Latihan Soal Penilaian Akhir Semester 2019 IPA Kelas 10




latihan soal PAS IPA kelas 10




Artikel latihan soal penilaian akhir semester 2019 ini, akan melatih para siswa terbiasa menjawab dan memahami soal dengan baik dan benar.










Sebagai seorang anak yang menyandang status sebagai pelajar, pastinya selama kamu duduk di bangku kelas, mengikuti kegiatan belajar mengajar, berdiskusi dengan teman sekolah, membaca buku-buku pelajaran, sudah cukup membuat kamu memiliki dan mendapat pengetahuan yang luas. Kemudian kamu bisa menentukan minat kamu ada pada bidang apa.



Nah khusus buat kamu yang sekarang kelas 10 dan kamu minat pada bidang IPA terpadu,
latihan-latihan soal
ini ditujukan untuk kamu. Selama 1 semester di tahun 2019 ini, pastinya kamu sudah mendapat banyak pengetahuan baru tentang ilmu pengetahuan alam. Mulai dari matematika, fisika, kimia, dan juga biologi. Untuk melihat sejauh mana perkembangan ilmu pengetahuan kamu yang didapat selama 1 semester, sekolah mengadakan ujian penilaian yang bernama Penilaian Akhir Semester.



Hasil dari ujian ini akan menjadi bahan evaluasi untuk kamu sebagai siswa, juga guru sebagai pengajar. Nah, untuk membuktikan bahwa kamu itu sudah menguasai materi yang diajarkan, yuk perbanyak
latihan soal
, supaya kamu lebih paham dan siap menghadapi penilaian akhir semester nanti.



latihan soal pas




MATEMATIKA




Topik : Sistem Persamaan Linier




Sub Topik : SPLDV dan SPLTV




Tipe : LOTS




1. Nilai
1.0
yang memenuhi persamaan

1.1

adalah …



1.2




Jawaban: B




Penyelesaian:



1.3



Maka



1.4


latihan soal pas




Topik : Sistem Persamaan Linier




Sub Topik : Aplikasi Sistem Persamaan Linier




Tipe : HOTS




2.
2.0




Jika persamaan fungsi
2.1-1
dapat digambarkan seperti grafik di atas, maka persamaan tersebut adalah …



2.2




Jawaban: D




Penyelesaian:



2.3


Melalui (3,0) dan (0,6)



2.4



Sehingga fungsi persamaan tersebut
2.5



Maka persamaan tersebut adalah
2.6



latihan soal pas




Topik : Pertidaksamaan (WAJIB)




Sub Topik : Pertidaksamaan Pangkat Tinggi




Tipe : HOTS




3.

3.0




Maka nilai
1.0
yang memenuhi adalah …



3.1




Jawaban: B




Penyelesaian:



3.2



Karena
3.3
tidak bisa difaktorkan,
3.4
, maka
3.5



definit positif, sehingga



3.6



Maka
3.7





latihan soal pas



Topik : Persamaan Kuadrat (WAJIB)




Sub Topik : Jenis-jenis Akar Persamaan Kuadrat




Tipe : MOTS




4.
4.0


mempunyai akar kembar, maka

4.1
…….



4.2




Jawaban: B




Penyelesaian:



4.3


4.4



4.5



Sehingga



4.7



latihan soal pas




Topik : Fungsi Kuadrat (WAJIB)




Sub Topik : Grafik Fungsi Kuadrat




Tipe : LOTS




5. Berdasarkan fungsi kuadrat

5.0

maka pernyataan yang benar adalah …



5.1






Jawaban: E




Penyelesaian:



Rumus umum :



Sehingga



5.3



Maka pernyataan yang sepertinya benar adalah
5.4



latihan soal pas




FISIKA




Topik : Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah




Subtopik Prosedur Ilmiah




Level kognitif : C5 (HOTS)




1. Anak kelas X sedang melakukan praktikum mengenai pengukuran periode suatu bandul. Prosedur praktikum yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh panjang tali terhadap periode ayunan bandul yang bergerak harmonis. Variabel bebas pada praktikum tersebut adalah ….



A. Ayunan bandul



B. Panjang tali



C. Periode



D. Simpangan



E. Frekuensi




Jawaban: B




Pembahasan:



Hipotesis pada suatu prosedur ilmiah dibangun oleh peneliti berdasarkan pendapatnya terhadap suatu variabel yang dapat diamati. Secara sederhana, variabel dapat dibagi menjadi dua, yaitu variabel bebas dan variabel terikat.



Variabel bebas adalah variabel yang memengaruhi sedangkan variabel bebas adalah variabel yang terpengaruh. Pada praktikum dalam soal, variabel yang memengaruhi hasil penelitian adalah panjang tali bandul sedangkan variabel terikatnya adalah periode ayunan bandul.



latihan soal pas




Topik : Vektor




Subtopik : Menggambar Vektor




Level kognitif : C2 (MOTS)




2. Terdapat vektor A dan vektor B seperti dinyatakan dalam gambar berikut.





6-16019722



Penjumlahan kedua vektor di atas dapat digambarkan sebagai ….



A.
6.2



B.
6.3



C.
6.4



D.
6.5



E.
6.6




Jawaban: C




Pembahasan:



Penjumlahan vektor dapat digambarkan dengan meletakkan pangkal vektor

B

ke ujung vektor

A

tanpa mengubah arah keduanya, lalu menarik garis dari pangkal vektor

A

ke ujung vektor

B

. dengan demikian, gambar resultan kedua vektor yang benar adalah gambar pada opsi C.



latihan soal pas




Topik : Vektor untuk Fisika (1)




Subtopik : Perkalian Titik pada Usaha




Level kognitif : C2 (MOTS)




3. Sebuah benda diberi gaya
7.0
N sehingga berpindah sejauh
7.1
meter. Besar usaha yang dikerjakan pada benda tersebut adalah ….



A. -36 J



B. -18 J



C. 18 J



D. 36 J



E. 54 J




Jawaban: C


Pembahasan:

Diketahui:



7.3



Besar usaha yang dikerjakan pada benda tersebut dapat diketahui dengan



7.4
7.5



*Perkalian antara komponen vektor yang berbeda tidak diikutsertakan karena sudah jelas akan menghasilkan nol.



latihan soal pas




Topik: Gerak Parabola




Subtopik: Koordinat Jarak Maksimum




Level Kognitif: C3 (MOTS)




4. Dina melempar sebuah bola dari atas gedung setinggi 20 m dengan kelajuan awal 30 m/s dan sudut elevasi


30

o

. Waktu yang dibutuhkan bola untuk sampai ke tanah adalah ….



A. 1 s



B. 2 s



C. 3 s



D. 4 s



E. 6 s




Jawaban: D




Pembahasan:

Diketahui:





8.1


Waktu yang diperlukan bola untuk menyentuh tanah dapat diketahui dengan



8.2



Waktu harus bernilai positif, maka nilai t yang tepat adalah 4 sekon.



latihan soal pas




Topik: Gerak Melingkar Beraturan




Subtopik: Konsep GMB




Level Kognitif: C4 (HOTS)




5. Ketika liburan sekolah, Nana dan keluarganya berlibur ke Kalimantan Barat, tepatnya di Kota Pontianak. sementara itu teman dekat Nana, Dina, berlibur ke benua Australia. Dina berada di kota A yang berada pada koordinat 30

o

LS. Jika jari-jari bumi 6.371 km dan bumi berotasi 23 jam 56 menit, perbandingan kecepatan linear bumi yang dialami oleh Nana dan Dina adalah ….



9.0




Jawaban: E




Pembaahasan:



Nana dan Dina berada di permukaan bumi yang bukan ujung kutub, maka keduanya berputar mengikuti arah rotasi bumi dengan kecepatan sudut yang sama dengan kecepatan sudut rotasi bumi. Nana berada pada lintang nol (Pontianak berada tepat pada khatulistiwa, maka jarak Nana ke poros bumi adalah
9.4
km. Dina berada di kota A yang berada pada koordinat 30

o

LS, maka jarak Dina dari poros bumi adalah



9.1



Karena Nana dan Dina berputar pada poros yang sama
9.2
, maka perbandingan kecepatan linear keduanya dapat diketahui dengan



9.3



latihan soal separator pas




KIMIA




Topik


: Ilmu Kimia dan Ruang Lingkupnya




Subtopik


: Materi dan Klasifikasinya




Level Kognitif


: C1 (LOTS)




1. Berdasarkan wujudnya, materi dibagi menjadi tiga, yaitu gas, cair dan padat. Perbedaan paling mendasar antara ketiga fasa itu adalah ….



A. bentuk dan ukurannya



B. massa jenis dan bentuknya



C. jarak antar partikelnya



D. jenis zat penyusunnya



E. bentuk dan wujudnya




Jawaban: C




Pembahasan:



Perbedaan antara gas, zat cair dan zat padat:



11.1



Perbedaan utama antara gas, zat cair, dan zat padat adalah jarak antar partikelnya.



latihan soal pas




Topik


: Struktur Atom dan Tabel Periodik




Subtopik


: Konfigurasi Elektron dan Bentuk Orbital




Level Kognitif


: C3 (MOTS)




2. Perhatikan pernyataan berikut ini:



P 1s

2

2s

2

2p

2



Q 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

3



R 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

3d

1

4s

2



S 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

3d

10

4s

2

4p

3



Unsur yang terletak pada golongan yang sama adalah ….



A. P dan Q



B. P dan R



C. Q dan S



D. P dan S



E. R dan S




Jawaban: C




Pembahasan:



Unsur yang terletak pada golongan yang sama adalah unsur yang memiliki elektron valensi yang sama, yaitu unsur Q dan S, yang sama – sama memiliki elektron valensi yang sama yaitu empat.



latihan soal pas




Topik


: Ikatan Kimia, Bentuk Molekul dan Interaksi AntarMolekul




Subtopik


: Kovalen Polar dan Nonpolar




Level Kognitif


: C2 (MOTS)




3. Selain unsur yang berada dalam golongan gas mulia, unsur harus berikatan dengan unsur lain agar tercapai kestabilan. Salah satu ikatan yang terjadi adalah ikatan kovalen polar yaitu ….



A. ikatan kovalen yang terbentuk ketika elektron sekutu atom tidak benar – benar dipakai



B. terjadi jika adanya penggunaan pasangan elektron secara bersama – sama oleh atom – atom yang berikatan



C. ikatan kovalen yang terbentuk ketika atom membagikan elektronnya setara (sama)



D. ikatan kimia yang menggunakan pasangan elektron bersama yang berasal dari salah satu atom



E. ikatan yang terbentuk karena adanya serah terima elektron




Jawaban: A




Pembahasan:



Ikatan kovalen terbentuk karena ketika elektron sekutu atom tidak benar – benar dipakai. Hal ini terjadi ketika atom mempunyai elektronegativitas yang lebih tinggi mempunyai tarikan elektron yang lebih kuat. Akibatnya elektron sekutu lebih dekat ke atom yang mempunyai elektronegativitas tinggi.



latihan soal pas




Topik


: Ikatan Kimia, Bentuk Molekul dan Interaksi Antar Molekul




Subtopik


: Ikatan Ion dan Kovalen




Level Kognitif


: C3 (MOTS)




4. Unsur dengan nomor atom 7 dapat membentuk ikatan ion dengan unsur bernomor atom ….



A. 83



B. 36



C. 53



D. 38



E. 15




Jawaban: D




Pembahasan:



Konfigurasi elektron : 1s

2

2s

2

2p

3

berada pada golongan VA, merupakan non-logam.



Ikatan ion adalah ikatan yang terjadi antara logam dan non-logam.



15 : 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

3

(Golongan VA = Non-logam)



34 : 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

4s

2

3d

10

4p

4

(Golongan VIA = non-logam)



38 : 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

4s

2

3d

10

4p

6

5s

2

(Golongan IIA = Logam)



53 : 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

4s

2

3d

10

4p

6

5s

2

4d

10

5p

5

(Golongan VIIA = non-logam)



83 : 1s

2

2s

2

2p

6

3s

2

3p

6

4s

2

3d

10

4p

6

5s

2

4d

10

5p

6

6s

2

4f

14

5d

10

6p

3

(Golongan VA = Non-logam).



Jadi yang merupakan ikatan ion adalah unsur dengan nomor atom 17 dengan unsur nomor atom 38.



latihan soal pas




Topik


: Elektrolit dan Non Elektrolit




Subtopik


: Pendahuluan Elektrolit dan Non Elektrolit




Level Kognitif


: C4 (HOTS)




5. Diketahui data hasil pengujian daya hantar listrik berbagai zat dalam tiga wujudnya sebagai berikut:



12.1



Elektrolit yang merupakan senyawa kovalen polar adalah ….



A. A dan B



B. B dan D



C. A dan C



D. hanya C



E. hanya A




Jawaban: B




Pembahasan



Senyawa kovalen polar dapat menghantarkan listrik (konduktor) dalam wujud larutan saja. Jadi, yang merupakan senyawa kovalen polar adalah B dan D.



latihan soal pas




BIOLOGI




Topik : Keanekaragaman hayati




Subtopik : Mengenal keanekaragaman hayati




Level : MOTS




1. Perhatikan data – data dibawah ini !




  1. Ikan koi bercorak putih dan ikan koi bercorak merah


  2. Mawar merah, mawar putih dan mawar hitam


  3. Rumput, padi dan jagung


  4. Kelapa, aren dan sawit


  5. Ayam, merpati, dan burung unta



Contoh keanekaragaman hayati tingkat spesies ditunjukkan oleh nomor ….



A. 1, 2 dan 3



B. 3, 4 dan 5



C. 1, 3 dan 5



D. 2, 4 dan 5



E. 2, 3 dan 5




Jawaban


: B


Pembahasan


:



Keanekaragaman hayati tingkat spesies/jenis adalah variasi yang dapat ditemukan pada komunitas atau kelompok berbagai spesies yang hidup disuatu tempat. Contoh keanekaragaman hayati tingkat jenis adalah




  • Keanekaragaman hayati pada spesies famili graminae seperti rumput, padi dan jagung


  • Keanekaragaman hayati pada kelompok palem-paleman seperti kelapa, aren, sawit dan kelapa


  • Keanekaragaman hayati pada spesies golongan aves seperti ayam, merpati, kalkun dan burung unta


  • Keanekaragaman hayati pada famili felidae seperti singa, harimau dan jaguar



Dengan demikian jawaban adalah B.



latihan soal pas




Topik : Klasifikasi makhluk hidup




Subtopik : Perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup




Level : LOTS




2. Perhatikan pernyataan dibawah ini !




  1. Bersifat eukariotik


  2. Bersifat prokariotik


  3. Sebagian besar uniseluler namun ada juga yang multiseluler


  4. Memiliki benang yang disebut hifa



Yang termasuk kedalam ciri-ciri kingdom protista adalah ….



A. 1, 2 dan 3
B. 1 dan 3
C. 2 dan 4
D. 4 saja
E. 1, 2, 3 dan 4




Jawaban


: B




Pembahasan:



Ciri-ciri umum dari kingdom protista adalah bersifat eukariotik atau memiliki membran inti sel dan sebagian besar uniseluler namun ada juga yang multiseluler. Dengan demikian jawaban adalah B karena bersifat prokariotik atau tidak memiliki membran inti sel adalah ciri dari kingdom monera dan memiliki benang berupa hifa adalah ciri-ciri dari kingdom fungi. Dengan demikian jawaban adalah B.



latihan soal pas




Topik : Bacteria dan archaebacteria




Subtopik : Klasifikasi bakteri




Level : LOTS




3. Perhatikan persamaan reaksi kimia dibawah ini!



4FeCO3 + O2 + 6H2O → 4Fe(OH)3 + 4CO2 + energi



Bakteri dibawah ini yang berperan dalam reaksi kimia diatas adalah….





  1. Rhodopseudomonas

    dan

    Rhodospirillum




  2. Nitrobacter




  3. Thiobacillus


    thiooxidans




  4. Cladothrix

    dan

    Leptothrix




  5. Nitrosomonas

    dan

    Nitrosococcus





Jawaban


: D


Pembahasan


:



Pada reaksi kimia tersebut dapat kita lihat bahwa adanya oksidasi ion ferro (Fe

2+

) menjadi ion ferri (Fe

3+

). Bakteri yang dapat mengoksidasi ion besi adalah

Cladothrix

dan

Leptothrix


ochracea

. Sedangkan bakteri

Nitrobacter

berperan dalam mengubah nitrit menjadi nitrat, bakteri

Nitrosomonas

dan

Nitrosococcus

berperan dalam mengubah amonia menjadi nitrit , bakteri

Thiobacillus


thiooxidans

berperan dalam mengubah sulfur menjadi sulfat. Dengan demikian jawabannya adalah D.



latihan soal pas




Topik : Kingdom protista




Subtopik : Protista mirip jamur




Level : HOTS




4. Daniel menemukan sebuah organisme dengan ciri-ciri yaitu memiliki hifa yang tidak bersekat, memiliki dinding sel yang tersusun atas selulosa, habitatnya di air, hidup secara saprofit, dan dapat melakukan reproduksi secara vegetatif dengan zoospora dan secara generatif dengan oogami. Organisme tersebut adalah … dan termasuk kedalam jenis ….





  1. Physarum

    sp., oomycota



  2. Dyctiostelium

    sp. myxomycota



  3. Saprolegnia

    sp., oomycota



  4. Volvariella volvacea,

    myxomycota



  5. Gracillaria

    sp., oomycota




Jawaban


: C


Pembahasan


:



Organisme yang diamati oleh Daniel adalah

Saprolegnia

sp. masuk ke dalam divisi oomycota (jamur air). Jamur air memiliki dinding sel terbuat dari selulosa, yang berbeda dengan dinding sel jamur sejati (Fungi) yang terbuat dari polisakarida yang disebut kitin.

Saprolegnia

sp. merupakan cendawan berfilamen, organisme tidak bersekat (

koenositik

) yang hidup pada habitat air tawar dan untuk mendapatkan makanan mereka hidup secara saprofit atau parasit. Jamur ini berkembang biak secara aseksual (vegetatif) dan juga secara seksual (generatif). Reproduksi aseksual Oomycota yang hidup di air dengan menghasilkan spora berflagel yang disebut zoospora sedangkan yang hidup di darat dengan sporangium dan konidium. Sementara itu, reproduksi seksualnya dengan cara oogami. Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.



latihan soal pas




Topik : Fungi




Subtopik : Pengelompokkan jamur




Level : LOTS




5. Beberapa jamur belum diketahui cara reproduksinya secara generatif sehingga dimasukkan ke dalam kelompok ….




  1. Ascomycota


  2. Basidiomycota


  3. Deuteromycota


  4. Myxomycota


  5. Oomycota




Jawaban


: C


Pembahasan


:



Kingdom fungi dibagi menjadi empat divisi berdasarkan cara reproduksi secara generatif (seksual),yaitu




  1. Zygomycota (menghasilkan zigospora),


  2. Ascomycota (menghasilkan askospora),


  3. Basidiomycota (menghasilkan basidiospora),


  4. Deuteromycota (belum diketahui cara reproduksi seksualnya).



Dengan demikian jawaban yang tepat adalah ​C.



latihan soal pas



Gimana? Apa kamu merasa familiar dengan soal-soal yang dipertanyakan? Kalau iya, berarti kamu sudah cukup memahami materi yang diajarkan oleh guru di dalam kelas. Atau kamu justru asing dengan soal-soal tadi? Wah, kalau begitu, berarti kamu masih
harus banyak belajar
lagi nih.



Supaya kamu bisa memahami materi pelajaran dengan lebih mudah, kamu bisa belajar dengan melihat seberapa -berfungsinya teori pada kehidupan sehari-hari. Materi-materi pelajaran kontekstual seperti itu, bisa kamu dapatkan di
ruangbelajar
. Dengan video belajar yang dikemas dengan sangat menarik, juga latihan-latihan soal yang beragam, kamu akan dapat menguasai bahkan memahami materi yang diajarkan. Jadi, jangan lupa belajar ya, di mana saja, dan kapan saja.



LihatTutupKomentar