Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA IPA Semester Ganjil 2023 & Pembahasannya



Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA IPA Semester Ganjil 2023 & Pembahasannya





Artikel ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 10 SMA IPA untuk semester ganjil tahun 2023, lengkap dengan pembahasannya.









MATEMATIKA



Topik:
Pertidaksamaan



Subtopik: Pertidaksamaan Irasional (Bentuk Akar)



Level: HOTS




1. Diketahui bahwa




  1. 1.
    1-Sep-13-2021-04-02-11-97-AM
    adalah himpunan penyelesaian dari
    3-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM


  2. 2.
    2-Sep-13-2021-04-02-11-99-AM
    adalah himpunan penyelesaian dari
    4-Sep-13-2021-04-02-12-07-AM



Pernyataan berikut yang paling tepat mengenai
1-Sep-13-2021-04-02-11-97-AM
dan
2-Sep-13-2021-04-02-11-99-AM
adalah …



5-Sep-13-2021-04-02-12-10-AM




Kunci Jawaban: E




Pembahasan:



Untuk menentukan pernyataan pada pilihan jawaban yang mana yang bernilai benar, perhatikan langkah-langkah berikut.




Langkah pertama



Menentukan himpunan penyelesaian dari
3-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM



Perhatikan pertidaksamaan
3-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM
!



Pada bentuk
6-Sep-13-2021-04-02-12-19-AM
ingat syarat pada bentuk akar.



Jika terdapat
7-Sep-13-2021-04-02-12-19-AM



Oleh karena itu, diperoleh perhitungan berikut.



8-Sep-13-2021-04-02-12-23-AM



Didapat bahwa
9-Sep-13-2021-04-02-11-98-AM
artinya

x

juga bernilai positif.



Karena

x

dan 7

x

-10 sama-sama bernilai positif, maka diperoleh perhitungan berikut.



10-Sep-13-2021-04-02-12-01-AM



Didapat garis bilangan sebagai berikut.



11-Sep-13-2021-04-02-12-10-AM



Ingat
1-Sep-13-2021-04-02-11-97-AM
adalah himpunan penyelesaian dari
3-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM



Dengan demikian, diperoleh
12-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM




Langkah kedua



Menentukan himpunan penyelesaian dari
4-Sep-13-2021-04-02-12-07-AM



Perhatikan
4-Sep-13-2021-04-02-12-07-AM
.



Pada bentuk
13-Sep-13-2021-04-02-12-03-AM
ingat syarat pada bentuk akar.



Jika terdapat
7-Sep-13-2021-04-02-12-19-AM



14-Sep-13-2021-04-02-12-07-AM



Karena
15-Sep-13-2021-04-02-12-09-AM



Akibatnya,
16-Sep-13-2021-04-02-12-13-AM
juga bernilai positif.



Karena
17-Sep-13-2021-04-02-12-25-AM
sama-sama bernilai positif, maka diperoleh perhitungan berikut.



18-Sep-13-2021-04-02-12-29-AM



Didapat garis bilangan sebagai berikut.



19-Sep-13-2021-04-02-12-42-AM



Ingat  bahwa
2-Sep-13-2021-04-02-11-99-AM
adalah himpunan penyelesaian dari
4-Sep-13-2021-04-02-12-07-AM



Oleh karena itu, diperoleh
20-Sep-13-2021-04-02-12-33-AM




Langkah ketiga



Gabungkan garis bilangan dari himpunan penyelesaian dari kedua pertidaksamaan.



21-Sep-13-2021-04-11-08-71-AM



Dapat terlihat bahwa
22-Sep-13-2021-04-11-08-71-AM



Dengan demikian, pernyataan yang tepat adalah
22-Sep-13-2021-04-11-08-71-AM




Jadi, jawaban yang tepat adalah E.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Kuadrat



Subtopik: Pertidaksamaan Kuadrat



Level: Medium



2. Himpunan penyelesaian dari
23-Sep-13-2021-04-15-02-20-AM
adalah ….




24-Sep-13-2021-04-15-02-23-AM




Kunci Jawaban: C




Pembahasan:



Perhatikan pembilangnya, yaitu
25-Sep-13-2021-04-15-02-26-AM



Pembuat nolnya adalah sebagai berikut.



26-Sep-13-2021-04-15-02-27-AM



Selanjutnya, pembuat nol pada penyebutnya adalah sebagai berikut.



27-Sep-13-2021-04-15-02-23-AM



Karena penyebut tidak boleh nol, maka

x

≠-1 dan

x

≠1.



Oleh karena itu, didapat garis bilangan sebagai berikut.



Karena tanda pertidaksamaannya adalah >, maka pilih daerah yang nilainya positif atau nol. Oleh karena itu, didapatkan penyelesaian

x

<-1 atau 1<

x

<3 atau

x

>3.



Dengan demikian, himpunan penyelesaiannya adalah
30-Sep-13-2021-04-15-02-26-AM




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak



Subtopik: Persamaan Nilai Mutlak Linear I



Level: Hard



3. Himpunan nilai x yang memenuhi persamaan
31-Sep-13-2021-04-20-36-05-AM
adalah ….



32-Sep-13-2021-04-20-36-09-AM




Kunci Jawaban: A




Pembahasan:



Perhatikan bahwa terdapat nilai mutlak pada persamaan di soal.



Dengan menggunakan definisi nilai mutlak, didapat bentuk berikut.



33-Sep-13-2021-04-20-36-10-AM



dan



34-Sep-13-2021-04-20-36-82-AM



Oleh karena itu, penyelesaian dari persamaan pada soal akan dibagi ke dalam beberapa kasus, yaitu saat

x

<3, saat 3≤

x

<4, dan saat

x

≥4.



Untuk

x

<3, perhatikan bahwa
35-Sep-13-2021-04-20-36-12-AM
Oleh karena itu, didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



36-Sep-13-2021-04-20-36-15-AM



Karena

x

=2 memenuhi

x

<3, maka

x

=2

adalah solusi

.



Untuk 3≤

x

<4, perhatikan bahwa
37-Sep-13-2021-04-20-36-15-AM
Oleh karena itu, didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



38-Sep-13-2021-04-20-36-21-AM



Karena

x

=0 tidak memenuhi 3≤

x

<4, maka

x

=0

bukan solusi

.



Untuk

x

≥4, perhatikan bahwa
39-Sep-13-2021-04-20-36-22-AM
Oleh karena itu, didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



40-Sep-13-2021-04-20-36-99-AM



Karena
41-Sep-13-2021-04-20-36-25-AM
memenuhi

x

≥4, maka
41-Sep-13-2021-04-20-36-25-AM

adalah solusi

.



Dengan demikian, himpunan penyelesaian dari persamaan tersebut adalah
42-Sep-13-2021-04-20-36-25-AM




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik: Sistem Persamaan Linear



Subtopik: Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV)



Level: Medium




4. Diketahui sistem persamaan linear tiga variabel sebagai berikut.



43-Sep-13-2021-04-30-01-93-AM



Nilai dari

ab

+

bc

adalah ….



44-Sep-13-2021-04-30-02-04-AM




Kunci Jawaban: C




Pembahasan:



Dari soal di atas, dimisalkan
45-Sep-13-2021-04-30-02-04-AM
sehingga sistem persamaan di atas menjadi seperti berikut.



46-Sep-13-2021-04-30-01-95-AM



Kemudian, diubah persamaan (1) menjadi seperti berikut.



47-Sep-13-2021-04-30-02-06-AM



Substitusi
48-Sep-13-2021-04-30-02-01-AM
ke persamaan (2) sehingga didapat persamaan baru sebagai berikut.



49-Sep-13-2021-04-30-02-08-AM



Kemudian, substitusi
50-Sep-13-2021-04-30-02-06-AM
ke persamaan (3) sehingga didapat persamaan baru sebagai berikut.



51-Sep-13-2021-04-30-02-14-AM



Eliminasi variabel

z

melalui persamaan (4) dan (5) sehingga didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



52-Sep-13-2021-04-30-02-16-AM



Kemudian, substitusi
53-Sep-13-2021-04-30-02-12-AM
ke persamaan (4) sehingga didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



54-Sep-13-2021-04-30-02-12-AM



Selanjutnya, substitusi
55-Sep-13-2021-04-30-02-14-AM
ke persamaan (1) sehingga didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



56-Sep-13-2021-04-30-02-14-AM



Ingat bahwa

x, y,

dan

z

adalah permisalan, maka kembalikan ke bentuk

a, b

, dan

c

sehingga didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



57-Sep-13-2021-04-30-02-21-AM



Lalu



58-Sep-13-2021-04-30-02-18-AM



Dan



59-Sep-13-2021-04-30-02-18-AM



Dengan demikian, nilai

ab+bc

adalah sebagai berikut.



60-Sep-13-2021-04-30-02-90-AM




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Eksponen



Subtopik: Persamaan dan Pertidaksamaan Eksponen



Level: Medium



5. Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
61-Sep-13-2021-04-50-10-11-AM
adalah ….



62-Sep-13-2021-04-50-10-14-AM








Kunci Jawaban: B




Pembahasan:



Perhatikan perhitungan berikut!



63-Sep-13-2021-04-50-10-16-AM



Diberikan permisalan
64-Sep-13-2021-04-50-10-17-AM
maka pertidaksamaannya menjadi seperti berikut.



65-Sep-13-2021-04-50-10-22-AM



Oleh sebab itu, pembuat nolnya adalah

a

=-3 atau

a

=9.



Karena tanda pertidaksamaan <, maka dipilih daerah yang bertanda negatif -.



66-Sep-13-2021-04-50-10-30-AM



Dengan demikian, penyelesaian pertidaksamaannya adalah -3<

a

<9.



Substitusikan Kembali
67-Sep-13-2021-04-50-10-97-AM
maka diperoleh hasil sebagai berikut.



Untuk
68-Sep-13-2021-04-50-10-24-AM
(tidak ada penyelesaian).



Untuk

a

<9, diperoleh hasil perhitungan sebagai berikut.



69-Sep-13-2021-04-50-10-25-AM



Dengan demikian, himpunan penyelesaiannya adalah
70-4




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.



Baca Juga:
Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA IPA Semester Genap Tahun 2023





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak




Subtopik: Nilai Mutlak




Level Kognitif: MOTS



6.
Jika diketahui
Soal Fungsi
maka nilai dari
Soal Fungsi
adalah ….
a. 3
b. 8
c. 16
d. 32
e. 40




Kunci Jawaban: B




Pembahasan:



Ingat kembali sifat-sifat nilai mutlak berikut!



Pembahasan soal fungsi





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Fungsi, Persamaan, dan Pertidaksamaan Irasional (Bentuk akar)




Subtopik: Pertidaksamaan Irasional (Bentuk Akar)




Level Kognitif: MOTS



7.
Himpunan penyelesaian dari pertidaksamaan
Soal Matematika
adalah ….



Opsi Jawaban Pertidaksamaan




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:



Pembahasan Soal Pertidaksamaan



Pembahasan Pertidaksamaan



Pembahasan Pertidaksamaan





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




KIMIA




Topik:
Teori Atom




Subtopik: Teori dan Model Atom Bohr



1. Hal yang

tidak

dapat disimpulkan dari model atom Bohr adalah ….
a. elektron mengelilingi inti dalam gerak yang acak
b. atom memiliki level energi tertentu
c. muatan positif terkonsentrasi pada pusat atom
d. terdapat ruang kosong pada atom
e. elektron melepaskan energi saat berpindah dari satu kulit ke kulit yang lebih dalam




Kunci Jawaban: A



Pembahasan:



Model atom Bohr, yaitu sebagai berikut.



71-2



Model atom Bohr masih mengadopsi beberapa konsep atom Rutherford. Konsep tersebut di antaranya terdapatnya ruang kosong pada atom serta muatan positif yang terpusat pada inti. Bohr menambahkan tentang level energi pada atom yang digambarkan sebagai kulit atom. Ketika elektron berpindah ke kulit yang lebih dalam, terjadi pelepasan energi.

Gerak elektron masih terbatas

pada gerak dalam orbit dan antarorbit.




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Struktur Atom




Subtopik: Isobar, Isoton, dan Isoelektron




2. Perhatikan tabel berikut!



72-2



Pasangan unsur yang merupakan isobar adalah ….
a. A dan B
b. A dan C
c. B dan C
d. B dan D
e. A dan D



Kunci Jawaban: C



Pembahasan:



Isobar adalah pasangan unsur yang memiliki nomor massa yang sama. Nomor massa dapat dihitung sebagai berikut.



73-2



Pasangan unsur yang merupakan isobar adalah

B dan C

karena memiliki nomor massa yang sama, yaitu 30.




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik:
Konfigurasi Elektron
& Bilangan Kuantum




Subtopik: Konfigurasi Aufbau




3. Perhatikan ciri-ciri unsur berikut!




  1. 1. Terletak pada periode 4


  2. 2. Mempunyai 4 elektron tidak berpasangan


  3. 3. Mempunyai nomor atom 26


  4. 4. Termasuk pada golongan VIIIB



Ciri-ciri yang benar terkait unsur dengan konfigurasi elektron



74-2



adalah …
a. 1, 2, dan 3 SAJA yang benar.
b. 1 dan 3 SAJA yang benar.
c. 2 dan 4 SAJA yang benar.
d. HANYA 4 yang benar.
e. SEMUA pilihan benar.



Kunci Jawaban: E



Pembahasan:



Konfigurasi elektron dari unsur tersebut, yaitu sebagai berikut.



74-2



Jumlah elektronnya, yaitu = 2 + 2 + 6 + 2 + 6 + 6 + 2 = 26.



Pada atom netral, nomor atom sama dengan jumlah elektron. Oleh karena itu, unsur tersebut memiliki nomor atom 26.

(Ciri nomor 3 benar)



Letak golongan ditentukan dari jumlah elektron valensi. Sesuai aturan Aufbau, pengisian elektron dilakukan pada subkulit 4s terlebih dahulu 3d, kemudian . Pada unsur tersebut, elektron berakhir di
75-2
subkulit . Oleh karena itu, jumlah elektron valensinya adalah 2 + 6 = VIIIB.

(Ciri nomor 4 benar)



Periode ditentukan dari nomor kulit terbesar yang dimiliki oleh suatu unsur. Nomor kulit terbesar dari unsur tersebut adalah 4 sehingga unsur terletak pada periode 4.

(Ciri nomor 4 benar)



Berikut ini diagram orbital dari elektron valensi tersebut.



76-2



Dari diagram orbital di atas, ada 4 elektron tidak berpasangan. Orbital lebih dalam tidak perlu dicek karena dipastikan terisi penuh sebelum elektron mengisi posisi valensi. Oleh karena itu, ciri-ciri yang benar adalah nomor

1, 2, 3, dan 4 atau semua pilihan benar

.




Jadi, jawaban yang tepat adalah E.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik:
Sistem Periodik Unsur




Subtopik: Unsur Golongan Utama (A)




4. Perhatikan tabel lambang unsur dan nomor atom berikut!



77-2



Pasangan unsur yang terdapat dalam blok s dan f secara berurutan pada sistem periodik adalah ….
a. P dan S
b. R dan Q
c. Q dan S
d. R dan T
e. P dan T



Kunci Jawaban: D



Pembahasan:



Pada atom netral, nomor atom sama dengan jumlah elektron. Berikut ini konfigurasi elektron unsur P, Q, R, S, dan T.



78-2



Unsur yang berada dalam blok s dan f secara berurutan, yaitu

R dan T

. Unsur P berada dalam blok d, sedangkan unsur Q dan S berada dalam blok p.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Ikatan Kimia dan
Bentuk Molekul




Subtopik: Ikatan Kovalen



5. Senyawa berikut ini yang tersusun dari kation poliatomik dan anion poliatomik adalah ….



79-2



Kunci Jawaban: B



Pembahasan:



80-4
tersusun dari ion
81-2
(kation poliatomik) dan ion
82-2
(anion poliatomik). Pada ion
81-2
, terdapat 3 ikatan kovalen dan 1 ikatan kovalen koordinasi. Pada ion
82-2
, atom O dan H berikatan secara kovalen, sedangkan muatan dari molekul ini adalah -1.



Saat
81-2
berikatan dengan ion
82-2
, ikatan antara kedua ion yang terbentuk adalah ikatan ionik meski tidak ada logam yang menyusun senyawa. Struktur masing-masing ion, yaitu sebagai berikut.



83-2




Jadi, jawaban yang benar adalah B.



Baca Juga:
Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA IPA Semester Ganjil 2022





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Teori Atom




Subtopik: Teori dan Model Atom Dalton




Level Kognitif: LOTS



6.

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!




  1. 1. Atom berbentuk bulat, padat, dan tidak bisa dibagi.


  2. 2. Setiap atom dari unsur yang berbeda memiliki massa dan sifat yang berbeda.


  3. 3. Setiap atom dapat bergabung membentuk senyawa melalui reaksi kimia.


  4. 4. Atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.



Pernyataan-pernyataan tersebut merupakan teori atom menurut ….
a. Demokritus
b. Dalton
c. Chadwick
d. Rutherford
e. Thomson




Kunci Jawaban: B




Pembahasan:



Teori atom menurut Dalton adalah sebagai berikut.







Atom berbentuk bulat, padat, dan tidak bisa dibagi.



Setiap materi yang wujudnya padat, cair, atau gas tersusun dari atom yang bentuknya bulat dan padat seperti bola pejal. Atom ini tidak dapat dibagi lagi atau dihancurkan karena atom merupakan partikel terkecil penyusun materi.




– Setiap atom dari unsur yang berbeda memiliki massa dan sifat yang berbeda.



Setiap atom yang berasal dari unsur berbeda akan memiliki massa dan sifat yang berbeda juga. Misalnya, atom Na dan atom Cl pada senyawa NaCl masing-masing memiliki massa dan sifat yang berbeda.




– Setiap atom dapat bergabung membentuk senyawa melalui reaksi kimia.



Setiap atom dapat bergabung membentuk senyawa dengan perbandingan tertentu melalui reaksi kimia. Misalnya, atom C (karbon) dan atom O (oksigen) dapat bergabung membentuk senyawa
(karbon dioksida).




– Atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan.



Atom tidak dapat diciptakan dan dimusnahkan melalui reaksi kimia. Atom suatu unsur juga tidak dapat diubah menjadi atom unsur lain.




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




FISIKA



Topik: Hakikat Fisika dan Prosedur Ilmiah



Subtopik: Hakikat Fisika



Level: MOTS



1. Berikut ini yang termasuk peran fisika di bidang medis dan pengobatan adalah …
a. Penggunaan sinar laser pada penderita batu ginjal.
b. Penggunaan

fiber optic

untuk jaringan internet.
c. Penggunaan

Global Positioning System (GPS)

.
d. Penggunaan mobil listrik.
e. Pembangunan jembatan untuk menghubungkan pulau yang terpisah.



Jawaban: A



Pembahasan:




  • – Penggunaan sinar laser pada penderita batu ginjal (bidang medis dan pengobatan)


  • – Penggunaan

    fiber optic

    untuk jaringan internet (bidang teknologi)


  • – Penggunaan

    Global Positioning System (GPS)

    (bidang teknologi)


  • – Penggunaan mobil listrik (bidang teknologi)


  • – Pembangunan jembatan untuk menghubungkan pulau yang terpisah (bidang pembangunan/konstruksi)




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik:
Besaran dan Satuan



Subtopik: Pengukuran



Level: HOTS



2. Suatu benda berbentuk tabung diukur panjangnya dengan jangka sorong dan diameternya diukur dengan mikrometer sekrup, hasil pengukuran panjang dan diameternya sebagai berikut:



84-2



Volume tabung tersebut sebesar ….



85-3



Jawaban: A



Pembahasan:




– Hasil pengukuran panjang dengan jangka sorong:



Hasil pengukuran =

t

= skala utama + skala nonius (jarum yang berhimpit)



Hasil pengukuran =

t

= 10,00 cm + 0,02 cm = 10,02 cm = 100,2 mm




– Hasil pengukuran diameter dengan mikrometer sekrup:



Hasil pengukuran =

d

= skala utama + skala nonius



Hasil pengukuran =

d

= 3,5 mm + 0,27 mm = 3,77 mm



Jari-jari tabung:



86-3



Maka, volume benda tersebut dapat dihitung sebagai berikut:



87-3




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik:
Gerak Lurus



Subtopik:
Gerak Lurus Beraturan dan
Gerak Vertikal



Level: HOTS



3. Pemain akrobat melompat ke bawah dengan menggunakan sepeda motor dari sebuah gedung yang tingginya 45 m. Sejauh 60 m dari dasar gedung tersebut terdapat danau. Pemain akrobat harus mendarat di danau supaya tidak terluka parah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s

2

, kecepatan minimum sepeda motor pemain akrobat adalah ….

a. 10 m/s

b. 15 m/s

c. 20 m/s

d. 25 m/s

e. 30 m/s



Jawaban: C



Pembahasan:



88-2



Tinjau gerak sepeda motor sepanjang sumbu vertikal:



89-1



Tinjau gerak sepeda motor sepanjang arah horizontal:



90-1




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik: Gerak Lurus



Subtopik: Gerak Lurus Berubah Beraturan



Level: LOTS



4. Sebuah bola dijatuhkan dari atap gedung setinggi 20 m di atas tanah. Jika percepatan gravitasi 10 m/s2, kelajuan bola setelah jatuh selama 2 s adalah ….
a. 2 m/s

b. 5 m/s

c. 10 m/s

d. 20 m/s

e. 25 m/s



Jawaban: D



Pembahasan:



Diketahui:



91-1



Ditanya:
92-1



Untuk menghitung kecepatan setelah 2 s kita bisa gunakan rumus dari GLBB berikut ini:



93-1




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Topik:
Vektor



Subtopik: Aplikasi Vektor



Level: HOTS



5. Sebuah perahu menyeberangi sungai yang lebarnya 240 m dan kecepatan airnya 8 m/s. Jika perahu diarahkan menyilang tegak lurus dengan kecepatan 6 m/s, panjang lintasan yang ditempuh perahu hingga sampai ke seberang sungai adalah ….

a. 200 m

b. 400 m

c. 600 m

d. 800 m

e. 1.000 m



Jawaban: B



Pembahasan:



Diketahui:



94-1



Ditanya: panjang lintasan untuk menyebrang (

x

) ?



Jawab:



Mencari resultan vektor dari kecepatan



95-1



Untuk mendapatkan jarak saat kecepatan 6 m/s , dapat menggunakan perbandingan sebagai berikut :



96-1




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Besaran dan Satuan




Subtopik: Dimensi




Level Kognitif: HOTS



6.
Persamaan gaya gravitasi Newton dapat ditulis dalam persamaan:



Gaya Fisika



Soal Fisika Gaya




Jawaban: C




Pembahasan

:



Persamaan gaya gravitasi Newton:



Persamaan Gaya Gravitasi Newton



Satuan dan dimensi dari massa, panjang, dan waktu adalah sebagai berikut.



Satuan Gaya Newton





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Vektor




Subtopik: Notasi dan Komponen Vektor




Level Kognitif: MOTS



7.
Sebuah vektor dituliskan dalam persamaan
Vektor
Besar dan arah resultan vektornya adalah ….



Pilihan Jawaban Vektor




Jawaban: E




Pembahasan

:



Pembahasan Vektor





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




BIOLOGI




Topik


: Ruang Lingkup Biologi




Subtopik


: Tingkat Organisasi Kehidupan




Konsep


: Tingkat organisasi kehidupan sel




Level


: Medium



1. Pada tahun 1996, Ian Wilmut melakukan percobaan kloning dengan memfusikan nukleus sel kelenjar susu domba Finn Dorsel dengan sel telur domba

Blackface

yang sudah dihilangkan nukleusnya. Selanjutnya, hasil pengkloningan ini menghasilkan domba yang diberi nama Dolly.



Tingkat organisasi kehidupan yang dipelajari pada proses pengkloningan adalah

….

a. sistem organ

b. organ
c. jaringan
d. sel
e. molekul




Jawaban:

D




Pembahasan

:



Pembuatan domba Dolly dilakukan dengan teknik transfer inti sel somatik, yaitu teknik

in vitro

untuk menghasilkan embrio hidup dari gabungan inti sel somatik (sel tubuh) dengan sel telur. Oleh karena teknik tersebut melibatkan penggunaan sel somatik maupun sel telur, tingkat organisasi kehidupan yang dipelajari adalah sel. Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil dari makhluk hidup.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.








Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik


: Ruang Lingkup Biologi




Subtopik


:
Cabang Ilmu Biologi




Konsep


: Botani




Level


: HOTS



2. Sekelompok peneliti melakukan eksplorasi ke suatu tempat yang masih jarang dijamah oleh manusia. Peneliti tersebut mencoba memetakan spesies-spesies yang mereka temui baik hewan maupun tumbuhan. Setelah mengidentifikasi spesies-spesies yang mereka temui, ternyata ditemukan lima spesies tumbuhan dan dua spesies serangga baru. Berdasarkan informasi tersebut, cabang ilmu biologi yang diterapkan oleh peneliti-peneliti tersebut adalah ….
a. taksonomi dan botani
b. taksonomi dan zoologi
c. genetika dan botani
d. botani dan zoologi
e. botani dan palaentologi




Jawaban:

D




Pembahasan

:



Cabang ilmu biologi yang mempelajari tentang tumbuhan adalah botani sedangkan yang mempelajari tentang hewan adalah zoologi. Bidang ilmu botani mempelajari struktur morfologi dan pengklasifikasian tumbuhan, begitu juga zoologi mempelajari struktur morfologi dan pengklasifikasian hewan. Paleontologi mempelajari tentang kehidupan hewan dan tumbuhan zaman lampau yang telah menjadi fosil, genetika mempelajari tentang cara penurunan sifat makhluk hidup kepada keturunannya, dan fisiologi mempelajari fungsi alat-alat tubuh makhluk hidup.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.








Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik


:
Keanekaragaman Hayati




Subtopik


: Keanekaragaman Hayati Dunia




Konsep


: Hutan hujan tropis




Level


: Medium




3. Perhatikan ciri-ciri dibawah ini!




  1. 1. Kelembapan rendah karena curah hujan tinggi


  2. 2. Didominasi oleh tumbuhan herba dan perdu


  3. 3. Kelembapan tinggi karena curah hujan tinggi


  4. 4. Didominasi oleh pohon yang tinggi dan berdaun lebat


  5. 5. Jenis tanaman beragam


  6. 6. Tanah lembab sepanjang tahun




Ciri-ciri hutan hujan tropis ditunjukkan oleh nomor ….

a. 1, 2, 3, 4

b. 3, 4, 5, 6

c. 1, 3, 5, 6

d. 2, 4, 5, 6
e. 1, 2, 3, 6




Jawaban

:
B




Pembahasan

:



Ciri-ciri hutan hujan tropis adalah didominasi oleh pohon yang tinggi dan lebat karena terkena sinar matahari sepanjang tahun, memiliki kelembapan yang tinggi karena curah hujan tinggi, jenis tanaman beragam, tanah lembab sepanjang tahun, dan memiliki organisme yang beragam baik hewan, mikrooganisme, dan jamur.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.








Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik


:
Klasifikasi pada Makhluk Hidup




Subtopik


: Prinsip Klasifikasi Makhluk Hidup




Konsep


: Aturan binomial nomenklatur




Level


: Medium




4. Perhatikan gambar di bawah ini!



97-1



Penulisan nama ilmiah yang benar untuk tanaman di atas adalah ….

a. Eichhornia crassipes
b.

eichhornia crassipes


c.

Eichhornia crassipes


d. Eichhornia

Crassipes

e.

Eichhornia crassipes




Jawaban

: E




Pembahasan

:



Penulisan nama latin ilmiah pertama kali dicetuskan oleh

Carolus linnaeus

yang menggunakan sistem tata nama ganda atau binominal nomenklatur. Sistem tata nama binomial nomenklatur mengikuti beberapa kaidah, yaitu sebagai berikut:




  1. 1. Menggunakan bahasa latin atau bahasa lain yang dilatinkan.


  2. 2. Terdiri atas dua kata, di mana kata pertama merupakan nama genus, sedangkan kata kedua merupakan nama spesies yang spesifik.


  3. 3. Huruf pertama pada kata pertama ditulis dengan huruf besar (

    uppercase

    ), huruf selanjutnya ditulis dengan huruf kecil (

    lowercase

    ).


  4. 4. Nama genus dan nama spesies dicetak miring (

    italic

    ) atau digarisbawahi secara terpisah.


  5. 5. Nama atau singkatan nama deskriptor dapat dituliskan di belakang nama spesies, dengan huruf tegak dan tanpa garis bawah.




Gambar di atas merupakan tanaman eceng gondok yang memiliki nama latin

Eichhornia crassipes.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah E.








Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik


: Virus




Subtopik


:
Replikasi Virus




Konsep


: Perbedaan siklus litik dan lisogenik




Level


: Medium



5. Pengelompokkan virus menjadi virus bersampul dan virus telanjang adalah pengelompokkan virus berdasarkan ….
a. ada tidaknya sampul membran

b. jenis sel inang
c. jenis asam nukleat
d. bentuk kapsid

e. jumlah kapsomer




Jawaban

:
A




Pembahasan

:



Berdasarkan ada tidaknya sampul membran, virus dapat dibedakan menjadi dua yaitu virus bersampul atau virus berselubung dan virus telanjang. Virus bersampul atau berselubung merupakan virus yang memiliki sampul membran sedangkan virus telanjang merupakan virus yang tidak memiliki sampul membran.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A

.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA





Topik: Keanekaragaman Hayati




Subtopik: Perkembangan Klasifikasi Makhluk Hidup




Level Kognitif: LOTS



6. H. Whittaker pada tahun 1969 mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi beberapa kingdom, yaitu ….
a. Plantae dan Animalia
b. Protista, Plantae, dan Animalia
c. Monera, Protista, Plantae, dan Animalia
d. Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia
e. Archaebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:



Sistem klasifikasi makhluk hidup selalu mengalami perkembangan dari masa ke masa. Berikut ini adalah perkembangan sistem klasifikasi makhluk hidup yang pernah digunakan.




– Sistem klasifikasi dua kingdom.

Sistem ini dikemukakan oleh Carolus Linnaeus (1735) yang mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi dua kingdom, yaitu Animalia dan Plantae.




– Sistem klasifikasi tiga kingdom.

Sistem klasifikasi ini dikemukakan oleh Ernst Haeckel (1866) yang mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi tiga kingdom, yaitu Protista, Plantae, dan Animalia.




– Sistem klasifikasi empat kingdom.

Sistem ini dikemukakan oleh Herbert Copeland (1938) yang mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi empat kingdom, yaitu Monera, Protista , Plantae, dan Animalia.




– Sistem klasifikasi lima kingdom.

Sistem ini dikemukakan oleh

R.H Whittaker

(1969) yang mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu Monera, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.




– Sistem klasifikasi enam kingdom.

Sistem ini dikemukakan oleh Carl Woese (1977) yang mengklasifikasikan makhluk hidup menjadi lima kingdom, yaitu Archaebacteria, Eubacteria, Protista, Fungi, Plantae, dan Animalia.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.





Latihan Soal PTS Kelas 10 SMA




Mudah dipahami kan? Itulah tadi kumpulan latihan soal dan pembahasan yang bisa kamu pakai sebagai latihan untuk menghadapi PTS (Penilaian Tengah Semester) untuk kelas 10 SMA IPA Semester Ganjil 2023. Semoga berguna! Mau belajar lebih banyak materi dan latihan soal? Ada kok dalam bentuk video animasi. Kamu bisa tonton aja langsung di
ruangbelajar!



LihatTutupKomentar