekerjaan lebih lanjut dan cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar lewat video belajar di aplikasi
ruangbelajar
!
Sumber referensi:
Juhara, E., Budiman, E., Rochayati, R., (2009) Berbahasa Indonesia dengan Efektif. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Sumber gambar:
Snow falling gif for playbuzz asset. [Daring]. Tautan: http://imgarcade.com/1/falling-snow-gif-transparent-background/