Saat merangkai manik-manik, Lulu dan Puti jadi belajar menentukan nilai 10 kali dan
1/10
dari suatu bilangan. Penasaran? Yuk, baca ceritanya!
—
Di sore yang cerah, Lulu dan Puti tengah merangkai manik-manik di sebuah toko. Mereka akan membuat tirai dari manik-manik itu sebagai tugas kerajinan tangan.
“Duh! manik-maniknya kecil banget, ya, jadi susah buat
dimasukkin
ke benangnya!” protes Lulu. Ia mengambil penggaris dan mengukur panjang manik-manik tersebut. “
Astaga
! Panjangnya cuma 1,34 cm!”
“1,34 cm, ya? Eh, kalau kita membuat rangkaian dari 10 kali, 100 kali atau 1.000 kali manik-manik, panjangnya jadi berapa cm ya?” tanya Puti.
“Oh, itu
kayak
menentukan nilai 10 kali, 100 kali, dan 1.000 kali dari suatu bilangan
, Put. Berarti, panjang rangkaian 10 manik-manik sama
aja
dengan 10 dikali 1,34 cm. Sedangkan, 100 kali panjang manik-manik sama
aja
dengan 100 dikali 1,34 cm. Begitu juga 1.000 kali panjang manik-manik sama
aja
dengan 1.000 dikali 1,34 cm,” jelas Lulu.
Baca Juga:
Yuk, Cari Tahu Cara Menentukan Nilai Tempat Bilangan Bulat dan Desimal
“Itu kan bisa dihitung dengan cara perkalian bersusun seperti di kelas 4, ya?”
“Betul! Selain itu, ada beberapa cara lain juga,
loh
! Cara pertama adalah dengan
menggunakan tabel nilai tempat
.”
“
Gimana
langkah-langkahnya, Lu?” tanya Puti penasaran.
“Untuk
menentukan hasil perkalian dengan menggunakan tabel nilai tempat, ada 3 langkah yang perlu kamu lakukan
, Put,” jawab Lulu.
“Oh,
gitu
ya! Berarti, panjang rangkaian 10 manik-manik adalah 13,4 cm, lalu panjang rangkaian 100 manik-manik adalah 134 cm, dan panjang rangkaian 1.000 manik-manik adalah 1.340 cm,” kata Puti.
“Betul! Oh iya
,
dengan menggunakan tabel nilai tempat, kita juga bisa
menentukan nilai
,
, dan
dari suatu bilangan
,
loh
!”
“Wah,
gimana, tuh
?
Ajari
aku,
dong
!”
“Kita pakai contoh bilangan 134, ya. Caranya seperti ini!”
“Aku paham! Jadi,
dari 134 adalah 13,4, lalu
dari 134 adalah 1,34, dan
dari 134 adalah 0,134
,” ujar Puti.
“Betul! Nah, itu dia cara pertama
menentukan nilai 10 kali dan
dari suatu bilangan dengan menggunakan tabel nilai tempat
!”
“Eh, tadi katamu ada beberapa cara untuk menentukan hasil perkaliannya, ya? Emang cara lainnya
gimana
?”
“Cara lainnya adalah
dengan menggeser komanya
! Kalau kamu
perhatiin
hasil perkalian tadi, ternyata hasilnya juga bisa didapat hanya dengan
menggeser koma sesuai banyak angka 0 pada bilangan pengalinya
, seperti ini!” jelas Lulu.
“Wah,
gitu
ya!
Yeay
, berarti kita sudah belajar semua cara
menentukan nilai 10 kali dan
dari suatu bilangan dengan menggunakan tabel nilai tempat dan menggeser komanya
!” seru Puti.
“Iya! Eh, aku
udah
selesai satu rangkaian manik-manik, tapi tolong
taliin,
dong
!
Gak
bisa-bisa,
nih
!” kata Lulu menjulurkan rangkaian manik-maniknya ke Puti.
“Oke!”
Puti mengikat rangkaian manik-manik milik Lulu dengan serius. Mereka kemudian melanjutkan kegiatan mereka.
Gimana
, seru kan belajar bareng Lulu dan Puti? Kalau mau belajar lebih banyak lagi, yuk
download
aplikasi Ruangguru
! Belajar jadi semakin asyik dengan banyak cerita menarik!
Materi oleh:
Hana Wibawanty Baihaki
Disunting oleh:
Agung Aksara Putra