Peran IPTEK Terhadap Perubahan Jenis dan Struktur Pasar | Ekonomi Kelas 10



Ekonomi_10



Squad, apakah kamu pernah belanja online? Yap, sekarang berkat canggihnya perkembangan IPTEK (Ilmu pengetahuan dan teknologi) kita sudah tidak perlu lagi repot-repot pergi ke toko atau pasar dan bermacet-macet ria di jalanan. Belanja kini semakin mudah, kamu hanya tinggal mengunduh aplikasi, mencari barang apa yang dibutuhkan, lalu pesan, tinggal menunggu barang pesanan diantar ke lokasi tempat tinggal kamu. Mudah sekali

ya,

Squad!





Tapi tahukah kamu, jika aplikasi yang kamu gunakan itu termasuk e-commerce

lho

. Apa itu e-commerce?

E-commerce merupakan kegiatan transaksi jual beli atau perdagangan yang memanfaatkan perkembangan IPTEK khususnya internet

.

Nah,

berkat internet, penjual dan pembeli dapat “bertemu” di situs atau aplikasi e-commerce. Karena itu, e-commerce di sini juga bisa berarti perantara atau media yang memungkinkan terciptanya pasar di dunia maya.



Berkembangnya IPTEK dan menjamurnya situs serta aplikasi e-commerce memberikan manfaat bagi pembeli dan penjual dalam bertransaksi di pasar, di antaranya sebagai berikut.



1. Memperpendek jarak



Jarak antara pembeli dan penjual menjadi terasa semakin dekat dengan adanya bantuan internet karena pembeli dan penjual tidak perlu bertemu untuk bertransaksi secara langsung.



2. Perluasan pasar



Jangkauan pasar dari produk yang ditawarkan penjual semakin luas bahkan bisa sampai ke seluruh belahan dunia, yang sebelumnya jika tidak ada internet penjual hanya dapat menjual barangnya di suatu lokasi tertentu.



LihatTutupKomentar