Artikel latihan soal penilaian akhir semester 2019 ini, akan melatih para siswa terbiasa menjawab dan memahami soal dengan baik dan benar.
—
Sebagai seorang anak yang menyandang status sebagai pelajar, pastinya selama kamu duduk di bangku kelas, mengikuti kegiatan belajar mengajar, berdiskusi dengan teman sekolah, membaca buku-buku pelajaran, sudah cukup membuat kamu memiliki dan mendapat pengetahuan yang luas. Kemudian kamu bisa menentukan minat kamu ada pada bidang apa.
Nah khusus buat kamu yang sekarang kelas 10 dan kamu minat pada bidang IPA terpadu,
latihan-latihan soal
ini ditujukan untuk kamu. Selama 1 semester di tahun 2019 ini, pastinya kamu sudah mendapat banyak pengetahuan baru tentang ilmu pengetahuan alam. Mulai dari matematika, fisika, kimia, dan juga biologi. Untuk melihat sejauh mana perkembangan ilmu pengetahuan kamu yang didapat selama 1 semester, sekolah mengadakan ujian penilaian yang bernama Penilaian Akhir Semester.
Hasil dari ujian ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kamu sebagai siswa, juga guru sebagai pengajar. Nah, untuk membuktikan bahwa kamu itu sudah menguasai materi yang diajarkan, yuk perbanyak
latihan soal
, supaya kamu lebih paham dan siap menghadapi penilaian akhir semester nanti.
MATEMATIKA
Topik : Sistem Persamaan Linier
Sub Topik : SPLDV dan SPLTV
Tipe : LOTS
1. Nilai
yang memenuhi persamaan
adalah …
Jawaban: B
Penyelesaian:
Maka
Topik : Sistem Persamaan Linier
Sub Topik : Aplikasi Sistem Persamaan Linier
Tipe : HOTS
2.
Jika persamaan fungsi
dapat digambarkan seperti grafik di atas, maka persamaan tersebut adalah …
Jawaban: D
Penyelesaian:
Melalui (3,0) dan (0,6)
Sehingga fungsi persamaan tersebut
Maka persamaan tersebut adalah
Topik : Pertidaksamaan (WAJIB)
Sub Topik : Pertidaksamaan Pangkat Tinggi
Tipe : HOTS
3.
Maka nilai
yang memenuhi adalah …
Jawaban: B
Penyelesaian:
Karena
tidak bisa difaktorkan,
, maka
definit positif, sehingga
Maka
Topik : Persamaan Kuadrat (WAJIB)
Sub Topik : Jenis-jenis Akar Persamaan Kuadrat
Tipe : MOTS
4.
mempunyai akar kembar, maka
…….
Jawaban: B
Penyelesaian:
Sehingga
Topik : Fungsi Kuadrat (WAJIB)
Sub Topik : Grafik Fungsi Kuadrat
Tipe : LOTS
5. Berdasarkan fungsi kuadrat
maka pernyataan yang benar adalah …
Jawaban: E
Penyelesaian:
Rumus umum :
Sehingga
Maka pernyataan yang sepertinya benar adalah
FISIKA
Topik : Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah
Subtopik Prosedur Ilmiah
Level kognitif : C5 (HOTS)
1. Anak kelas X sedang melakukan praktikum mengenai pengukuran periode suatu bandul. Prosedur praktikum yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh panjang tali terhadap periode ayunan bandul yang bergerak harmonis. Variabel bebas pada praktikum tersebut adalah ….
A. Ayunan bandul
B. Panjang tali
C. Periode
D. Simpangan
E. Frekuensi
Jawaban: B
Pembahasan:
Hipotesis pada suatu prosedur ilmiah dibangun oleh peneliti berdasarkan pendapatnya terhadap suatu variabel yang dapat diamati. Secara sederhana, variabel dapat dibagi menjadi dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.
Variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi sedangkan variabel bebas adalah variabel yang terpengaruh. Pada praktikum dalam soal, variabel yang memengaruhi hasil penelitian adalah panjang tali bandul sedangkan variabel terikatnya adalah periode ayunan bandul.
Topik : Vektor
Subtopik : Menggambar Vektor
Level kognitif : C2 (MOTS)
2. Terdapat vektor A dan vektor B seperti dinyatakan dalam gambar berikut.
Penjumlahan kedua vektor di atas dapat digambarkan sebagai ….
A.
B.
C.
D.
E.
Jawaban: C
Pembahasan:
Penjumlahan vektor dapat digambarkan dengan meletakkan pangkal vektor
B
ke ujung vektor
A
tanpa mengubah arah keduanya, lalu menarik garis dari pangkal vektor
A
ke ujung vektor
B
. dengan demikian, gambar resultan kedua vektor yang benar adalah gambar pada opsi C.
Topik : Vektor untuk Fisika (1)
Subtopik : Perkalian Titik pada Usaha
Level kognitif : C2 (MOTS)
3. Sebuah benda diberi gaya
N sehingga berpindah sejauh
meter. Besar usaha yang dikerjakan pada benda tersebut adalah ….
A. -36 J
B. -18 J
C. 18 J
D. 36 J
E. 54 J
Jawaban: C
Pembahasan:
Diketahui:
Besar usaha yang dikerjakan pada benda tersebut dapat diketahui dengan
*Perkalian antara komponen vektor yang berbeda tidak diikutsertakan karena sudah jelas akan menghasilkan nol.
Topik: Gerak Parabola
Subtopik: Koordinat Jarak Maksimum
Level Kognitif: C3 (MOTS)
4. Dina melempar sebuah bola dari atas gedung setinggi 20 m dengan kelajuan awal 30 m/s dan sudut elevasi
30
o
. Waktu yang dibutuhkan bola untuk sampai ke tanah adalah ….
A. 1 s
B. 2 s
C. 3 s
D. 4 s
E. 6 s
Jawaban: D
Pembahasan:
Diketahui:
Waktu yang diperlukan bola untuk menyentuh tanah dapat diketahui dengan
Waktu harus bernilai positif, maka nilai t yang tepat adalah 4 sekon.
Topik: Gerak Melingkar Beraturan
Subtopik: Konsep GMB
Level Kognitif: C4 (HOTS)
5. Ketika liburan sekolah, Nana dan keluarganya berlibur ke Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak. sementara itu teman dekat Nana, Dina, berlibur ke benua Australia. Dina berada di kota A yang berada pada koordinat 30
o
LS. Jika jari-jari bumi 6.371 km dan bumi berotasi 23 jam 56 menit, perbandingan kecepatan linear bumi yang dialami oleh Nana dan Dina adalah ….
Jawaban: E
Pembaahasan:
Nana dan Dina berada di permukaan bumi yang bukan ujung kutub, maka keduanya berputar mengikuti arah rotasi bumi dengan kecepatan sudut yang sama dengan kecepatan sudut rotasi bumi. Nana berada pada lintang nol (Pontianak berada tepat pada khatulistiwa, maka jarak Nana ke poros bumi adalah
km. Dina berada di kota A yang berada pada koordinat 30
o
LS, maka jarak Dina dari poros bumi adalah
Karena Nana dan Dina berputar pada poros yang sama
, maka perbandingan kecepatan linear keduanya dapat diketahui dengan
KIMIA
Topik
: Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya
Subtopik
: Materi dan Klasifikasinya
Level Kognitif
: C1 (LOTS)
1. Berdasarkan wujudnya, materi dibagi menjadi tiga, yaitu gas, cair dan padat. Perbedaan paling mendasar antara ketiga fasa itu adalah ….
A. bentuk dan ukurannya
B. massa jenis dan bentuknya
C. jarak antar partikelnya
D. jenis zat penyusunnya
E. bentuk dan wujudnya
Jawaban: C
Pembahasan:
Perbedaan antara gas, zat cair dan zat padat:
Perbedaan utama antara gas, zat cair, dan zat padat adalah jarak antar partikelnya.
Topik
: Struktur Atom dan Tabel Periodik
Subtopik
: Konfigurasi Elektron dan Bentuk Orbital
Level Kognitif
: C3 (MOTS)
2. Perhatikan pernyataan berikut ini:
P 1s
2
2s
2
2p
2
Q 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
3
R 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
3d
1
4s
2
S 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
3d
10
4s
2
4p
3
Unsur yang terletak pada golongan yang sama adalah ….
A. P dan Q
B. P dan R
C. Q dan S
D. P dan S
E. R dan S
Jawaban: C
Pembahasan:
Unsur yang terletak pada golongan yang sama adalah unsur yang memiliki elektron valensi yang sama, yaitu unsur Q dan S, yang sama – sama memiliki elektron valensi yang sama yaitu empat.
Topik
: Ikatan Kimia, Bentuk Molekul dan Interaksi AntarMolekul
Subtopik
: Kovalen Polar dan Nonpolar
Level Kognitif
: C2 (MOTS)
3. Selain unsur yang berada dalam golongan gas mulia, unsur harus berikatan dengan unsur lain agar tercapai kestabilan. Salah satu ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen polar yaitu ….
A. ikatan kovalen yang terbentuk ketika elektron sekutu atom tidak benar – benar dipakai
B. terjadi jika adanya penggunaan pasangan elektron secara bersama – sama oleh atom – atom yang berikatan
C. ikatan kovalen yang terbentuk ketika atom membagikan elektronnya setara (sama)
D. ikatan kimia yang menggunakan pasangan elektron bersama yang berasal dari salah satu atom
E. ikatan yang terbentuk karena adanya serah terima elektron
Jawaban: A
Pembahasan:
Ikatan kovalen terbentuk karena ketika elektron sekutu atom tidak benar – benar dipakai. Hal ini terjadi ketika atom mempunyai elektronegativitas yang lebih tinggi mempunyai tarikan elektron yang lebih kuat. Akibatnya elektron sekutu lebih dekat ke atom yang mempunyai elektronegativitas tinggi.
Topik
: Ikatan Kimia, Bentuk Molekul dan Interaksi Antar Molekul
Subtopik
: Ikatan Ion dan Kovalen
Level Kognitif
: C3 (MOTS)
4. Unsur dengan nomor atom 7 dapat membentuk ikatan ion dengan unsur bernomor atom ….
A. 83
B. 36
C. 53
D. 38
E. 15
Jawaban: D
Pembahasan:
Konfigurasi elektron : 1s
2
2s
2
2p
3
berada pada golongan VA, merupakan non-logam.
Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara logam dan non-logam.
15 : 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
3
(Golongan VA = Non-logam)
34 : 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
4s
2
3d
10
4p
4
(Golongan VIA = non-logam)
38 : 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
4s
2
3d
10
4p
6
5s
2
(Golongan IIA = Logam)
53 : 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
4s
2
3d
10
4p
6
5s
2
4d
10
5p
5
(Golongan VIIA = non-logam)
83 : 1s
2
2s
2
2p
6
3s
2
3p
6
4s
2
3d
10
4p
6
5s
2
4d
10
5p
6
6s
2
4f
14
5d
10
6p
3
(Golongan VA = Non-logam).
Jadi yang merupakan ikatan ion adalah unsur dengan nomor atom 17 dengan unsur nomor atom 38.
Topik
: Elektrolit dan Non Elektrolit
Subtopik
: Pendahuluan Elektrolit dan Non Elektrolit
Level Kognitif
: C4 (HOTS)
5. Diketahui data hasil pengujian daya hantar listrik berbagai zat dalam tiga wujudnya sebagai berikut:
Elektrolit yang merupakan senyawa kovalen polar adalah ….
A. A dan B
B. B dan D
C. A dan C
D. hanya C
E. hanya A
Jawaban: B
Pembahasan
Senyawa kovalen polar dapat menghantarkan listrik (konduktor) dalam wujud larutan saja. Jadi, yang merupakan senyawa kovalen polar adalah B dan D.
BIOLOGI
Topik : Keanekaragaman hayati
Subtopik : Mengenal keanekaragaman hayati
Level : MOTS
1. Perhatikan data – data dibawah ini !
Ikan koi bercorak putih dan ikan koi bercorak merah
Mawar merah, mawar putih dan mawar hitam
Rumput, padi dan jagung
Kelapa, aren dan sawit
Ayam, merpati, dan burung unta
Contoh keanekaragaman hayati tingkat spesies ditunjukkan oleh nomor ….
A. 1, 2 dan 3
B. 3, 4 dan 5
C. 1, 3 dan 5
D. 2, 4 dan 5
E. 2, 3 dan 5
Jawaban
: B
Pembahasan
:
Keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis adalah variasi yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. Contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah
Keanekaragaman hayati pada spesies famili graminae seperti rumput, padi dan jagung
Keanekaragaman hayati pada kelompok palem-paleman seperti kelapa, aren, sawit dan kelapa
Keanekaragaman hayati pada spesies golongan aves seperti ayam, merpati, kalkun dan burung unta
Keanekaragaman hayati pada famili felidae seperti singa, harimau dan jaguar
Dengan demikian jawaban adalah B.
Topik : Klasifikasi makhluk hidup
Subtopik : Perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup
Level : LOTS
2. Perhatikan pernyataan dibawah ini !
Bersifat eukariotik
Bersifat prokariotik
Sebagian besar uniseluler namun ada juga yang multiseluler
Memiliki benang yang disebut hifa
Yang termasuk kedalam ciri-ciri kingdom protista adalah ….
A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1, 2, 3 dan 4
Jawaban
: B
Pembahasan:
Ciri-ciri umum dari kingdom protista adalah bersifat eukariotik atau memiliki membran inti sel dan sebagian besar uniseluler namun ada juga yang multiseluler. Dengan demikian jawaban adalah B karena bersifat prokariotik atau tidak memiliki membran inti sel adalah ciri dari kingdom monera dan memiliki benang berupa hifa adalah ciri-ciri dari kingdom fungi. Dengan demikian jawaban adalah B.
Topik : Bacteria dan archaebacteria
Subtopik : Klasifikasi bakteri
Level : LOTS
3. Perhatikan persamaan reaksi kimia dibawah ini!
4FeCO3 + O2 + 6H2O → 4Fe(OH)3 + 4CO2 + energi
Bakteri dibawah ini yang berperan dalam reaksi kimia diatas adalah….
Rhodopseudomonas
dan
Rhodospirillum
Nitrobacter
Thiobacillus
thiooxidans
Cladothrix
dan
Leptothrix
Nitrosomonas
dan
Nitrosococcus
Jawaban
: D
Pembahasan
:
Pada reaksi kimia tersebut dapat kita lihat bahwa adanya oksidasi ion ferro (Fe
2+
) menjadi ion ferri (Fe
3+
). Bakteri yang dapat mengoksidasi ion besi adalah
Cladothrix
dan
Leptothrix
ochracea
. Sedangkan bakteri
Nitrobacter
berperan dalam mengubah nitrit menjadi nitrat, bakteri
Nitrosomonas
dan
Nitrosococcus
berperan dalam mengubah amonia menjadi nitrit , bakteri
Thiobacillus
thiooxidans
berperan dalam mengubah sulfur menjadi sulfat. Dengan demikian jawabannya adalah D.
Topik : Kingdom protista
Subtopik : Protista mirip jamur
Level : HOTS
4. Daniel menemukan sebuah organisme dengan ciri-ciri yaitu memiliki hifa yang tidak bersekat, memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa, habitatnya di air, hidup secara saprofit, dan dapat melakukan reproduksi secara vegetatif dengan zoospora dan secara generatif dengan oogami. Organisme tersebut adalah … dan termasuk kedalam jenis ….
Physarum
sp., oomycota
Dyctiostelium
sp. myxomycota
Saprolegnia
sp., oomycota
Volvariella volvacea,
myxomycota
Gracillaria
sp., oomycota
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Organisme yang diamati oleh Daniel adalah
Saprolegnia
sp. masuk ke dalam divisi oomycota (jamur air). Jamur air memiliki dinding sel terbuat dari selulosa, yang berbeda dengan dinding sel jamur sejati (Fungi) yang terbuat dari polisakarida yang disebut kitin.
Saprolegnia
sp. merupakan cendawan berfilamen, organisme tidak bersekat (
koenositik
) yang hidup pada habitat air tawar dan untuk mendapatkan makanan mereka hidup secara saprofit atau parasit. Jamur ini berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dan juga secara seksual (generatif). Reproduksi aseksual Oomycota yang hidup di air dengan menghasilkan spora berflagel yang disebut zoospora sedangkan yang hidup di darat dengan sporangium dan konidium. Sementara itu, reproduksi seksualnya dengan cara oogami. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.
Topik : Fungi
Subtopik : Pengelompokkan jamur
Level : LOTS
5. Beberapa jamur belum diketahui cara reproduksinya secara generatif sehingga dimasukkan ke dalam kelompok ….
Ascomycota
Basidiomycota
Deuteromycota
Myxomycota
Oomycota
Jawaban
: C
Pembahasan
:
Kingdom fungi dibagi menjadi empat divisi berdasarkan cara reproduksi secara generatif (seksual),yaitu
Zygomycota (menghasilkan zigospora),
Ascomycota (menghasilkan askospora),
Basidiomycota (menghasilkan basidiospora),
Deuteromycota (belum diketahui cara reproduksi seksualnya).
Dengan demikian jawaban yang tepat adalah C.
Gimana? Apa kamu merasa familiar dengan soal-soal yang dipertanyakan? Kalau iya, berarti kamu sudah cukup memahami materi yang diajarkan oleh guru di dalam kelas. Atau kamu justru asing dengan soal-soal tadi? Wah, kalau begitu, berarti kamu masih
harus banyak belajar
lagi nih.
Supaya kamu bisa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, kamu bisa belajar dengan melihat seberapa -berfungsinya teori pada kehidupan sehari-hari. Materi-materi pelajaran kontekstual seperti itu, bisa kamu dapatkan di
ruangbelajar
. Dengan video belajar yang dikemas dengan sangat menarik, juga latihan-latihan soal yang beragam, kamu akan dapat menguasai bahkan memahami materi yang diajarkan. Jadi, jangan lupa belajar ya, di mana saja, dan kapan saja.