Latihan Soal & Pembahasan PAT Kelas 11 IPS Tahun 2022



Latihan Soal PAT Kelas 11 IPS 2022





Sebentar lagi, kamu akan menghadapi Penilaian Akhir Tahun (PAT), nih! Yuk, persiapkan dirimu dengan mengerjakan latihan soal PAT Tahun 2022 berikut ini!











separator latsol SMA



EKONOMI




TOPIK


:
APBN dan APBD




SUBTOPIK


: Pengertian, Fungsi dan Tujuan APBN dan APBD



1. Perhatikan fungsi pemerintah dan fungsi APBN/APBD berikut!




  1. Fungsi reguler


  2. Fungsi pengawasan


  3. Fungsi

    agent of development



  4. Fungsi alokasi


  5. Fungsi distribusi


  6. Fungsi administrasi



Fungsi APBN/APBD ditunjukkan oleh nomor ….




  1. 1, 2, dan 3


  2. 1, 3, dan 5


  3. 2, 4, dan 5


  4. 2, 5, dan 6


  5. 4, 5, dan 6




JAWABAN : C




PEMBAHASAN :



Fungsi APBN/APBD adalah sebagai berikut.




  • Fungsi otorisasi


  • Fungsi perencanaan


  • Fungsi pengawasan

    (2)



  • Fungsi alokasi

    (4)



  • Fungsi distribusi

    (5)



  • Fungsi stabilisasi




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.



separator latsol SMA




TOPIK


: Perpajakan




SUBTOPIK


: Menghitung Pajak



2. Pak Yudi memiliki rumah berukuran 15m x 6m di atas tanah berukuran 8m x 22m. Nilai jual tanah sebesar Rp1.200.000,00/m

2

dan nilai jual bangunannya sebesar Rp650.000,00/m

2

. Jika nilai BTKP yang ditetapkan sebesar Rp12.000.000,00, besarnya PBB yang harus dibayarkan oleh Pak Yudi adalah ….




  1. Rp51.540,00


  2. Rp58.500,00


  3. Rp257.000,00


  4. Rp257.700,00


  5. Rp269.700,00




JAWABAN : D




PEMBAHASAN :




Diketahui:




  • Luas bangunan = 15m x 6m = 90m

    2



  • Luas bangunan = 8m x 22m = 176m

    2



  • Nilai jual tanah = Rp1.200.000,00/m

    2



  • Nilai jual tanah = Rp650.000,00/m

    2



  • BTKP = Rp12.000.000,00




Ditanya:



Besarnya PBB?




Jawab:




Tahap 1, menghitung NJOP



njop




Tahap 2, menghitung NJKP



NJKP = 20% x NJOP



= 20% x Rp257.700.000,00



= Rp51.540.000,00




Tahap 3, menghitung PBB terutang



PBB terutang = 0,5% x NJKP



= 0,5% x Rp51.540.000,00



= Rp257.700,00



Berdasarkan perhitungan tersebut, besarnya PBB yang harus dibayarkan oleh Pak Yudi adalah

Rp257.700,00

.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.



separator latsol SMA




TOPIK


:
Perdagangan Internasional




SUBTOPIK


: Alat dan Cara Pembayaran Internasional



3. Cara pembayaran internasional dengan menggunakan surat tertulis dari eksportir yang berisi perintah kepada importir untuk membayar sejumlah uang pada waktu tertentu di masa yang akan datang disebut ….





  1. letter of credit




  2. open account




  3. cash payment




  4. commercial bill of exchange




  5. private compensation





JAWABAN : D




PEMBAHASAN :



Berikut ini merupakan beberapa cara pembayaran yang dapat dilakukan dalam kegiatan perdagangan internasional.






  • Cash payment


    atau tunai adalah pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan uang fisik secara langsung.




  • Cable order


    adalah sistem pembayaran yang dilakukan dengan menggunakan cek yang diteruskan oleh telegram.




  • Letter of credit


    adalah fasilitas atau jasa untuk memperlancar transaksi jual beli barang dan bank hanya sebagai pihak perantara.




  • Open account


    adalah pembayaran non tunai.




  • Private compensation


    atau kompensasi pribadi adalah cara penyelesaian transaksi utang piutang antara pihak importir dan eksportir dengan mengalihkannya kepada seorang penduduk yang masih dalam suatu negara.




  • Cheque


    atau cek adalah pembayaran yang dilakukan oleh importir dengan cara mengirimkan cek kepada eksportir melalui bank yang ditunjuk di negara eksportir.




  • Emas


    dilakukan dengan menentukan berapa nilai suatu barang terhadap emas, baru kemudian dibayar sesuai dengan harga emas dari barang tersebut.




  • Commercial bill of exchange



    /wesel

    adalah pembayaran menggunakan

    wesel,

    yang berarti

    pihak bank dalam negeri akan mengeluarkan surat perintah pembayaran kepada bank di luar negeri

    sesuai dengan tujuan

    ,

    jumlah uang, dan nama orang yang tertulis dalam wesel.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.



separator latsol SMA




TOPIK


: Perdagangan Internasional




SUBTOPIK


: Neraca Pembayaran Internasional





4. Perhatikanlah neraca perdagangan negara X berikut ini!



tabel neraca perdagangan



Berdasarkan data tersebut, pernyataan berikut ini yang BENAR adalah ….




  1. tahun 2016 mengalami neraca perdagangan defisit lebih besar dibandingkan 2015


  2. tahun 2016 mengalami neraca perdagangan surplus lebih besar dibandingkan tahun 2015


  3. tahun 2016 mengalami neraca perdagangan surplus pada sektor minyak dan gas


  4. tahun 2016 mengalami neraca perdagangan defisit pada sektor non minyak dan gas


  5. tahun 2016 mengalami neraca perdagangan defisit lebih kecil dibandingkan tahun 2015






JAWABAN : E




PEMBAHASAN :




DIketahui:



Neraca Perdagangan negara X



tabel neraca perdagangan 2




Ditanya:



Pernyataan yang tepat




Jawab:



Langkah pertama adalah mencari kondisi neraca perdagangan negara X tahun 2015 dan 2016. Kondisi neraca perdagangan didapatkan dari selisih antara ekspor dengan impor. Berikut cara perhitungannya. (perhitungan dalam miliar rupiah)




Neraca perdagangan tahun 2015



= Ekspor − Impor



= 182.000 − 185.000



= −3.000 (Defisit)




Pada tahun 2016



= Ekspor − Impor



= 175.000 − 177.000



= −2.000 (Defisit)



Berdasarkan perhitungan tersebut, maka pada tahun 2015 negara X mengalami defisit sebesar Rp3.000 miliar dan pada tahun 2016 juga defisit sebesar Rp2.000 miliar. Dapat disimpulkan bahwa defisit pada tahun 2016 lebih kecil dibandingkan tahun 2015.




Jadi, jawaban yang tepat adalah E.



separator latsol SMA




TOPIK


:
Kerja Sama Ekonomi Internasional




SUBTOPIK


: Bentuk Kerja Sama Ekonomi Internasional





5. Perhatikan tabel berikut ini!



tabel kerja sama regional



Kerja sama regional ditunjukkan oleh ….




  1. A1, B1, dan C1


  2. B2, C1, dan C2


  3. A1, B2, dan C2


  4. A2, B1, dan B2


  5. A2, C1, dan C2






JAWABAN : B




PEMBAHASAN :



Kerja sama regional merupakan kerjasama yang dilakukan oleh negara-negara yang berada dalam satu kawasan atau wilayah yang berdekatan. Beberapa contoh kerjasama regional adalah sebagai berikut.




  1. Kerja sama di kawasan Asia Tenggara, yaitu ada

    ASEAN

    dan AFTA.

    (C1)



  2. Kerja sama di kawasan Asia Pasifik, yaitu

    APEC

    .

    (B2)



  3. Kerja sama di kawasan Amerika Utara, yaitu NAFTA.


  4. Kerja sama di kawasan Eropa, yaitu

    EFTA

    .


    (C2)





Jadi, jawaban yang tepat adalah B.



Baca juga:
Latihan Soal & Pembahasan PTS Kelas 11 IPS Semester Genap 2022



separator latsol SMA



GEOGRAFI




Topik


:  Dinamika Kependudukan di Indonesia




Subtopik


:  Dinamika Kependudukan II





1. Pada tahun 2016, jumlah penduduk di Kota Bogor mencapai 2,5 juta jiwa dan laju pertumbuhan penduduknya adalah 3%. Berdasarkan proyeksi geometriknya, jumlah penduduk di Kota Bogor pada tahun 2020 adalah ….




  1. 2.813.772 jiwa


  2. 2.873.127 jiwa


  3. 2.936.272 jiwa


  4. 3.113.674 jiwa


  5. 3.103.742 jiwa






Jawaban


:  A




Pembahasan


:




Diketahui:



Jumlah penduduk awal (Po) = 2.500.000 jiwa



Laju pertumbuhan penduduk (r) = 3% = 0,03



Banyaknya tahun 2020 – 2016 = 4 tahun




Ditanya:



Prediksi jumlah penduduk berdasarkan proyeksi geometri pada tahun 2020




Jawab:



Pn = Po (1 + r)

n



Pn = 2.500.000 (1 + 0,03)

4



Pn = 2.500.000 (1,03)

4



Pn = 2.500.000 x 1,12550881



Pn = 2.813.772



Berdasarkan perhitungan tersebut,

jumlah penduduk Kota Bogor pada tahun 2020 diproyeksikan sekitar 2.813.772 jiwa.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah A.



separator latsol SMA




Topik


:  Dinamika Kependudukan di Indonesia




Subtopik


:  Kualitas Penduduk



2. Swiss merupakan salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup (

life expectancy

) tinggi. Berdasarkan studi tahun 2016 yang dilakukan Global Burden of Diseases, Injuries, and Risk Factors Study (GBD), Swiss memiliki angka harapan hidup sekitar 85,2 tahun. Faktor yang menyebabkan Swiss menjadi negara dengan angka harapan hidup tinggi adalah ….




  1. jumlah penduduk Swiss sedikit


  2. wilayah Swiss merupakan

    landlocked country



  3. konsumsi olahan daging sebagai menu pokok


  4. kualitas yang baik dalam manajemen lingkungan


  5. tingkat pendidikan dengan rata-rata lulusan sekolah menengah atas






Jawaban


:  D




Pembahasan


:



Angka harapan hidup di suatu negara dipengaruhi oleh berbagai faktor, seperti lingkungan, pelayanan dan fasilitas kesehatan, kondisi sosial-ekonomi, dan faktor lainnya. Swiss merupakan salah satu negara yang memiliki angka harapan hidup tinggi. Swiss dikenal dengan prinsipnya dalam

mengembangkan keberlanjutan serta melestarikan lingkungan

. Pada tahun 2017, negara ini dinobatkan sebagai nomor satu dari lima negara yang menerima


Sustainable Development Goals


PBB. Swiss memang telah melakukan berbagai aksi nyata untuk menanggulangi berbagai masalah lingkungan, terutama dalam hal iklim, energi, dan polusi udara. Bentuk keramahan lingkungan di negara ini dapat dibuktikan melalui beberapa hal, seperti pengelolaan limbah, pemeliharaan kualitas air, komitmen meminimalisir dan mendaur ulang barang tak terpakai, dan mendirikan pabrik

carbon-capture

untuk menghilangkan karbon dioksida dengan menangkap udara langsung. Kualitas lingkungan yang baik akan berdampak pada kualitas hidup manusia. Oleh sebab itu,

Swiss yang memiliki kualitas lingkungan yang baik, sehingga angka harapan hidup penduduknya tinggi.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah D.



separator latsol SMA




Topik


:
Keragaman Budaya Indonesia




Subtopik


:  Persebaran Keragaman Budaya di Indonesia



3. Perhatikan gambar di bawah ini!



sasando



Alat musik tradisional seperti pada gambar berasal dari Provinsi ….




  1. Jawa Barat


  2. SUlawesi Tenggara


  3. Sulawesi Selatan


  4. Kalimantan Selatan


  5. Nusa Tenggara Timur






Jawaban


:  E




Pembahasan


:



Gambar alat musik pada soal adalah

sasando yang dimiliki oleh masyarakat di Rote, Nusa Tenggara Timur

. Sasando memiliki bagian utama berbentuk tabung panjang yang terbuat dari bambu. Pada bagian tengah alat musik berdawai ini berbentuk melingkar dari atas ke bawah. Dawai-dawai pada sasando direntangkan di tabung dari atas ke bawah yang sudah diberi ganjalan-ganjalan. Berdasarkan struktur nada, sasando dapat dibedakan menjadi dua jenis. Pertama, sasando gong dengan sistem nada pentatonik memiliki dua belas dawai. Sasando jenis ini biasanya hanya bisa digunakan untuk memainkan lagu-lagu tradisional masyarakat di Pulau Rote. Kedua adalah sasando biola. Sasando ini memiliki sistem nada diatonik dengan jumlah dawai mencapai 48 buah. Kelebihan dari sasando ini, terletak pada jenis lagu yang bisa dimainkannya lebih bervariasi.

Sasando ini diperkirakan mulai berkembang di Kupang pada akhir abad ke-18.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah E.



Separator Semua Mapel




Topik


:
Mitigasi Bencana Alam




Subtopik


:  Zona Rawan Bencana di Indonesia



4. Faktor yang menyebabkan risiko tanah longsor di Jakarta rendah adalah ….




  1. struktur tanah labil


  2. wilayah padat penduduk


  3. merupakan wilayah yang cukup landai


  4. tidak terdapat sungai dengan aliran yang deras


  5. sistem pembangunan fisik sudah sesuai standar






Jawaban


:  C




Pembahasan


:




Wilayah

yang

memiliki ancaman tanah longsor

memiliki

ciri-ciri memiliki lereng terjal berbukit-bukit

dengan curah hujan yang cukup tinggi. Sedangkan

wilayah Jakarta

memiliki

morfologi

yang

cukup landai

, sehingga

risiko tanah longsor di Jakarta rendah

.




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.



Separator Semua Mapel




Topik


:  Mitigasi Bencana Alam




Subtopik


:  Penanggulangan Bencana



5. Banten merupakan salah satu wilayah yang rawan terhadap bencana gempa bumi di Indonesia. Hal ini dikarenakan posisinya terletak dekat dengan zona pertemuan lempeng Eurasia dan Indo-Australia. Namun, gempa yang terjadi di wilayah Banten jarang menimbulkan kerusakan pada perkampungan suku Baduy. Hal ini dikarenakan pada perkampungan suku Baduy ….




  1. lokasinya jauh dari wilayah lautan


  2. wilayahnya didominasi oleh tanah vulkanik


  3. menerapkan kearifan lokal pada bentuk rumah


  4. terletak pada wilayah perbukitan dan hutan rimba


  5. struktur tanah di wilayahnya memiliki jenis granular






Jawaban


:  C




Pembahasan


:




Suku Baduy terletak pada wilayah Banten

yang

rentan

terhadap

bencana gempa bumi

. Namun, jarang sekali ada laporan atau berita yang memberitakan bahwa perkampungan suku Baduy mengalami kerusakan parah akibat gempa. Hal ini dikarenakan

mereka telah melakukan mitigasi bencana dengan menerapkan kearifan lokal dalam struktur bangunan rumah di perkampungannya

. Struktur rumah suku Baduy menggunakan bahan bangunan berupa kayu dan bambu serta menggunakan teknik sambung dan ikat bangunan untuk menyambungkan bagian-bagian bangunan. Struktur rumah yang demikian menjadikannya bergerak secara dinamis saat terjadi gempa. Dengan demikian,

rumah suku Baduy jarang mengalami kerusakan akibat gempa

.




Jadi, pilihan jawaban yang tepat adalah C.



Separator Semua Mapel



SEJARAH



Topik: Pendudukan Jepang di Indonesia



Subtopik: Kebijakan Masa Jepang



1. Pada masa pendudukan Jepang, dibentuk berbagai organisasi yang bersifat militer dan semi militer. Adapun organisasi yang bersifat militer yang dibentuk oleh Jepang adalah ….




  1. PETA


  2. Fujinkai


  3. Keibodan


  4. Syusintai


  5. Seinendan




Jawaban


: A




Pembahasan


:



Semakin tertekannya Jepang dalam Perang Asia Pasifik membuat Jepang akhirnya mengeluarkan kebijakan untuk melatih para pemuda Indonesia dalam bidang militer. Pemerintah Jepang membentuk berbagai organisasi militer dan semi militer di Indonesia. Organisasi militer di antaranya adalah Heiho dan PETA sedangkan organisasi semi militer di antaranya adalah Fujinkai, Keibodan, Syusintai, Gakukotai, dan Seinendan. PETA dibentuk pada tanggal 3 Oktober 1943, berdasarkan maklumat Osamu Seirei No 44 yang diumumkan oleh Panglima Tentara Ke-16, Letnan Jenderal Kumakichi Harada sebagai Tentara Sukarela. Pelatihan pasukan Peta dipusatkan di kompleks militer Bogor yang diberi nama Jawa Bo-ei Giyûgun Kanbu Resentai.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah A.



Separator Semua Mapel



Topik:
Proklamasi Kemerdekaan Indonesia



Subtopik: Peristiwa Sekitar Proklamasi



2. Setelah Ahmad Subarjo berhasil meyakinkan golongan pemuda untuk membawa Sukarno-Hatta kembali ke Jakarta, tekad Sukarno-Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan makin menguat. Berikut ini faktor yang menguatkan Sukarno-Hatta akhirnya memilih melaksanakan proklamasi pada 17 Agustus 1945 adalah ….




  1. jaminan keamanan dari pemuda Indonesia dalam Proklamasi Kemerdekaan


  2. bantuan pemerintah militer Jepang terhadap Proklamasi Kemerdekaan


  3. penolakan dua perwira militer Jepang terhadap Proklamasi Kemerdekaan Indonesia


  4. kesiapan golongan pemuda untuk melakukan pemberontakan terhadap Jepang


  5. sikap PPKI yang mendukung proklamasi kemerdekaan dilakukan secepatnya




Jawaban


: C




Pembahasan


:



Menguatnya tekad Sukarno dan Mohammad Hatta untuk segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia disebabkan oleh penolakan dua perwira militer Jepang, yaitu Mayor Jenderal Moichiro Yamamoto dan Mayor Jenderal Otoshi Immamura. Mereka menolak kemerdekaan Indonesia. Bahkan kedua perwira tersebut melarang Sukarno dan Moh. Hatta untuk memproklamasikan kemerdekaan. Peristiwa ini menunjukkan bahwa Jepang tidak akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia sehingga Sukarno dan Moh. Hatta segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.



Separator Semua Mapel



Topik: Perang Dunia I dan II



Subtopik: Perang Dunia II



3. Salah satu negara di Asia yang menyatakan bergabung dalam blok sekutu dalam Perang Dunia II adalah ….




  1. Jepang


  2. Tiongkok


  3. Vietnam


  4. Filipina


  5. Australia




Jawaban


: B




Pembahasan


:



Pada saat Perang Dunia II berkecamuk, wilayah Asia Pasifik tidak terlepas dari medan pertempuran. Bahkan Tiongkok sebagai salah satu negara Asia, menyatakan diri bergabung dengan Blok Sekutu guna menghadapi serangan Jepang di wilayah Asia Pasifik.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah B.



Separator Semua Mapel



Topik: Akar Nasionalisme, Demokrasi, dan Strategi Pergerakan



Subtopik: Strategi Pergerakan



4. Pada saat Hindia-Belanda dipimpin oleh Gubernur Jenderal de Jonge, sikap pemerintah kolonial cenderung lebih keras dalam menghadapi kelompok-kelompok pergerakan nasional, di antaranya ….




  1. menghentikan bantuan beasiswa kepada kaum bumiputra


  2. memanggil pulang seluruh mahasiswa bumiputera yang ada di Belanda


  3. mengawasi sekolah-sekolah yang dianggap menyebarkan ide pergerakan


  4. membatasi akses fasilitas pendidikan kepada golongan pelajar bumiputra


  5. tidak mengizinkan bumiputera untuk melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi




Jawaban


: C




Pembahasan


:



Pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal de Jonge yang mulai bertugas sejak tahun 1931, pemerintah kolonial bersikap lebih tegas terhadap organisasi-organisasi pergerakan. Sikap tegas tersebut di antaranya adalah dengan membubarkan media massa yang dianggap menyebarkan nasionalisme, menangkap tokoh-tokoh nasional yang dianggap berpotensi membangkitkan nasionalisme, dan mengawasi sekolah-sekolah yang dianggap sebagai penyebar ide pergerakan nasional yang jika perlu bisa dibubarkan oleh pemerintah kolonial.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.



Separator Semua Mapel



Topik: Dampak Pendudukan Jepang



Subtopik: Dampak dalam Bidang Militer



5. Tujuan sebenarnya dari pembentukan Seinendan adalah ….




  1. membantu tugas polisi militer Jepang yang ada di Indonesia


  2. menjadikan pemuda Indonesia sebagai tentara cadangan Jepang


  3. menyelematkan tentara Jepang yang terjepit dalam front pertempuran


  4. membantu tentara Jepang dalam mengawasi kegiatan romusha di Indonesia


  5. menjadikan pemuda Indonesia sebagai tentara front terdepan melawan sekutu




Jawaban


: C




Pembahasan


:



Seinendan adalah organisasi barisan pemuda yang dibentuk oleh pemerintah Jepang pada 9 Maret 1943. Tujuan dibentuknya Seinendan adalah untuk menyelematkan tentara Jepang yang terjepit dalam front pertempuran, selain itu juga untuk
mendidik serta melatih para pemuda supaya dapat mempertahankan keamanan Indonesia.




Dengan demikian, jawaban yang tepat adalah C.




Baca juga:
Latihan Soal & Pembahasan PAS Kelas 11 IPS Semester Ganjil 2021



Separator Semua Mapel



SOSIOLOGI




Topik


: Integrasi dan Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan




Subtopik


:
Faktor Pendorong Integrasi Sosial



1. Setiap individu memiliki kebutuhan yang tidak terbatas, sehingga diperlukan suatu … untuk mendorong terciptanya integrasi sosial.




  1. ikatan sosial yang kuat dalam kelompoknya


  2. kerja sama antara satu dengan lainnya


  3. kesepakatan dalam anggota kelompok sosial


  4. kesadaran sebagai makhluk individu dan sosial


  5. sikap terbuka sesama anggota kelompok






Jawaban


: B




Pembahasan


:




Integrasi sosial merupakan proses penyesuaian unsur-unsur yang berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi.

Setiap individu memiliki kebutuhan yang tidak terbatas. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, individu harus melakukan kerja sama antara yang satu dengan yang lainnya. Dengan adanya kerja sama di masyarakat dapat mendorong terciptanya integrasi sosial dan menghindari munculnya konflik.




Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah B.



Separator Semua Mapel




Topik


: Integrasi dan Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan




Subtopik


:


Bentuk-Bentuk Integrasi Sosial



2. Berikut ini yang menjadi latar belakang munculnya integrasi normatif adalah ….




  1. adanya norma-norma yang berlaku di masyarakat


  2. adanya fungsi-fungsi dalam masyarakat


  3. adanya kekuasaan dari penguasa


  4. adanya keinginan untuk menciptakan kehidupan yang damai


  5. adanya keinginan individu untuk meningkatkan kemakmuran kelompoknya




Jawaban : A




Pembahasan


:




Integrasi normatif dapat terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku di masyarakat.

Dalam hal ini, norma merupakan pedoman untuk melakukan hubungan sosial dalam masyarakat yang berisi perintah, larangan, dan anjuran agar seseorang dapat bertingkah laku dengan baik. Dengan adanya norma tersebut dapat mempersatukan masyarakat dan menciptakan kehidupan yang harmonis.




Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.



Separator Semua Mapel




Topik


: Integrasi dan Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan




Subtopik


:


Reintegrasi Sosial



3. Perhatikan ilustrasi berikut!



Demonstrasi menuntut kenaikan upah berakhir ricuh. Sekelompok demonstran mengamuk karena tidak kunjung mendapat tanggapan. Tindakan tersebut memicu demonstran lain melakukan hal yang sama dan merusak fasilitas umum. Akhirnya, petugas keamanan membubarkan paksa para demonstran.



Bentuk akomodasi yang dilakukan oleh petugas keamanan dalam ilustrasi tersebut dapat dikategorikan sebagai ….




  1. koersi


  2. mediasi


  3. arbitrase


  4. stalemate


  5. adjudikasi






Jawaban


: A




Pembahasan


:



Tindakan penyelesaian demonstrasi yang dilakukan petugas keamanan merupakan upaya koersi.

Koersi merupakan tindakan untuk menyelesaikan konflik dengan cara paksaan.

Para demonstran dipaksa membubarkan diri. Adapun mediasi tidak tepat, karena merupakan upaya penyelesaian konflik dengan menggunakan jasa pihak ketiga sebagai pihak penengah. Arbitrase tidak tepat karena tidak melibatkan artibrase memberi putusan perkara. Pilihan stalemate kurang tepat karena dalam ilustrasi tidak menunjukkan adanya kekuatan yang seimbang. Adapun ajudikasi tidak tepat karena dalam ilustrasi tidak menunjukkan upaya penyelesaian ke jalur hukum.




Berdasarkan penjelasan tersebut, jawaban yang tepat adalah A.



Separator Semua Mapel




Topik


:
Konflik Sosial dan Kekerasan




Subtopik


: Jenis-Jenis Konflik Sosial



4. Konflik yang terjadi antaranggota dalam sebuah kelompok, menurut Lewis A. Coser, dapat disebut sebagai konflik ….




  1. pribadi



  2. in-group




  3. out-group



  4. kelompok


  5. peran sosial






Jawaban


: B




Pembahasan


:




Lewis A. Coser membedakan konflik atas konflik in-group dan konflik out-group. Konflik in-group adalah konflik yang terjadi dalam kelompok itu sendiri.

Contohnya konflik yang terjadi antaranggota dalam suatu geng. Konflik out-group adalah konflik yang terjadi antara satu kelompok dan kelompok lain. Sebagai contoh, konflik yang terjadi antara masyarakat Dayak dan masyarakat Madura beberapa tahun lalu.




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.



Separator Semua Mapel




Topik


: Konflik Sosial dan Kekerasan




Subtopik


: Beberapa Tokoh Teori Konflik dan Pemikirannya



5. Perhatikan ilustrasi di bawah ini!



Pejabat yang tertangkap oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) merasa tidak terima dengan kesaksian para bawahannya. Ia merasa para bawahannya yang lebih pantas dijadikan tersangka karena mereka yang mengatur keuangan APBN. Sayangnya, penyidik menyatakan bahwa tindakan pencucian uang tersebut dilakukan secara organisir karena sang pejabat terbukti mendapat suntikan dana dengan jumlah besar yang tidak jelas asal-usulnya.



Berdasarkan ilustrasi tersebut, hal yang relevan dengan pemikiran Coser mengenai konflik adalah ….




  1. alat untuk mencapai tujuan


  2. kekecewaan terhadap tuntutan khusus yang terjadi


  3. suatu proses yang ditonjolkan oleh kaum fungsionalis struktural


  4. mengkambinghitamkan seseorang sebagai bentuk perlawanan


  5. alat untuk mempertahankan, mempersatukan, dan mempertegas sistem sosial yang ada






Jawaban


: D




Pembahasan


:




Coser mengungkapkan pemikirannya mengenai konflik dengan membagi menjadi dua, yaitu konflik realistis dan nonrealistis. Pada hakikatnya, konflik nonrealistis merupakan ekspresi masyarakat yang frustrasi yang kemudian melakukan hal agresif.

Konflik ini tidak memiliki jalan alternatif untuk mendapatkan tujuannya karena tujuan dari konflik nonrealistis ini tidak jelas. Berbeda dengan hakikat dari konflik realistis yang melakukan dan mengekspresikan kemarahannya untuk mencapai tujuan-tujuan tertentu agar mereka mendapatkan hal yang lebih baik. Oleh karena itu, kondisi pada soal memperlihatkan pejabat yang marah dan berusaha mengkambinghitamkan bawahannya agar ia tidak dipidana atas kasus pencucian uang.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.



Separator Semua Mapel



MATEMATIKA




Topik


: Barisan dan Deret




Subtopik


:
Deret Geometri
Tak Hingga





1. Diketahui suku ke-n suatu deret geometri tak hingga adalah 5

−n

. Jumlah deret geometri tak hingga tersebut adalah ….




  1. 1/4


  2. 1/5


  3. 1/6


  4. 1/7


  5. 1/8






Jawaban: A




Pembahasan:



Diketahui rumus suku ke-n dari deret geometri tak hingga tersebut adalah U

n

= 5

−n

.



Oleh karena itu, suku pertama dan suku kedua dari deret tersebut dapat ditentukan sebagai berikut.



u1



dan



u2



Didapat suku pertama dan suku kedua adalah U

1

= a = 1/5 dan U

2

= 1/25.



Kemudian, rasio dari deret tersebut dapat dihitung sebagai berikut.



r u2 u1



Diperoleh rasio dari deret tersebut adalah r = 1/5.



Selanjutnya, jumlah deret tak hingga dapat ditentukan dengan rumus deret geometri tak hingga sebagai berikut.



s tak hingga



Dengan demikian, jumlah deret geometri tak hingga tersebut adalah 1/4.




Jadi, jawaban yang tepat adalah A.



Separator Semua Mapel




Topik


: Limit Fungsi Aljabar




Subtopik


: Limit Fungsi Aljabar



2. Nilai dari
limit
adalah ….




  1. 1


  2. 3


  3. 4


  4. 6


  5. 9






Jawaban: E




Pembahasan:



Ingat sifat berikut:




  • a

    3

    − b

    3

    = (a − b)(a

    2

    + ab + b

    2

    )


  • a − 2a + 1 = (a − 1)

    2




Perhatikan perhitungan berikut:



limit 2



Dengan demikian, nilai dari
limit
adalah 9.




Jadi, jawaban yang tepat adalah E.



Separator Semua Mapel




Topik


: Turunan Fungsi Aljabar




Subtopik


: Aplikasi Turunan I



3. Gradien garis singgung kurva
yx
di titik (6, 18) adalah ….




  1. 2


  2. 3


  3. 4


  4. 6


  5. 7






Jawaban: D




Pembahasan:



Cari terlebih dahulu kedudukan titik (6, 18) terhadap kurva
yx
.



Jika disubstitusi x = 6 ke dalam persamaan kurva, maka diperoleh hasil perhitungan sebagai berikut.



yx2



Didapat nilai y = 18. Akibatnya, titik (6, 18) terletak pada kurva
yx
.



Oleh karena itu, garis singgung dari kurva
yx
pada titik (6, 18) memiliki gradien m = y’.



Akan dicari turunan pertama dari
yx
.



yx3



Selanjutnya, gradien garis singgung kurva
yx
di titik (6, 18) adalah sebagai berikut.



m = y’



m = x



m = 6



Dengan demikian, gradien garis singgung kurva tersebut di titik (6, 18) adalah 6.




Jadi, jawaban yang tepat adalah D.



Separator Semua Mapel




Topik


: Turunan Fungsi Aljabar




Subtopik


: Aplikasi Turunan III



4. Keliling sebuah persegi panjang adalah (8x + 24) cm dan lebarnya adalah ​​(8 − x) cm. Agar luasnya maksimum, maka panjangnya adalah … cm.




  1. 12


  2. 12,5


  3. 22


  4. 24,5


  5. 36






Kunci Jawaban: C




Pembahasan:



Dari informasi pada soal, diketahui bahwa K(x) = 8x + 24 dan L(x) = 8 − x.



Oleh karena itu, didapat perhitungan sebagai berikut.



kx



Oleh karena itu, luas persegi panjang dapat dihitung sebagai berikut.



lx



Didapat bahwa L(x) merupakan fungsi kuadrat dengan koefisien x

2

bernilai negatif sehingga grafiknya terbuka ke bawah dan titik stasionernya merupakan titik maksimum.



Oleh karena itu, nilai x yang menyebabkan L(x) maksimum terjadi ketika L'(x) = 0 sehingga didapat perhitungan sebagai berikut.



lx2



Oleh karena itu, panjang persegi panjang yang membuat luasnya maksimum adalah sebagai berikut.



px




Jadi, jawaban yang tepat adalah C.



Separator Semua Mapel




Topik


: Integral Fungsi Aljabar




Subtopik


: Aplikasi Integral Tak Tentu





5. Percepatan suatu partikel saat t detik ditentukan dengan rumus a(t) = 3t − 4. Jika kecepatan awal partikel adalah 12 m/s dan jarak tempuh setelah 2 detik adalah 18 m
, maka jarak yang dapat ditempuh partikel tersebut dalam waktu 6 detik adalah … m.




  1. 98


  2. 106


  3. 120


  4. 196


  5. 210






Kunci Jawaban: B




Pembahasan:



Ingat kembali penggunaan integral berikut!



vt



dan



st



dengan v(t) dan s(t) berturut-turut adalah fungsi kecepatan dan jarak terhadap waktu.



Oleh karena itu, kecepatan partikel tersebut dapat ditentukan sebagai berikut.



vt2



Diketahui kecepatan awal partikel adalah 12 m/s, maka didapat hubungan sebagai berikut.



v0



Jadi, diperoleh rumus untuk kecepatan partikel saat t detik adalah
vt3
.



Selanjutnya, fungsi jarak tempuh partikel tersebut dapat ditentukan sebagai berikut.



st2



Diketahui jarak tempuh partikel setelah 2 detik adalah 18 m, maka didapat hubungan sebagai berikut.



s2



Jadi, diperoleh rumus untuk jarak tempuh partikel saat t detik adalah
st3



Dengan demikian, jarak yang dapat ditempuh partikel tersebut dalam waktu 6 detik dapat dihitung sebagai berikut.



s6




Jadi, jawaban yang tepat adalah B.



Separator Semua Mapel



Sekian latihan soal dan pembahasan PAT Tahun 2022 untuk kelas 11 IPS. Nah, kalau kamu ingin berlatih lebih banyak lagi, yuk langsung cek aja di
ruangbelajar
! Di sana tersedia latihan soal untuk semua mata pelajaran, lho!





LihatTutupKomentar