Latihan Soal PTS Kelas 9 SMP Semester Ganjil 2023 & Pembahasannya



Latihan Soal PTS Kelas 8 SMP Semester Ganjil 2023 & Pembahasannya





Artikel ini berisi latihan soal PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 9 SMP untuk semester ganjil tahun 2023, lengkap dengan pembahasannya.











MATEMATIKA




Topik:

Bilangan Berpangkat (Eksponen)




Subtopik: Persamaan Bilangan Berpangkat I



1.  Nilai p dan q yang memenuhi persamaan
22-Sep-12-2021-01-39-02-75-PM
adalah ….



a. 11 dan 12
b. 12 dan 11
c. 13 dan 10
d. 10 dan 13




Jawaban: D




Pembahasan:



Ingat bahwa jika
23-Sep-12-2021-01-39-02-84-PM



Kemudian, ingat juga beberapa sifat dari bilangan berpangkat berikut.



24-Sep-12-2021-01-39-03-01-PM



Perhatikan perhitungan berikut.



25-Sep-12-2021-01-39-02-81-PM



Oleh karena itu, didapat

p

=10 dan

q

=13.



Dengan demikian, nilai

p

dan

q

yang memenuhi persamaan tersebut adalah 10 dan 13.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.











Topik:

Bentuk Akar




Subtopik: Aplikasi dan Latihan Soal Bentuk Akar



2. Diketahui sebuah persegi memiliki panjang diagonal
26-Sep-12-2021-01-42-14-12-PM
cm. Keliling persegi tersebut adalah … cm.



27-Sep-12-2021-01-42-14-18-PM




Jawaban: B




Pembahasan:



Dilakukan pemisalan panjang sisi persegi tersebut adalah

a

cm.



Ingat bahwa panjang diagonal persegi dapat ditentukan sebagai berikut.



28-Sep-12-2021-01-42-14-19-PM



Karena diketahui bahwa panjang diagonal persegi tersebut adalah
26-Sep-12-2021-01-42-14-12-PM
cm, maka didapat hasil perhitungan sebagai berikut.



29-Sep-12-2021-01-42-14-17-PM



Akibatnya, diperoleh panjang sisi persegi tersebut adalah
30-Sep-12-2021-01-42-14-16-PM
cm.



Selanjutnya, keliling persegi tersebut dapat dihitung sebagai berikut.



31-Sep-12-2021-01-42-14-16-PM



Dengan demikian, keliling persegi tersebut adalah
32-Sep-12-2021-01-42-14-18-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.











Topik:

Persamaan Kuadrat




Subtopik: Jumlah, Hasil Kali, dan Selisih Akar Persamaan Kuadrat



3. Jika jumlah akar-akar persamaan kuadrat
33-Sep-12-2021-01-46-46-43-PM
sama dengan hasil kali akar-akarnya, maka selisih positif dari akar-akar persamaan kuadrat tersebut adalah ….



34-Sep-12-2021-01-46-46-49-PM




Jawaban: A




Pembahasan:



35-Sep-12-2021-01-46-47-71-PM



36-Sep-12-2021-01-46-46-44-PM



dan



37-Sep-12-2021-01-46-46-47-PM



Diketahui bahwa jumlah akar-akar dan hasil kalinya adalah sama, maka dapat kita tuliskan sebagai berikut.



38-Sep-12-2021-01-46-46-51-PM



Didapatkan

p

=-1 sehingga persamaan kuadrat tersebut menjadi seperti berikut.



39-Sep-12-2021-01-46-46-52-PM



Dengan demikian, untuk selisih akar-akarnya dapat dihitung dengan perhitungan berikut.



40-Sep-12-2021-01-46-46-59-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.
















Topik:


Persamaan Kuadrat




Subtopik:
Menyusun Persamaan Kuadrat Baru



4. Persamaan kuadrat
41-Sep-12-2021-01-51-31-75-PM
memiliki akar-akar

p

dan

q

. Persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya
42-Sep-12-2021-01-51-31-84-PM
adalah ….



43-Sep-12-2021-01-51-31-76-PM




Jawaban: C




Pembahasan:



Ingat rumus umum persamaan kuadrat berikut!



44-Sep-12-2021-01-51-31-77-PM



Pada persamaan
41-Sep-12-2021-01-51-31-75-PM
didapat nilai

a

=2,

b

=4, dan

c

=-10.



Diketahui bahwa persamaan kuadrat tersebut memiliki akar-akar

p

dan

q

. Oleh karena itu, persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya
42-Sep-12-2021-01-51-31-84-PM
dapat ditentukan sebagai berikut.



46-Sep-12-2021-01-51-31-81-PM



Dengan demikian, persamaan kuadrat baru yang akar-akarnya
42-Sep-12-2021-01-51-31-84-PM
adalah
47-Sep-12-2021-01-51-31-83-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.











Topik:


Fungsi Kuadrat




Subtopik: Titik Puncak



5. Diketahui sumbu simetri grafik fungsi
48-Sep-12-2021-01-56-42-87-PM
adalah

x

=6. Jika

f

(0)=9 dan

f

(2)=15, maka nilai dari
49-Sep-12-2021-01-56-42-90-PM
adalah ….
a. -12
b. -9
c. 8
d. 12




Jawaban: A




Pembahasan:



Perhatikan bahwa sumbu simetri dari fungsi kuadrat
48-Sep-12-2021-01-56-42-87-PM
adalah

x

=6, maka diperoleh perhitungan berikut.



50-Sep-12-2021-01-56-42-92-PM



Diketahui

f

(0)=9, maka diperoleh nilai dari

c

.



51-Sep-12-2021-01-56-42-93-PM



Diketahui pula bahwa

f

(2)=15, sehingga diperoleh perhitungan berikut.



52-Sep-12-2021-01-56-42-95-PM



Substitusikan persamaan (1) ke persamaan (2), sehingga diperoleh nilai

a

.



53-Sep-12-2021-01-56-42-93-PM



Substitusikan nilai

a

ke persamaan (1), sehingga didapat nilai

b

.



54-Sep-12-2021-01-56-42-95-PM



Oleh karena itu, nilai dari
49-Sep-12-2021-01-56-42-90-PM
dapat ditentukan melalui perhitungan berikut.



55-Sep-12-2021-01-56-43-00-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.











Topik: Bilangan Berpangkat (Eksponen)




Subtopik: Persamaan Bilangan Berpangkat




Level Kognitif: Medium



6.
Jika diketahui persamaan bilangan berpangkat adalah
Bilangan berpangkat eksponen
maka nilai dari 3

x

+ 1 adalah ….
a. -5
b. -2
c. 2
d. 7




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:



Ingat kembali sifat persamaan bilangan berpangkat berikut ini!



Sifat Persamaan Bilangan Berpangkat



Dengan menggunakan sifat persamaan bilangan berpangkat tersebut, akan dicari nilai persamaan bilangan berpangkat pada soal sebagai berikut.



Bilangan berpangkat



Oleh karena itu, diperoleh nilai dari 3

x

+ 1 adalah 7.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.











Topik: Persamaan Kuadrat




Subtopik: Aplikasi dan Latihan Soal Persamaan Kuadrat




Level Kognitif: HOTS



7. Diketahui suatu persamaan kuadrat     memiliki akar-akar    serta nilai dari      adalah 7. Jika           merupakan suku ketiga dan suku keempat suatu barisan aritmetika, maka suku ketujuh barisan tersebut adalah ….
a. -58
b. -44
c. 44
d. 58




Kunci Jawaban: B




Pembahasan:



Pembahasan Persamaan Kuadrat



Pembahasan Persamaan Kuadrat



Pembahasan Persamaan Kuadrat



Berikutnya, akan ditentukan besar suku pertama dengan menggunakan konsep barisan aritmetika sebagai berikut.



Pembahasan Bilangan Kuadrat










BAHASA INDONESIA




Topik: Laporan Percobaan




Subtopik: Kebahasaan Laporan Percobaan




Level Kognitif: Medium



1.
Kalimat aktif dalam laporan percobaan membuat tempe adalah …
a. Sepotong tempe mengandung 31 gram protein yang mudah diserap tubuh.
b. Mikroba yang berperan pada pembuatan tempe adalah Rhizopus oryzae.
c. Tempe sudah diakui sebagai makanan yang mengandung nilai gizi yang tinggi.
d. Pembuatan tempe dilakukan dengan mencuci kedelai terlebih dahulu hingga bersih.




Kunci Jawaban: A




Pembahasan:



Sebuah laporan percobaan umumnya sering menggunakan kalimat aktif.

Kalimat aktif

adalah kalimat yang subjeknya melakukan pekerjaan. Kalimat aktif terbagi menjadi dua jenis, yaitu kalimat aktif transitif dan kalimat aktif intransitif. Kalimat aktif transitif adalah kalimat yang membutuhkan kehadiran objek dan dapat diubah menjadi kalimat pasif. Sementara itu, kalimat aktif intransitif merupakan kalimat yang kata kerjanya tidak membutuhkan objek.



Berdasarkan pilihan jawaban, yang termasuk kalimat aktif dalam laporan percobaan membuat tempe adalah

Sepotong tempe


(S)


mengandung


(P)


31 gram protein yang mudah diserap tubuh


(O)


.

Bagian

31 gram protein yang mudah diserap tubuh

merupakan objek yang tidak bisa dilepaskan dari unsur predikat. Jika tidak ada objek, kalimat tersebut tidak selesai.



Selain itu, penanda bahwa kalimat tersebut merupakan kalimat aktif adalah predikat yang berupa kata kerja aktif transitif yang ditandai dengan imbuhan

meng




, yakni kata


mengandung


. Ciri kata kerja aktif transitif adalah kata tersebut dapat diubah ke dalam bentuk pasif. Kata


mengandung


dapat dipasifkan menjadi


dikandung


sehingga kata

mengandung

merupakan kata kerja aktif transitif.



Jadi, kalimat aktif dalam laporan percobaan membuat tempe adalah


Sepotong tempe mengandung 31 gram protein yang mudah diserap tubuh




.


Sementara itu, kalimat di pilihan B, C, dan D bukan merupakan kalimat aktif.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.




Baca Juga:
Pengertian Teks Laporan Percobaan











Topik: Pidato Persuasif




Subtopik: Mengenal Pidato Persuasif




Level Kognitif: Easy



2.  Metode pembacaan pidato persuasif yang pembacanya membawa catatan kecil untuk mengingat isi yang disampaikan adalah ….
a. impromptu
b. ekstemporan
c. memoriter
c. manuskrip




Kunci Jawaban: B




Pembahasan:




Pidato persuasif

adalah teks pidato yang bertujuan untuk meyakinkan, mengajak, dan mengimbau masyarakat untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan. Ada empat metode berpidato, yaitu sebagai berikut.




  • – impromptu, yaitu metode berpidato yang pembacanya ditunjuk secara dadakan dan tanpa persiapan


  • – ekstemporan, yaitu metode berpidato yang pembacanya membawa catatan kecil untuk mengingat isi yang disampaikan


  • – memoriter, yaitu metode berpidato yang pembacanya menuliskan dan menghafal isi pidatonya terlebih dahulu


  • – manuskrip, yaitu metode berpidato yang saat berpidato, pembacanya membawa naskah lengkap yang telah disusun sebelumnya



Berdasarkan penjelasan tersebut, metode berpidato yang pembacanya membawa catatan kecil untuk mengingat isi yang disampaikan adalah ekstemporan.




Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah B.











Topik: Pidato Persuasif




Subtopik: Analisis Pidato Persuasif




Level Kognitif: HOTS




3.  Perhatikan kutipan pidato persuasif berikut!



(1) Saat ini, beberapa wilayah di Indonesia sedang mengalami musim hujan. (2) Hal ini membuat tanah di daerah pegunungan rawan longsor. (3) Tanah longsor dapat dicegah salah satunya dengan menanam pohon di lereng yang tandus. (4) Oleh sebab itu, marilah kita bersama-sama lakukan penanaman pohon untuk mencegah terjadinya tanah longsor.



Kata emotif pada bacaan tersebut terdapat pada kalimat ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:




Pidato persuasif

adalah teks pidato yang bertujuan untuk meyakinkan, mengajak, dan mengimbau masyarakat untuk melakukan hal yang bermanfaat bagi kehidupan. Pidato persuasif memiliki beberapa kaidah kebahasaan, salah satunya

kata emotif. Kata emotif

adalah suatu kosakata yang dapat menimbulkan reaksi pembicara atau sikap pembicara mengenai sesuatu yang dipikirkan atau dirasakannya.



Pada bacaan tersebut, kata emotif terdapat pada kalimat 4. Kalimat tersebut mengajak pembacanya untuk melakukan sesuatu, yang ditandai dengan adanya kata ajakan, yaitu kata


marilah.


Jadi, pembaca dapat termotivasi untuk melakukan sesuatu.




Oleh sebab itu, pilihan jawaban yang tepat adalah D.










BAHASA INGGRIS




Topik: Celebratory Expression




Subtopik: Expression of Wish and Hope




Level Kognitif: HOTS




1. Pay attention to the dialogue!




Charles:

We only have ten minutes before the wedding ceremony starts. Have you filled up the gas tank?




Jake:

I
wish I had filled it.




Charles:

What do we do? The news reported long queues at petrol stations.




Jake:

I hope they manage the crowd well.



By saying the underlined sentence, Jake wants to ….
a. tell Charles that the tank is still empty
b. politely express his intention to Charles
c. let Charles know that he may be able to fill the tank later
d. show Charles his regret on not filling the tank up yet




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:



Soal menanyakan maksud Jake dengan mengatakan kalimat yang digarisbawahi.



Pada dialog, Charles mengingatkan Jake bahwa mereka hanya punya waktu sepuluh menit sebelum upacara pernikahan dimulai. Ia bertanya jika Jake sudah mengisi bensin. Jake menjawab

I wish I had

. Charles menanyakan hal yang bisa mereka lakukan sambil mengatakan bahwa berdasarkan berita, ada antrean panjang di pom bensin-pom bensin.



Berdasarkan respons Charles tersebut, dapat dipahami bahwa Jake

belum

mengisi bensinnya; ia berharap sudah, namun kenyataannya belum. Hal ini juga dapat diketahui dari penggunaan


wish




+




Past Perfect Tense


(

wish + had filled




) yang berfungsi
mengungkapkan penyesalan/membayangkan masa lalu yang berbeda
. Jadi, dapat disimpulkan bahwa Jake ingin


memperlihatkan penyesalannya pada Charles karena belum mengisi bensin (show Charles his regret for not filling the tank up yet)


sehingga

pilihan D tepat.




Pilihan A

(beri tahu Charles bahwa tangkinya masih kosong)

tidak tepat

karena informasi bahwa Jake belum mengisi bensin hanya bisa memastikan bahwa tangkinya tidak terisi penuh. Tidak diketahui jika tangkinya kosong.




Pilihan B

(dengan sopan mengungkapkan keinginan kepada Charles)

tidak tepat

karena tujuan ini tidak sesuai dengan pola ungkapan

wish

yang digunakan. Ungkapan

wish

untuk menyatakan keinginan memiliki pola


wish + to infinitive



.




Pilihan C

(memberi tahu Charles bahwa dia mungkin dapat mengisi tangki nanti)

tidak tepat

karena kalimat ini sekadar menyatakan Jake belum mengisi bensin,

bukan

kemungkinan yang akan terjadi nantinya.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.











Topik: Celebratory Expression




Subtopik: Expression of Wish and Hope




Level Kognitif: EASY




2. Pay attention to the dialogue!




Fiona: (1)

I wish I didn’t have to say goodbye.




Lola:

Oh, don’t cry. I’ll come to see you here next year, I promise.




Fiona: (2)

I know, but I wish we were always together. You’re my only best friend.




Lola:

I’m sorry.

(3)

I also wish I stayed here, but I have to go along with my parents.




Fiona: (4)

Well, then. I wish you and your family best of luck in your new place. Don’t forget to keep in touch, okay?




Lola:

Okay.



Sentence used to express wish that is possible to happen at present or in the future is number ….
a. 1
b. 2
c. 3
d. 4




Kunci Jawaban: D




Pembahasan:



Soal menanyakan kalimat yang mengekspresikan harapan atau

wish

yang masih mungkin terwujud di masa sekarang atau masa depan. Ungkapan ini dapat digunakan untuk beberapa fungsi:




  1. 1. Menyatakan harapan untuk orang lain dan meminta harapan dari orang lain (


    wish + noun


    )


  2. 2. Menyatakan keinginan (


    wish + to infinitive


    )


  3. 3. Menyatakan harapan yang tidak mungkin terjadi (


    wish + Simple Past


    Tense


    )


  4. 4. Menyatakan penyesalan (


    wish + Past Perfect Tense


    ).



Berdasarkan informasi tersebut, yang termasuk ungkapan untuk menyatakan harapan yang masih mungkin terwujud di masa sekarang atau masa depan adalah ungkapan nomor 4 (

wish + noun

) sehingga

pilihan D tepat


.



Kalimat 1, 2, dan 3

bukan

termasuk ungkapan yang menyatakan harapan yang tidak mungkin terjadi karena menggunakan

Simple Past Tense

.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.




Baca Juga:
Contoh Kalimat Expression of Wish and Hope











Topik: Decisive Expression




Subtopik: Showing Agreements and Disagreements




Level Kognitif: Medium




3. Pay attention to the dialogue!




Gita:

Our little niece likes dresses, right? Let’s give one to her as her birthday gift.




Fina:

Let’s do it! How about we buy it from your favorite online shop?




Gita:

____ Her birthday is in two days while the shop will take more than that to ship it to us.



The most suitable expression to complete the dialogue is ….
a. I’m afraid I disagree.
b. That is not true.
c. I couldn’t agree more.
d. I’d go along with that.




Kunci Jawaban: A




Pembahasan:



Soal menanyakan pernyataan yang tepat untuk melengkapi dialog.



Diketahui bahwa keponakan perempuan Gita dan Fina menyukai gaun dan mereka akan memberikannya gaun sebagai hadiah ulang tahun. Fina menanyakan pendapat Gita tentang membeli gaunnya di toko

online

favorit Gita. Gita menanggapinya, kemudian mengatakan bahwa ‘Ulang tahunnya dalam dua hari sementara tokonya akan butuh lebih banyak waktu untuk mengirimkan gaunnya kepada kita’.



Dapat dipahami bahwa gaunnya tidak akan sampai tepat pada hari ulang tahun keponakan mereka. Tanggapan yang paling sesuai untuk pendapat Fina jika situasinya seperti ini adalah

tidak setuju

sehingga ungkapan


Aku tidak setuju (I’m afraid I disagree)


sesuai. Jadi,
pilihan A tepat

.




Pilihan B

(Itu tidak benar)

tidak tepat

karena Gita tidak menyangkal kebenaran pendapat Fina,

melainkan

tidak menyetujui.




Pilihan C

(Aku sangat setuju) dan

D

(Aku setuju dengan itu)

tidak tepat

karena bertentangan dengan informasi pada teks.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.










GEOGRAFI




Topik


: Keruangan Dan
Interaksi Antarruang Di Dunia




Subtopik


: Kondisi Geografis Dunia




1. Perhatikan negara-negara berikut ini!




  1. 1. Jepang


  2. 2. Sri Lanka


  3. 3. Taiwan


  4. 4. Burma



Negara-negara yang berada di kawasan Asia Timur ditunjukkan oleh nomor ….

a. 1 dan 2
b. 1 dan 3
c. 2 dan 3
d. 3 dan 4




Jawaban


: B




Pembahasan


:



Benua Asia yang merupakan benua terluas di dunia terbagi menjadi lima kawasan, yaitu kawasan Asia Timur, Asia Tenggara, Asia Selatan, Asia Barat, dan Asia Tengah. Negara-negara yang berada di

kawasan Asia Timur

adalah Tiongkok,

Taiwan,


Jepang,

Korea Selatan, Korea Utara, dan Mongolia.




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.











Topik


: Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Dunia




Subtopik


: Potensi Sumberdaya Alam



2. Wilayah Benua Afrika bagian selatan didominasi oleh jenis sumber daya alam berupa ….

a. emas
b. batubara
c. minyak bumi
d. hutan hujan tropis




Jawaban


: A




Pembahasan


:



Benua Afrika memiliki keanekaragaman sumber daya alam yang tersebar dari wilayah utara hingga selatan. Wilayah utara Afrika dikenal memiliki potensi minyak bumi yang melimpah, sedangkan

wilayah selatan Afrika dikenal banyak mengandung bahan tambang berupa emas.

Negara-negara di Afrika bagian selatan, seperti Afrika Selatan, memiliki kondisi perekonomian yang melesat dibandingkan negara-negara lain di Afrika karena hasil emasnya yang melimpah.




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.











Topik


: Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Dunia




Subtopik


: Sumber Daya Manusia



3. Berikut ini yang merupakan pasangan negara maju dan berkembang di Benua Asia yang tepat adalah ….

a. India dan Qatar

b. Singapura dan Taiwan

c. Korea Selatan dan Tiongkok

d. Brunei Darussalam dan Kuwait




Jawaban


: C




Pembahasan


:



Pengelompokan negara maju dan negara berkembang di dunia didasarkan oleh Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Berdasarkan indeks tersebut, kita dapat mengetahui tingkat keberhasilan pembangunan negara-negara di dunia dalam meningkatkan kualitas hidup penduduknya. Beberapa

negara maju di Asia adalah

Jepang, Hongkong, Singapura, Taiwan dan

Korea Selatan

. Sementara itu,

Tiongkok

, India, Qatar, Kuwait dan Brunei Darussalam masih

dikelompokkan ke dalam negara berkembang.







Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.











Topik


: Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Dunia




Subtopik


: Interaksi Antarruang



4. Prancis, Jerman, Belanda, dan negara Eropa lainnya saling bekerja sama di bidang perdagangan dalam organisasi ….

a. OPEC
b. APEC
c. MEE
d. NAFTA




Jawaban


: C




Pembahasan


:




MEE (Masyarakat Ekonomi Eropa)

adalah suatu organisasi yang bertujuan untuk mengintegrasikan kegiatan ekonomi negara-negara anggotanya. Negara-negara yang menjadi anggota MEE adalah negara-negara yang berada di Benua Eropa.

Prancis, Jerman, dan Belanda

merupakan negara-negara yang terletak di Eropa dan termasuk dalam organisasi MEE.




Jawaban yang tepat adalah C.














Topik


: Keruangan Dan Interaksi Antarruang Di Dunia




Subtopik


: Dampak Interaksi Antarruang



5. Saat ini, tren K-POP yang berasal dari Korea Selatan tengah menyebar hingga ke seluruh dunia dan menyebabkan banyak orang di negara lain yang mengikuti bahasa, makanan, musik, dan kebiasaan orang Korea Selatan. Hal ini merupakan dampak interaksi antarnegara dalam bidang ….

a. media
b. kebudayaan
c. sosial ekonomi
d. hubungan diplomatik




Jawaban


: B




Pembahasan


:




Interaksi antarnegara

mengakibatkan

perpindahan nilai budaya

antarnegara semakin mudah dan intensif. Salah satunya contohnya adalah

berkembangnya budaya K-POP dari Korea Selatan ke seluruh dunia

. Hal ini menyebabkan kebudayaan Korea Selatan banyak ditiru, digunakan, atau dilakukan oleh masyarakat dari negara lain. Kondisi tersebut menyebabkan dampak positif bagi Korea Selatan karena permintaan akan produk Korea semakin meningkat dan banyak turis asing yang berkunjung ke sana untuk mengenal budaya negaranya.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.











Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Dunia




Subtopik: Potensi Sumber Daya Alam




Level Kognitif: HOTS



6. Salah satu faktor penyebab sulitnya tanaman padi tumbuh di Afrika Utara adalah rendahnya ….
a. bibit unggul
b. suhu udara
c. curah hujan
d. kecepatan angin




Kunci Jawaban: C




Pembahasan:




Padi

adalah salah satu tanaman yang dapat ditemukan di daerah tropis hingga subtropis. Padi membutuhkan suhu udara tahunan dengan rata-rata 23 °C dengan

curah hujan tahunan sebanyak 1.500—2.000 mm/tahun

. Sementara itu, Afrika bagian utara merupakan wilayah dengan dominasi iklim gurun.

Curah hujan pada wilayah tersebut sangat rendah

, yaitu berkisar pada 25—200 mm/tahun. Suhu udara rata-rata tahunannya adalah sekitar 18 °C. Meskipun demikian, suhu rata-rata siang hari bisa sangat panas, yaitu mencapai 38 °C. Suhu pada malam hari bisa sangat dingin, yaitu dengan rata-rata -3.9 °C. Kondisi iklim yang demikian tentunya kurang mendukung bagi tumbuhnya tanaman padi.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.











Topik: Keruangan dan Interaksi Antarruang di Dunia




Subtopik: Interaksi Antarruang




Level Kognitif: HOTS



7. Kekuatan interaksi antarruang yang melemah dapat terjadi karena adanya ….
a. inovasi teknologi yang terlampau cepat
b. sebaran sumber daya alam yang merata
c. kemajuan yang pesat pada bidang komunikasi
d. kualitas sarana transportasi yang sangat baik






Kunci Jawaban: B




Pembahasan:




Interaksi antarruang

adalah hubungan timbal balik antarruang yang berbeda. Interaksi antarruang dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, yaitu

kebutuhan saling melengkapi (

regional complementary

)

, kesempatan intervensi (

intervening opportunity

), dan kemudahan transfer (

transferability

). Kekuatan interaksi antarruang yang melemah dapat dipengaruhi oleh faktor

persebaran sumber daya alam yang merata

. Persebaran sumber



daya alam yang merata memungkinkan

kebutuhan di setiap ruang terpenuhi

sehingga tidak harus melakukan interaksi antarruang untuk memenuhi kebutuhannya dan hal ini akan membuat

kekuatan interaksi antarruang akan melemah


.

Sementara itu, opsi A, C, dan D justru dapat memperkuat interaksi antarruang.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah B.










FISIKA




Topik


:
Listrik Statis




Subtopik


: Hukum Coulomb




Konsep


: Persamaan Gaya Coulomb, Hubungan Gaya Coulomb dengan Besar Muatan dan Jarak antar Muatan, Hubungan Gaya Coulomb dengan Muatan




Level


: MOTS



1. Dua buah partikel bermuatan sama terpisah pada jarak

x

. Kedua partikel mengalami gaya coulomb sebesar

F

. Jika salah satu partikel muatannya diperbesar menjadi 2 kali semula, gaya coulomb yang dialami partikel menjadi ….



a. 4

F

b. 2

F

c. F/2
d. F/4




Jawaban


: B




Pembahasan


:



Kedua partikel semula bermuatan sama, kita asumsikan:




q



1



= q



2



= q




F = F



Jika salah satu muatan diperbesar, maka dapat diasumsikan:




q



1



‘ = q




q



2



‘ = 2(q) = 2q




F’ = ?



Gaya coulomb yang dialami partikel dapat dihitung dengan perbandingan berikut.



56-Sep-12-2021-02-05-01-25-PM



Gaya coulomb yang dialami kedua partikel berubah menjadi dua kali semula.




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.











Topik


: Listrik Statis




Subtopik


: Medan Listrik




Konsep


: Konsep Medan Listrik, Arah Medan Listrik, Deret Tribolistrik, Interaksi Muatan Listrik




Level


: HOTS



2. Andi menggosokkan jaket wol dengan logam tembaga. Di bawah ini gambar yang menunjukkan arah garis-garis gaya listrik dari tiap benda setelah digosokkan yaitu ….




  1. 57-Sep-12-2021-02-07-11-52-PM


  2. 58-Sep-12-2021-02-07-11-53-PM


  3. 59-Sep-12-2021-02-07-11-55-PM


  4. 60-Sep-12-2021-02-07-11-62-PM




Jawaban


: D




Pembahasan


:



Sebelum mencari penggambaran garis gaya listrik yang tepat, kita perlu mengetahui jenis muatan dari wol dan tembaga (Cu) yang saling digosokkan. Ketika suatu benda digosokkan dengan benda lain, jenis muatannya dapat kita ketahui dengan menggunakan deret tribolistrik.



61-Sep-12-2021-02-07-11-72-PM



Deret tribolistik adalah urutan deret benda yang akan




  • – menjadi muatan positif jika digosok dengan sembarang benda di bawahnya


  • – menjadi muatan negatif jika digosok dengan sembarang benda di atasnya



Berdasarkan deret, wol berada di atas logam (Cu, Ni, Ag). Logam yang digosokkan ke jaket wol adalah logam tembaga (Cu), maka ketika keduanya digosokkan,

jaket wol akan bermuatan positif dan logam tembaga akan bermuatan negatif.



Muatan positif memiliki garis-garis gaya listrik yang arahnya keluar muatan, sementara muatan negatif memiliki garis-garis gaya listrik yang arahnya masuk ke muatan. Ketika muatan positif dan muatan negatif berdekatan, maka garis-garis gaya listrik akan keluar dari muatan positif menuju muatan negatif.



Dengan demikian, gambar garis gaya listrik dari wol yang bermuatan positif dan logam tembaga yang bermuatan negatif adalah sebagai berikut:



60-Sep-12-2021-02-07-11-62-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.











Topik


:
Listrik Dinamis




Subtopik


: Rangkaian Listrik




Konsep


: Rangkaian Listrik Seri, Rangkaian Listrik Campuran, Penyederhanaan Rangkaian Listrik Campuran, Rangkaian Listrik Paralel, Karakteristik Rangkaian Listrik Campuran




Level


: HOTS



3. Andi membuat rangkaian listrik sederhana yang terdiri dari saklar, sumber tegangan, dan empat buah lampu. Seperti yang dijelaskan pada gambar.



62-Sep-12-2021-02-09-43-92-PM



Saklar S

1

ditutup dan saklar S

2

dibiarkan terbuka. Lampu yang akan menyala adalah ….
a. lampu A dan B
b. lampu C dan D
c. semua lampu menyala
d. tidak ada lampu yang menyala




Jawaban


: B




Pembahasan


:



Saklar berfungsi untuk memutus atau menyambungkan arus listrik.



Pada soal, saklar S

1

ditutup sehingga arus listrik dari sumber tegangan akan mengalir, dan menyebabkan lampu C dan D dapat menyala. Sedangkan saklar S

2

dibiarkan terbuka, yang menyebabkan arus listrik tidak mengalir ke lampu A dan B, sehingga lampu A dan B tidak akan menyala.




Dengan demikian jawaban yang tepat adalah B.











Topik


: Aplikasi Listrik dalam Kehidupan




Subtopik


: Energi Listrik




Konsep


: Perhitungan Biaya Listrik




Level


: HOTS



4. Pada sebuah rumah terdapat 6 buah lampu. Pada halaman depan, ruang tamu, dan dapur menggunakan lampu 80 W, sedangkan pada kamar depan, kamar mandi, dan dua kamar tidur menggunakan lampu 40 W. Selain lampu terdapat dua buah televisi sebesar 200 W. Jika masing-masing peralatan tersebut menyala selama 5 jam setiap harinya, dan biaya per kWh sebesar Rp 2.000,00, total biaya yang dikeluarkan untuk penggunaan listrik selama satu bulan sebesar ….
a. Rp60.000,00
b. Rp80.000,00
c. Rp120.000,00
d. Rp240.000,00





Jawaban


: D




Pembahasan


:



Diketahui:




  • – Lampu 80 W ada pada halaman depan, ruang tamu, dapur →

    n



    80


    = 3


  • – Lampu 40 W ada pada kamar depan, kamar mandi, dan dua kamar tidur →

    n



    40


    = 4


  • – Televisi 200 W →

    n



    TV


    =2,

    t

    = 5 jam


  • – Biaya per kWh = Rp2.000,00


  • – Hitung energi yang dibutuhkan pada lampu 80 W:



63-4




  • – Hitung energi yang dibutuhkan pada lampu 40 W:



64-Sep-12-2021-02-12-12-82-PM




  • – Hitung energi yang dibutuhkan televisi:



65-Sep-12-2021-02-12-12-82-PM




  • – Energi total yang dibutuhkan dalam sehari:



66-Sep-12-2021-02-12-12-82-PM




  • – Energi yang dibutuhkan selama sebulan:



67-Sep-12-2021-02-12-12-85-PM




  • – Maka biaya yang harus dibayar selama sebulan:



68-Sep-12-2021-02-12-12-87-PM




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.











Topik


: Kemagnetan I




Subtopik


:
Cara Membuat dan Menghilangkan Sifat Magnet




Konsep


: Cara Membuat Benda Memiliki Sifat Magnet




Level


: MOTS




5. Perhatikan hal-hal berikut!




  1. 1. Menggosok dengan arah bolak-balik


  2. 2. Menggosok dengan arah searah


  3. 3. Mengalirkan arus listrik


  4. 4. Menginduksi magnet



Cara yang dapat dilakukan untuk membuat sebuah benda agar memiliki sifat magnet ditunjukkan oleh nomor ….
a. 1 dan 3
b. 2 dan 4
c. 1, 3, dan 4
d. 2, 3, dan 4




Jawaban


: D




Pembahasan


:



Untuk membuat benda memiliki sifat magnet ada beberapa cara, yaitu:




  • – Menggosok magnet dengan arah searah


  • – Induksi magnet


  • – Elektromagnet (mengalirkan arus listrik)



Dengan demikian, cara untuk membuat sebuah benda agar memiliki sifat magnet ditunjukkan oleh nomor 2, 3, dan 4.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.










BIOLOGI




Topik


: Sistem Reproduksi pada Manusia




Subtopik


: Sistem Reproduksi pada Pria




Konsep


: Vas defferens




Level


: Medium




1. Perhatikan gambar di bawah ini!



69-4



Bagian yang ditunjuk huruf X memiliki fungsi untuk ….

a. menyimpan sementara sperma sebelum dikeluarkan

b. menghasilkan cairan pelumas bagi sperma
c. menghasilkan cairan nutrisi bagi sperma
d. mengangkut sperma matang dari epididimis ke vesikula seminalis




Jawaban

:
D




Pembahasan

:



Bagian yang ditunjuk huruf X adalah vas deferens. Vas deferens adalah salah satu organ reproduksi internal pria yang berfungsi untuk mengangkut sel sperma matang dari epididimis ke vesikula seminalis. Sementara itu, menyimpan sementara sperma sebelum dikeluarkan merupakan fungsi epididimis, memasukkan sel sperma ke alat reproduksi perempuan merupakan fungsi penis dan mengatur suhu testis agar sesuai dengan kehidupan sel sperma merupakan fungsi skrotum.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah D.














Topik


: Sistem Reproduksi pada Manusia




Subtopik


: Sistem Reproduksi pada Wanita




Konsep


: Kembar tidak identik (dizigotik)




Level


: Hard



2. Rena dan Reno merupakan saudara kembar. Raut wajah keduanya sekilas tampak mirip. Namun demikian, keduanya memiliki beberapa ciri fisik yang berbeda. Rena memiliki rambut lurus sedangkan Reno memiliki rambut ikal. Rena memiliki kulit putih sedangkan Reno memiliki warna kulit kuning langsat. Selisih lahir antara Rena dan Reno adalah 5 menit (Rena dilahirkan terlebih dahulu, baru kemudian Reno). Perbedaan beberapa ciri fisik pada Rena dan Reno menunjukkan bahwa ….
a. keduanya merupakan kembar monozigotik

b. keduanya merupakan kembar dizigotik

c. keduanya berasal dari satu zigot yang sama, kemudian membelah membentuk 2 embrio
d. keduanya berasal dari zigot dan embrio yang sama




Jawaban

:
B




Pembahasan

:



Hal yang membuat Rena dan Reno memiliki ciri fisik yang berbeda adalah karena keduanya merupakan kembar dizigotik. Kembar dizigotik atau tidak identik dapat terjadi jika ibu mengeluarkan dua oosit sekunder ketika ovulasi. Kedua oosit sekunder tersebut dibuahi oleh dua jenis sperma yang berbeda sehingga terbentuk dua zigot yang berbeda. Karakteristik dari kembar dizigotik yaitu memiliki ciri fisik yang berbeda, seperti jenis kelamin yang berbeda, warna rambut serta kulitnya juga bisa berbeda.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B


.

















Topik


: Sistem Reproduksi pada Manusia




Subtopik


: Penyakit dan Upaya Pencegahannya pada Sistem Reproduksi Manusia




Konsep


: Upaya pencegahan penyakit pada sistem reproduksi




Level


: Medium




3. Perhatikan pernyataan di bawah ini!




  1. 1. Memilih pakaian dalam yang berbahan katun.


  2. 2. Rutin menggunakan obat antiseptik membersihkan daerah vagina.


  3. 3. Mengganti pembalut sesering mungkin.


  4. 4. Melakukan pemeriksaan alat-alat reproduksi sesering mungkin.




Pernyataan yang menunjukkan cara pencegahan penyakit pada sistem reproduksi yang tepat ditunjukkan oleh nomor ….

a. 4 dan 1
b. 3 dan 4
c. 1 dan 3
d. 2 dan 3




Jawaban

:
C




Pembahasan

:



Menjaga kesehatan sistem reproduksi manusia dapat dilakukan melalui berbagai cara, antara lain sebagai berikut.




  1. 1. Menggunakan pakaian dalam yang terbuat dari katun agar mudah menyerap keringat. Pakaian dalam sebaiknya juga tidak terlalu ketat dan sempit karena bisa menyebabkan peradangan pada alat reproduksi.


  2. 2. Untuk wanita, pada saat menstruasi, gunakan pembalut yang lembut dan sering menggantinya supaya tidak tumbuh bakteri pada saat pembalut tersebut. Sehingga terhindar dari berkembangnya bakteri pada vagina atau mulut rahim.


  3. 3. Hindari mengonsumsi makanan berupa kafein, alkohol, dan makanan yang mengandung residu pestisida berlebih (pada sayur dan buah) untuk menjaga kesehatan reproduksi dapat bekerja dengan optimal. Oleh karena itu, diharuskan mencuci buah dan sayur dengan sabun pencuci buah-sayur sebelum dikonsumsi.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C


.









Baca Juga:
Latihan Soal & Pembahasan PAS Kelas 9 Semester Ganjil 2022











Topik


:
Perkembangbiakan pada Hewan




Subtopik


: Perkembangbiakan pada Hewan Tingkat Rendah




Konsep


: Reproduksi seksual




Level


: Medium




4. Perhatikan gambar di bawah ini!



70-3



Organisme yang dapat berkembang biak dengan cara konjugasi ditunjukkan oleh nomor ….

a. 1
b. 2
c. 3
d. 4




Jawaban

:
C




Pembahasan

:



Pada gambar di atas nomor 1 merupakan cacing

Planaria

sp., nomor 2 merupakan

Amoeba proteus

, nomor 3 merupakan

Paramecium caudatum,

dan nomor 4 merupakan

Euglena viridis

. Konjugasi adalah pelekatan sementara dari organisme uniseluler, dimana materi genetik dari dua sel dipertukarkan sebelum akhirnya masing-masing organisme melakukan pembelahan binner. Contoh organisme yang melakukan konjugasi adalah

Paramecium caudatum

yang ditunjukkan oleh nomor 3.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah C.














Topik


: Perkembangbiakan pada Tumbuhan




Subtopik


: Generatif Pada Tumbuhan Tingkat Tinggi




Konsep


: Pembuahan tunggal pada tumbuhan gymnosperm




Level


: Medium



5. Berikut ini pernyataan yang benar terkait reproduksi tumbuhan gymnospermae adalah ….

a. megaspora akan membuahi mikrospora pada strobilus betina
b. penyerbukan terjadi ketika serbuk sari jatuh di strobilus betina
c. gymnospermae mengalami pembuahan ganda
d. alat kelamin jantannya adalah megaspora




Jawaban

:
B




Pembahasan

:



Alat reproduksi pada tumbuhan gymnospermae adalah strobilus. Gymnospermae memiliki dua jenis strobilus yaitu strobilus jantan dan strobilus betina. Strobilus jantan menghasilkan serbuk sari sedangkan strobilus betina menghasilkan ovum dan liang biji (mikrofil). Kedua strobilus tersebut terletak terpisah (berumah dua). Penyerbukan pada gymnospermae terjadi ketika jatuhnya serbuk sari di strobilus betina. Penyerbukan tersebut umumnya dibantu oleh angin (anemogami). Pada penyerbukan gymnospermae terjadi pembuahan tunggal dimana inti sperma akan membuahi ovum membentuk zigot.




Dengan demikian, pilihan jawaban yang tepat adalah B.













Mudah dipahami kan? Itulah tadi berbagai soal dan pembahasan yang bisa kamu pakai sebagai latihan untuk menghadapi PTS (Penilaian Tengah Semester) kelas 9 SMP Semester Ganjil 2023. Semoga berguna! Mau belajar lebih banyak materi dan latihan soal? Ada kok dalam bentuk video animasi. Kamu bisa tonton aja langsung di
ruangbelajar!



LihatTutupKomentar